Mengenal Flora Legundi, Ciri-Ciri Serta Khasiat Dan Manfaatnya

 tumbuhan legundi sudah dikenal mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan Mengenal Tanaman Legundi, Ciri-ciri Serta Khasiat dan Manfaatnya
Dalam dunia medis, tumbuhan legundi sudah dikenal mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan.

Legundi adalah salah satu jenis tumbuhan yang banyak hidup di daerah tropis. Tanaman dengan nama ilmiah Vitex trifolia ini bisa tumbuh dengan ketinggian 1-4 meter.


Tanaman legundi mempunyai bunga berwarna ungu yang cantik. Legundi akan tumbuh dengan jauh lebih baik kalau dipangkas secara teratur, lantaran akan tumbuh dengan jauh lebih besar dan kuat. Cara menanam tumbuhan ini biasanya dengan cara stek batang atau pun biji. Menanam dengan stek batang biasanya lebih diminati, alasannya akan jauh lebih cepat tumbuh dibandingkan melalui biji.


Baca juga: Manfaat Tanaman Jakang Sebagai Pengobatan


Kandungan Tanaman Legundi


Banyak zat baik yang terkandung di dalam tumbuhan legundi, di antaranya yaitu artemetin, luteolin, friedelin, triterpenoid friedelin, isoorientin, viteksin, casticin, sitosterol, glukosida, trimetil quercetagetin, dan glukuronid. Keseluruhan tumbuhan legundi mengandung minyak atsiri yang terkandung dari pinen, kamfer, dan terpinylasetat. Kandungan antioksidan tersebut terdapat di dalam senyawa sterol, tripenoid, dan flavonoid.


 tumbuhan legundi sudah dikenal mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan Mengenal Tanaman Legundi, Ciri-ciri Serta Khasiat dan Manfaatnya
Tanaman legundi pun mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi, terutama pada bab daun dan buahnya.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Legundi


Berikut khasiat dan manfaat tumbuhan legundi beserta cara meramunya:


1. Daun legundi mengobati cacingan


Daun legundi mempunyai manfaat sebagai obat cacingan. Cara memanfaatkan daun legundi untuk mengobati cacingan yaitu dengan mencuci higienis daun legundi sebanyak 15 gram. Rebuslah selama 15 menit hingga mendidih. Kemudian Anda sanggup meminumnya sehabis hirau taacuh dan disaring ampasnya.


2. Daun legundi mengobati TBC


Untuk mengobati penyakit paru-paru, terutama TBC, Anda hanya perlu menyiapkan segenggam daun legundi, lima lembar daun waru lengis muda, satu sendok bidara upas muda yang sudah diparut, setengan genggam daun pegagan, dan satu sendok makan kencur yang sudah diparut. Rebuslah kesemua materi tersebut ke dalam enam gelas air hingga tersisa tiga gelas. Sebelum diminum, saringlah ramuan tersebut. Dalam sehari, Anda sanggup meminum ramuan ini sebanyak empat kali. Lakukanlah rutin selama tiga bulan, tanpa satu hari pun yang terlewat.


3. Daun legundi mengobati batuk


Jika Anda sedang batuk, cobalah untuk memanfaatkan daun legundi. Caranya dengan merebus 5 gram daun legundi, 6 gram kencur, dan 5 gram kunyit dalam 115 ml air hingga mendidih. Minumlah ramuan ini selama 14 hari secara rutin.


4. Daun legundi menjaga kesehatan rahim


Bagi perempuan yang mengalami pembesaran rahim, Anda sanggup mencoba ramuan yang satu ini. Rebus satu genggam daun legundi dan 6 gram temu hitam ke dalam 1 liter air. Anda sanggup mengonsumsi ramuan ini sekali sehari secara rutin selama 7 hari.


5. Daun legundi mengobati sakit limpa


Daun legundi ternyata sanggup juga untuk mengobati sakit limpa. Caranya dengan menumbuk satu genggam daun legundi segar. Tambahkan sedikit cuka dan campur rata. Setelah itu tempelkan pada perut sebelah kiri, sempurna di mana organ limpa berada.


6. Daun legundi mengobati radang dan sakit tenggorokan


Radang dan sakit tenggorokan sanggup disembuhkan dengan merebus daun legundi. Sediakan 7 gram daun legundi dan air 1 liter, kemudian rebus. Gunakanlah air rebusan ini untuk berkumur. Coba cara ini seminggu penuh secara rutin.


7. Daun legundi mengobati sesak napas dan muntah darah


Sesak napas dan muntah darah pun sanggup disembuhkan oleh daun legundi. Caranya yaitu dengan merebus 9 lembar daun legundi, 3 lembar daun sembung, dan 3 lembar daun serawung. Rebus ke dalam 3 gelas air belimbing hingga hanya tersisa 1 gelas. Minum ramuan ini sebanyak dua kali sehari tiap pagi dan sore hingga sesak napas dan muntah darah sembuh.


Sekian warta mengenai ciri-ciri dan manfaat tumbuhan legundi. Semoga warta ini bermanfaat.


Cek harga tumbuhan legundi di sini.


 



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengenal Flora Legundi, Ciri-Ciri Serta Khasiat Dan Manfaatnya"

Posting Komentar