Panduan Cara Menabung Yang Benar & Efektif

Mengelola keuangan, terutama ketika anda mendapat penghasilan atau honor dari pekerjaan anda. Menabung sangat penting, biar anda mempunyai uang pegangan untuk kebutuhan darurat dan sisa tabungan anda sanggup anda investasikan kembali. 

Baik anda yang masih single, maupun sudah married, menabung sangat diperlukan. Jangan sampai, istilahnya, besar pasak daripada tiang alias pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. 

Di website Bisnis Gain ini, saya akan memperlihatkan beberapa cara menabung yang benar, yang sudah saya terapkan sendiri 

1. Eliminasi pengeluaran yang kurang diperlukan

Pengeluaran utama yakni pengeluaran yang menyangkut kebutuhan sehari-hari anda. Kebutuhan sehari-hari yakni kebutuhan primer, yaitu kebutuhan sehari-hari anda ibarat kebutuhan makan, mandi, pengeluaran untuk biaya bensin (untuk ke kantor, mengantar anak sekolah). 

Selain itu, kebutuhan lainnya yakni pengeluaran2 yang sesungguhnya sifatnya sanggup anda tunda. Misalnya, anda ingin membeli kuliner yang mahal. Anda ingin membeli barang mewah. Anda ingin hang out. Anda ingin nongkrong. Anda ingin pergi ke bioskop, ke mall dan lain2.

Kebutuhan2 selain kebutuhan primer tersebut, tidak harus anda penuhi dengan segera. Batasi pengeluaran selain untuk kebutuhan primer 1-2 saja dalam satu bulan. Jika anda ingin hang out, rekreasi atau membeli kuliner yang mahal, batasi 1-2 kali saja. Jangan menuruti keinginan, tapi lihatlah apakah hal tersebut benar2 sesuai dengan budget anda. 

Kenapa banyak orang yang tidak sanggup menabung dengan maksimal? Hal ini dikarenakan banyak orang yang tidak sanggup menahan diri untuk membatasi pengeluaran2 yang kurang diperlukan. 

Padahal, dengan honor anda, sesungguhnya anda sanggup menabung lebih dari cukup asalkan anda mau mengeliminasi pengeluaran2 yang kurang diperlukan, dan anda harus prioritas dulu dengan kebutuhan primer anda.  

2. Pola makan yang sehat dan sederhana

Jika anda masih mempunyai honor yang pas-pasan, ada baiknya anda menerapkan contoh makan yang sederhana, namun sehat. Pola makan rutin yang sanggup anda coba yakni makanan-makanan yang mengandung protein, gizi ibarat tempe, tahu, sayur, ikan, nasi, telor. 

Makanan2 tersebut merupakan makanan2 yang gampang ditemui, sehat dan ramah di kantong. Menerapkan pola2 makan yang sehat dan sederhana sanggup membantu anda biar lebih berhemat dalam pengeluaran anda.  

3. Tidak ada istilah tanggal muda dan tanggal tua  

Di dalam persepsi banyak orang, kalau habis gajian berarti tanggal muda, artinya sanggup beli ini itu. Bisa beli barang2 keinginannya (yang sesungguhnya bukan barang kebutuhan). Sedangkan kalau tanggal tua, banyak orang yang dompetnya mulai tipis, sehingga harus berhemat, dan tunggu gajian lagi.. 

Eitss.. Pola pikir ibarat ini salah besar. Ingat, apa yang dilakukan banyak orang belum tentu benar. Siklus2 ibarat ini tidak akan sanggup menciptakan anda cepat kaya dan menabung. 

Hilangkanlah istilah tanggal muda dan tanggal tua. Pada ketika anda gajian, anda harus sudah mulai mengelola keuangan anda dengan baik. Jangan sehabis gajian anda pribadi terburu untuk membeli barang2 yang anda inginkan. 

Tetapkan pengeluaran2 seperlunya untuk kebutuhan primer anda, dan batasi pengeluaran2 yang sifatnya non-primer ibarat hang out, nongkrong, rekreasi, membeli barang2 harapan anda. 

Dengan demikian, percayalah, jikalau anda sanggup memanage keuangan anda dengan baik, tidak ada istilah tanggal muda dan tanggal tua. 

4. Menunda kebutuhan tersier

Katakanlah pendapatan anda dalam sebulan sebesar Rp4 juta. Anda ingin membeli jam tangan seharga Rp2 juta. Tentu hal ini tidak logis, alasannya yakni anda harus menyisihkan penghasilan anda untuk kebutuhan primer dan kebutuhan darurat terlebih dahulu. 

Maka ada baiknya anda menunda harapan anda untuk membeli jam tersebut, alasannya yakni kebutuhan tersier ibarat itu sanggup ditunda. Jika anda ingin membeli kebutuhan tersier yang harganya mahal, maka anda sanggup lakukan dengan metode menabung, jangan pribadi membeli barang2 harapan anda sehabis anda sanggup gaji.. 

SKEMA MENABUNG dan MEMANGKAS PENGELUARAN 

Sekarang saya berikan bagan menabung dan memangkas pengeluaran. Cara ini setidaknya sudah saya terapkan ketika pertama kali bekerja dengan honor yang pas-pasan.. 

SKEMA 1: TANPA MEMANGKAS PENGELUARAN LEBIH LANJUT (Asumsi anda masih single) 

Jika anda mempunyai honor sebesar Rp3 juta. Usahakan anda sanggup menyisihkan 10-20% dari honor anda MINIMAL untuk ditabung.. Maka berikut bagan pengeluaran dan menabung yang sanggup anda coba terapkan: 

Cara menabung yang efektif - SKEMA MENABUNG
Dengan pengeluaran tersebut anda sudah sanggup menabung sebesar Rp300.000 dari total honor anda sebesar Rp3 juta. Artinya, anda bias menabung sebanyak 10% dari total honor anda. 

SKEMA 2: MENABUNG DAN MEMANGKAS PENGELUARAN YANG KURANG DIPERLUKAN

Jika anda punya pengeluaran2 yang kurang lebih sama ibarat pengeluaran diatas, anda sesungguhnya sanggup memangkas lagi pengeluaran2 yang kurang diperlukan.

Apabila anda hangout sebulan 4 kali, dan pengeluaran hangout anda mencapai Rp450.000. Maka kurangi hangout anda dalam sebulan menjadi 2 kali saja. Ini artinya, anda sudah memangkas pengeluaran yang tidak diharapkan sekitar kurang lebih Rp250.000. 

Sisa dana sebesar sekitar kurang lebih Rp225.000 ini sanggup anda tabung. Dengan cara ini, anda sanggup lebih berhemat lagi, sehingga anda sanggup menabung sebesar Rp300.000 + Rp225.000 = Rp525.000 per bulan atau anda menabung 17,5% dari honor anda. 

Angka ini jauh lebih besar ketimbang anda memboroskan uang anda untuk hangout. Itulah cara-cara menabung yang benar. 

Intinya, untuk mendapat tabungan yang lebih besar, memang anda harus rela berkorban untuk menahan diri, mengurangi gaya hidup konsumtif. Tetapi, efeknya dalam jangka panjang akan jauh lebih manis untuk perkembangan modal anda. 

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Panduan Cara Menabung Yang Benar & Efektif"

Posting Komentar