Memahami Studi Insiden / Event Study Pasar Modal

Dalam dunia akuntansi keuangan & pasar modal, kita sudah tidak absurd lagi dengan istilah event study. Atau dalam Bahasa Indonesianya ialah studi peristiwa. Studi insiden ialah metode penelitian yang dipakai dikala anda ingin meneliti topik yang berkaitan dengan pasar modal / saham. 

Sebagai contoh, anda ingin meneliti topik yang berkaitan dengan pengumuman  agresi korporasi stock split, pengumuman dividen, reverse stock split, right issue, waran dan lain2. Maka metode penelitian tersebut memakai studi peristiwa, alasannya ialah dalam penelitian tersebut anda melihat insiden perubahan harga saham sebelum dan setelah tanggal pengumuman agresi korporasi tersebut. 

Metode event study juga dipakai untuk melihat apakah suatu agresi korporasi perusahaan mempunyai kandungan info atau tidak. Kandungan info akan terlihat dari diresponnya harga saham oleh investor (naik maupun turun). Sedangkan suatu pengumuman agresi korporasi tidak mempunyai kandungan info apabila tidak ada perubahan pada harga sahamnya. Baca juga: Teori dan Analisis Kandungan Informasi Dividen. 

Saya juga pernah menerbitkan penelitian di bidang keuangan dan pasar modal, dengan memakai metode penelitian event study. Anda sanggup membaca jurnal saya disini: Jurnal Keuangan dan Perbankan, mungkin sanggup menjadi materi rujukan aksesori untuk penelitian anda. 

Nah untuk melaksanakan event study, terdapat prosedur-prosedur penting yang harus dijalankan yaitu sebagai berikut: 

1. Melakukan identifikasi bentuk waktu insiden dan efek: Peristiwa apa yang mempunyai informasi, apakah nilai info mempunyai imbas negatif atau faktual terhadap return tidak normal suatu sampel. 

2. Menentukan rentang waktu studi peristiwa, termasuk periode estimasi dan periode insiden yang akan diteliti. 

3. Menghitung return tidak normal di sekitar periode peristiwa, beberapa hari sebelum dan setelah pengumuman insiden terjadi). 

4. Menghitung rata-rata return tak normal dan return tak normal kumulatif di dalam periode peristiwa. 

5. Merumuskan hipotesis statistik. 

6. Melakukan pengujian untuk melihat apakah rata-rata return tak normal kumulatif yang telah dihitung pada langkah kelima berbeda dari return setelah peristiwa. 

Contoh lengkap (Bab 1 - Bab 5) penelitian studi insiden pernah saya bahas juga disini: Ebook Analisis Laporan Keuangan. Anda sanggup mempelajarinya.  

Daftar Pustaka 

Jogiyanto, H.M. 2010. Studi Peristiwa: Menguji Reaksi Pasar Modal Akibat Suatu Peristiwa, BPFE, Yogyakarta. 

Tandelilin, E. 2010. Portofolio dan Investasi: Teori dan Aplikasi, Kanisius, Yogyakarta.  

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Memahami Studi Insiden / Event Study Pasar Modal"

Posting Komentar