Model Pembelajaran Efektif, Inovatif Dan Interaktif: Talking Stick

Salah satu indikator kompetensi guru dalam proses pembelajaran yaitu kemampuan menghidupkan suasana kelas. Menghidupkan suasana kelas bukanlah suatu masalah yang gampang sebab keberagaman karakteristik akseptor didik yang ada.

Terdapat beberapa cara yang sanggup dilakukan oleh seorang guru untuk menghidupkan suasana kelas, salah satunya yaitu dengan memakai model pembelajaran inovatif. Banyak sekali model pembelajaran inovatif yang sanggup dipakai oleh seorang guru dalam upaya menghidupkan suasana kelas, beberapa diantaranya pernah kita bahas dalam artikel terdahulu, yaitu examples non examples dan picture and picture.

Termasuk dalam model pembelajaran inovatif tersebut yaitu Model Pembelajaran Talking Stick. Dalam model pembelajaran talking stick ini proses pembelajaran dikemas dalam sebuah permainan, sehingga sanggup membuat susana yang menyenangkan. Namun, tetap menjaga keefektivan penyampaian materi.

Sesuai dengan namanya, model pembelajaran talking stick merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang memakai derma stick (tongkat), dimana tongkat tersebut diputarkan oleh siswa, biasanya sembari diiringi oleh iringan musik, dan saat musik tidak boleh siswa yang terakhir memegang tongkat  akan diberi pertanyaan oleh gurunya.

Ilustrasi Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick via mursidahv.blogspot.com
Lebih detailnya, berikut ini kami sajikan beberapa hal yang diharapkan dan langkah-langkah penerapan model pembelajaran talking stick.

Hal-hal yang Perlu Disiapkan
Apabila anda ingin menerapkan model pembelajaran talking stick ini, beberapa hal yang perlu disiapkan yaitu sebagai berikut:
  1. Stick (Tongkat) yang nanti diputar berkeliling, dari satu siswa ke siswa lain. Stick ini bisa juga digantikan dengan spidol (saya seringkali memakai spidol saat menerapkan model pembelajaran talking stick ini)
  2. Laptop yang dipakai untuk menampilkan pertanyaan dan untuk memutar file musik
  3. Spekaer sebagai pengeras bunyi semoga file musik yang diputar sanggup didengar oleh semua siswa

Langkah-langkah Model Pembelajaran Talking Stick
Adapun langkah-langkah model pembelajaran talking stick ini yaitu sebagai berikut:
  1. Guru menyiapkan sebuah tongkat
  2. Guru memberikan bahan pokok yang akan dipelajari, lalu memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi. (Bisa juga model pembelajaran ini diterapkan untuk mengevaluasi bahan yang disampaikan pada pertemuan sebelumnya, sehingga guru tidak perlu memberikan bahan lagi)
  3. Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, siswa menutup bukunya.
  4. Guru mengambil tongkat dan memperlihatkan kepada siswa untuk diputar keliling sembari guru memutar file musik, saat file musik tidak boleh siswa yang memegang tongkat tersebut harus pertanyaan dari guru, dan balasan dari siswa tersebut eksklusif dibahas, lalu file musik diputar lagi dan tongkat pun diputar ke siswa lain, demikian seterusnya hingga sebagian besar siswa menerima potongan untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
  5. Guru memperlihatkan kesimpulan
  6. Evaluasi dan Penutup
Demikian sedikit isu wacana model pembelajaran talking stick, semoga bisa membantu para guru dalam upaya meningkatkan kualitas proses mpembelajaran. Selamat mencoba…

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Model Pembelajaran Efektif, Inovatif Dan Interaktif: Talking Stick"

Posting Komentar