Kacang Kola, Ciri-Ciri, Khasiat Serta Manfaatnya

biji dengan kandungan senyawa kimia yang baik untuk kesehatan tubuh Kacang Kola, Ciri-ciri, Khasiat Serta Manfaatnya
Kacang kola (kola nut) merupakan tumbuhan buah penghasil biji-biji dengan kandungan senyawa kimia yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kacang kola yaitu salah satu jenis kacang dalam genus Cola dari spesies Cola nitida dan Cola acuminata. Dari tumbuhan kacang kola inilah tercipta minuman softdrink yang terkenal dengan merek dagang Coca-Cola.


Pohon kola sanggup tumbuh mencapai ketinggian 25 meter. Tanaman ini menghasilkan bunga berbentuk bintang sementara buahnya berisi sekitar selusin biji. Ternyata, kacang kola mempunyai aroma menyerupai aroma bunga mawar. Rasa awal kacang kola yaitu pahit, namun sesudah dikunyah rasanya akan berubah manis.


biji dengan kandungan senyawa kimia yang baik untuk kesehatan tubuh Kacang Kola, Ciri-ciri, Khasiat Serta Manfaatnya
Di beberapa wilayah di Afrika Barat, kacang kola sering dipakai dalam program keagamaan.

Di Afrika Barat, khususnya di Liberia, Niger, dan Nigeria, kacang kola sering dipakai dalam ritual spiritual, terutama yang berafiliasi dengan budaya dan keagamaan. Kacang kola merupakan sebuah objek dalam berdoa, pemujaan para leluhur, dan peristiwa-peristiwa penting menyerupai upacara pernikahan, penamaan bayi, dan pemakaman.


Selain di Afrika, pemanfaatan kacang kola dalam kegiatan tradisional pun dilakukan oleh sebagian masyarakat di Amerika Serikat dan Karibia. Di tahun 1800, ada seorang apoteker dari Georgia yang mencoba membuat produk minuman dari ekstrak kola. Hal tersebut diperkirakan sebab kola mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh.


Baca juga: Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar Dan Khasiatnya


Khasiat dan Manfaat Kacang Kola bagi Kesehatan


Kacang kola mengandung 2% kafein, theobromine, dan kolanin yang berfungsi sebagai stimulan. Berikut khasiat dan manfaat kacang kola bagi kesehatan tubuh:


1. Meningkatkan metabolisme tubuh


biji dengan kandungan senyawa kimia yang baik untuk kesehatan tubuh Kacang Kola, Ciri-ciri, Khasiat Serta Manfaatnya
Kacang kola bisa diolah menjadi minuman penyegar.

Kacang kola berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Kandungan kafein dalam kacang kola bisa merangsang denyut jantung, meningkatkan kemampuan kognitif.


2. Meningkatkan kemampuan kognitif


Kacang kola sanggup meningkatkan oksigenasi dalam tubuh, mulai dari kulit hingga otak. Kemampuan oksigenasi tersebut juga meningkatkan tingkat konsentrasi dan mempercepat penyembuhan luka serta perbaikan sel yang rusak.


3. Mencegah pertumbuhan sel kanker


Kacang kola bisa mencegah kanker prostat. Hal tersebut sebab kandungan fitoestrogen dan phytoandrogensi dalamnya bisa pencegahan berkembangnya sel kanker.


4. Menjaga dan meningkatkan kesehatan pencernaan


Manfaat lain dari kacang kola ini yaitu menyehatkan pencernaan. Kacang kola bisa memperbanyak perembesan nutrisi dari masakan yang diharapkan tubuh. Kacang kola pula sanggup meredakan sembelit, kram perut, kembung, dan persoalan pencernaan lainnya.


5. Mengobati hipertensi


biji dengan kandungan senyawa kimia yang baik untuk kesehatan tubuh Kacang Kola, Ciri-ciri, Khasiat Serta Manfaatnya
Kacang kola berfungsi dalam mencegah tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi sanggup diturunkan dengan mengonsumsi kacang kola. Kacang kola ini pun sanggup dikonsumsi untuk meredakan benjol susukan kecing, hepatitis, rematik, hingga gagal jantung kognestif.


6. Menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Kacang kola bisa menambah energi yang membuat Anda selalu segar dan mengurangi rasa lelah serta bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kacang kola mengandung senyawa volatile yang berfungsi mencegah benjol basil dalam tubuh manusia. Pencegahan terhadap benjol ini sanggup juga mancegah timbulnya penyakit meningitis, bronkitis, dan TBC.


7. Menurunkan berat badan


Jika Anda sedang berencana menurunkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi kacang kola. Ekstrak kacang kola telah diakui keuntungannya dalam meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Sehingga baik bagi Anda yang sedang mencoba menurunkan berat badan.


Baca juga:


Khasiat Jati Belanda Untuk Menurunkan Berat Badan


Manfaat Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan


Khasiat Jeruk Nipis Untuk Menurunkan Berat Badan


Itulah gosip mengenai ciri-ciri dan manfaat kacang kola. Walaupun banyak manfaat dari kacang yang beraroma mawar ini, namun Anda juga harus memerhatikan kandungan kafein dalam kacang ini, terutama bagi Anda yang mempunyai reaksi alergi kafein. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda apakah boleh kacang kola ini Anda konsumsi.


Kami juga menyediakan tanaman kacang kola yang siap melengkapi tumbuhan buah Anda di rumah. Semoga gosip ini bermanfaat bagi Anda 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kacang Kola, Ciri-Ciri, Khasiat Serta Manfaatnya"

Posting Komentar