Keliling Kalimantan Yuk!

Dalam kegiatan pembelajaran, dibutuhkan sebuah media pembelajaran sebagai alat bantu untuk memberikan materi pembelajaran kepada siswa. Menurut Gagne (dalam Solihatin, 2013: 185), media pembelajaran merupakan aneka macam jenis komponen yang ada dalam lingkungan siswa, yang sanggup merangsang siswa untuk belajar. Lebih lanjut, Gerlach dan Ely (dalam Sanjaya, 2006: 163), membagi secara umum media pembelajaran terdiri atas: orang, bahan, peralatan, atau kegiatan yang membuat kondisi yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Berdasarkan pendapat para hebat tersebut, maka sanggup disimpulkan bahwa begitu pentingnya media pembelajaran dalam proses pembelajaran, lantaran fungsi dari media pembelajaran yaitu merangsang siswa untuk belajar, sehingga diperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Sebagaimana, pendapat Sudjana dan Rivai (2010: 2), yang menyatakan manfaat media pembelajaran adalah: (1) pembelajaran lebih menarik perhatian siswa, sehingga sanggup menumbuhkan motivasi belajar, (2) materi pembelajaran akan lebih terang maknanya sehingga sanggup lebih dipahami oleh siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran lebih baik, (3) metode pembelajaran lebih variasi, tidak semata-mata komunikasi lisan melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apabila guru mengajar setiap jam pembelajaran, serta (4) siswa lebih banyak melaksanakan kegiatan belajar, lantaran tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga acara lain menyerupai mengamati, melakukan, mendemontrasikan, dan lain sebagainya.

Berikut ada sebuah media pembelajaran yang berjudul “Keliling Kalimantan Yuk!” karya dari Dian Lestari yang sanggup kita manfaatkan dalam pembelajaran kelas IV Tema 1 “Indahnya Kebersamaan”. Media ini sangatlah menarik kita gunakan, lantaran selain siswa sanggup gosip ihwal tempat Kalimantan, dalam CD media pembelajaran ini juga diselingi dengan permainan, sehingga sanggup membuat siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Bagaimana sich isi dan cara memakai CD pembelajaran ini:

1.  Masukkan CD Room ke dalam Drive CD Room, kemudian akan muncul gambar menyerupai di bawah ini. Setelah itu, klik Ok untuk memulainya.


2.  Ketika sudah masuk dalam permainan, pertama kita akan diminta untuk menentukan huruf orang yang akan keliling Kalimantan. Dalam CD ini ada dua karakter, cewek dan cowok. Setelah kita menentukan karakter, kita diminta untuk  memberi nama akan huruf tersebut, kita sanggup menamainya dengan nama kita atau nama orang lain. Kalau sudag klik “mulai” untuk mulai berkeliling Kalimantan.




3. Dalam media pembelajaran CD keliling Kalimantan Yuk ini, ada dua pilihan arah jalan untuk berkeliling, arah kiri yang memperlihatkan pada “Harmonisasi Nusantara” dan arah akan menuju “Jelajah Pulau”, mari kita jelajahi satu per satu.


a.       Harmonisasi Nusantara
Pada penjelajahan arah ini kita akan melewati 3 penjelajahan yaitu harmoni suara, puzzle nusantara, dan harmoni busana. Pada harmoni suara, kita sanggup mendengarkan bunyi alat musik dan binatang dengan cara mengkliknya. Selain itu, kita sanggup mengklik semua alat musik secara bersamaan, sehingga menghasilkan lantunan nada musik yang bagus. Pada puzzle nusantara, kita diminta untuk munyusun puzzle lambang tempat provinsi yang ada di Kalimantan, mulai Kalilamtan Barat, Timur, Tengah, dan Selatan. Sedangkan untuk harmoni busana, kita diminta untuk memasangkan pakaian khas dari Kalimantan mulai dari epilog kepala, pakaian atas, dan pakaian bawah. Dalam harmoni busana kita juga sanggup menentukan huruf perjaka atau cewek.







b.      Jelajah Pulau
Pada arah jelajah pulau, pertama kali kita akan ditampilkan pulau Kalimantan dan gosip sekilat ihwal pulau Kalimantan. Untuk berkeliling masing-masing provinsi yang ada di Kalimantan tersebut kita tinggal klik pada peta, provinsi mana yang hendak kita jelajahi, contohnya kita mau menjelajahi Kalimantan Barat.



Setelah mengklik Kalbar pada peta, kita eksklusif akan dibawa ke Kalbar, disitu kita pertama kali akan disambut oleh seeker kera yang juga memperlihatkan klarifikasi bahwa selama keliling Kalbar kita diminta untuk mengumpulkan 9 medali, lantaran kita akan melewati sembilan pos (tempat) yang masing-masing akan memperlihatkan gosip ihwal Kalbar, mulai dari lambang daerah, tradisi adat, alat musik dan lagu daerah, rumah adat, tarian adat, senjata adat, fauna khas, dongeng rakyat, serta tanaman khas. Lantas bagaimana caranya kita mendapat medali, saat kita hingga di masing-masing pos tersebut, setelag kita membaca gosip yang ada, disitu juga ada permainan, nach.. dengan cara melaksanakan permainan itulah kita sanggup untuk mendapat medali.













Sumber http://blogeulum.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Keliling Kalimantan Yuk!"

Posting Komentar