Jelaskan Bagaimana Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan!

Jelaskan Bagaimana Proses Fotosintesis pada Tumbuhan! - Pada dasarnya proses fotosintesis merupakan kebalikan dari proses respirasi. Proses respirasi bertujuan memecah gula menjadi karbón dioksida, air, dan energi.

Sebaliknya proses fotosintesis mereaksikan (menggabungkan) karbóndioksida dan air menjadi gula dengan memakai energi cahaya terutama cahaya matahari.

Tumbuhan bersifat autotrof, yang artinya sanggup mensintesis kuliner eksklusif dari senyawa anorganik. Tumbuhan memakai karbon dioksida dan air untuk menghasilkan gula dan oksigen yang diharapkan sebagai makanannya.

Energi untuk menjalankan proses ini berasal dari fotosintesis. Perhatikan persamaan reaksi yang menghasilkan glukosa berikut ini:

 Jelaskan Bagaimana Proses Fotosintesis pada Tumbuhan Jelaskan Bagaimana Proses Fotosintesis pada Tumbuhan!

Glukosa sanggup dipakai untuk membentuk senyawa organik lain menyerupai selulosa dan sanggup pula dipakai sebagai materi bakar. Proses ini berlangsung melalui respirasi seluler yang terjadi baik pada binatang maupun tumbuhan. Secara umum reaksi yang terjadi pada respirasi seluler berkebalikan dengan persamaan di atas.

Pada respirasi, gula (glukosa) dan senyawa lain akan bereaksi dengan oksigen untuk menghasilkan karbon dioksida, air, dan energi kimia.

Tumbuhan menangkap cahaya memakai pigmen yang disebut klorofil. Pigmen inilah yang memberi warna hijau pada tumbuhan. Organel yang yang mengandung mengandung klorofil disebut kloroplas. Klorofil inilah yang menyerap cahaya yang akan dipakai dalam fotosintesis.

Meskipun seluruh bab badan tumbuhan yang berwarna hijau mengandung kloroplas, namun sebagian besar energi kimia dihasilkan di daun. Di dalam daun terdapat lapisan sel yang disebut mesofil yang mengandung setengah juta kloroplas setiap milimeter perseginya. Cahaya akan melewati lapisan epidermis yang tidak berwarna dan transparan, menuju mesofil, daerah terjadinya sebagian besar proses fotosintesis.

Permukaan daun biasanya dilapisi oleh kutikula dari lilin yang bersifat anti air untuk mencegah terjadinya absorpsi sinar matahari ataupun penguapan air yang berlebihan.

Fungsi daun yang utama yaitu sebagai daerah terjadinya fotosintesis serta mengekspor alhasil ke seluruh bab tanaman.

Sumber http://kttsaraswati.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jelaskan Bagaimana Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan!"

Posting Komentar