Jenaka Pro-Wf : Kepedulian Untuk Indonesia

BelajarSipil.com – Banjir sekarang jadi hari raya gres untuk masyarakat Indonesia, hari raya yang tak mengenal apa agama yang dianut, juga tak megenal dari suku apa yang disapa. Ia bisa jadi sebuah peristiwa alam bersama, parahnya banyak yang memanfaatkannya untuk politisasi meraih simpati rakyat atau hanya sekedar menjatukan rival politiknya, ah mungkin saja peristiwa memang jadi lahan proyek paling empuk di negeri ini. Namun ternyata banjir tidak selalu mendatangkan petaka, beberapa orang yang mempunyai jiwa kreatif justru menemukan peluang menarik, lihat saja bagaimana seorang tukang gerobak meraup rupiah dari jasa menyeberangkan motor. Inilah tipikal orang yang bisa memanfaatkan kondisi sulit menjadi peluang meraih pundi-pundi rupiah, namun keberadaannya tetap bermanfaat bagi orang lain.


Salah satu problem terbesar ketika banjir tiba yaitu sulitnya mendapat air bersih, bayangkan saja mulai dari sumur atau kran PDAM semua tergenang banjir, jangankan berpikir mendapat air untuk mandi, minum saja susuh. Permasalahan itulah yang disulap menjadi peluang oleh beberapa mahasiswa kreatif asal Undip Semarang. Mereka membuat penemuan penyaring air berbasiskan teknologi nano yang diberi nama Jenaka Pro-WF. Jenaka Pro-WF sendiri merupakan abreviasi dari Jerami Nano Komposit Portable Water Filter.














<


p style=”text-align: justify”>Pagi ini, 2 Februari 2014, sehabis sarapan pagi di Suday Market UNS, saya, Imam (Nasafor UNDIP), dan Amirza (Nano Club UNS), melaksanakan ujicoba Jenaka Pro-WF di UNS. Spot pengambilan sample kali ini yaitu Saluran Drainase Fakultas Teknik UNS Banjir sekarang jadi hari raya gres untuk masyarakat Indonesia Jenaka Pro-WF : Kepedulian Untuk Indonesia  Banjir sekarang jadi hari raya gres untuk masyarakat Indonesia Jenaka Pro-WF : Kepedulian Untuk Indonesia  Banjir sekarang jadi hari raya gres untuk masyarakat Indonesia Jenaka Pro-WF : Kepedulian Untuk Indonesia  Banjir sekarang jadi hari raya gres untuk masyarakat Indonesia Jenaka Pro-WF : Kepedulian Untuk Indonesia  Banjir sekarang jadi hari raya gres untuk masyarakat Indonesia Jenaka Pro-WF : Kepedulian Untuk Indonesia


Pengujian yang kami lakukan cukup sederhana, memfilter air dengan Jenaka Pro-WF kemudian mambandingkan zat padatan yang terlarut didalam air sample memakai Total Dissolved Solid (TDS). Hasilnya cukup menggembirakan, awalnya sample mempunyai kandungan padatan 350 ppm, sehabis dilakukan penyaringan dengan memakai Janaka Pro-WF kandungan padatan pada sample berkurang derastis menjadi 122 ppm. Menurut Imam hasil ini belum maksimal alasannya yaitu alat yang kami gunakan merupakan alat yang biasa dipakai sebagai display ketika festival atau presentasi sehingga masih ada endapan dari pengujian-pengujian sebelumnya.


Kepedulian Untuk Indonesia


Jenaka Pro-WF merupakan karya anak bangsa Indonesia yang patut dacungi jempol, produk ini telah telah menjadi bukti betapa indahnya ketika ilmu pengetahuan diberi sentuhan kreativitas serta kepakaan terhadap apa yang terjadi di lingkungan. Berawal dari kegelisahan sampai menjadi salah satu solusi untuk permasalahan bangsa. Imam menuturkan ketika ini sedang mendapat pesanan dari PMI Semarang untuk mitigasi peristiwa banjir di Kabupaten Demak, tak tanggung-tanggung jumlahnya mencapai lebih dari 200 unit. Hadirnya alat ini memang belum menawarkan donasi permasalah banjir tahunan, tapi paling tidak membantu korban banjir mandapatkan suplai air higienis yang didapatkan dari hasil penyaringan air banjir.


Semoga hadirnya Jenaka Pro-WF akan menginspirasi bawah umur bangsa untuk terus berinovasi, menjadi salah satu peletup semangat berkarya, semangat kepedulian, serta semangat optimisme untuk Indonesia yang lebih baik.


Untuk lebih detailnya wacana produk Jenaka Pro WF silahkan klik link berikut: JENAKA PRO-WF













Sumber https://www.belajarsipil.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jenaka Pro-Wf : Kepedulian Untuk Indonesia"

Posting Komentar