Fungsi Stabilizer Kafe Pada Sistem Suspensi Kendaraan Beroda Empat

Stabilizer kafe atau dikenal dengan sebutan anti-roll kafe merupakan salah satu komponen yang ada pada sistem suspensi mobil. Stabilizer kafe terbuat dari materi logam yang sangat kuat.

Stabilizer kafe umumnya dipasang pada cuilan lower arm yang dihubungkan dengan stabilizer link atau bushing. Sedangkan pada sisi tengahnya stabilizer kafe ini di rekatkan ke rangka kendaraan beroda empat dengan mediator karet bushing.

Stabilizer kafe atau dikenal dengan sebutan anti Fungsi Stabilizer Bar pada sistem suspensi kendaraan beroda empat

Stabilizer kafe bekerja dengan memanfaatkan puntiran yang terjadi disalah satu sisi suspensi untuk menunjukkan imbas puntiran yang berlawanan arah pada sisi suspensi yang lainnya.

Sehingga ketika salah satu sisi stabilizer kafe ini tertekan keatas akhir suspensi menekan, maka sisi sebelahnya akan menarik suspensi kearah bawah sesuai dengan daya puntir yang terjadi pada sisi yang tertekan.

Lantas, apa bergotong-royong fungsi dari stabilizer kafe pada sistem suspensi kendaraan beroda empat ini ? Berikut fungsi stabilizer kafe pada sistem suspensi mobil.


1. Mengurangi tanda-tanda body roll ketika kendaraan berbelok


Fungsi stabilizer kafe yang pertama ialah untuk mengurangi body roll ketika kendaraan berbelok. Saat kendaraan bergerak cepat di tikungan (berbelok), maka akan muncul tanda-tanda body roll (rolling) yaitu sebuah tanda-tanda pada body kendaraan beroda empat yang terjadi akhir adanya gaya sentrifugal yang muncul ketika kendaraan beroda empat menikung cepat.

Gaya sentrifugal yang terjadi ini akan menciptakan bodi kendaraan beroda empat miring seakan terlempar keluar lintasan. Kondisi ini akan menciptakan roda sisi dalam lintasan terangkat naik, sedangkan pada roda sisi luar lintasan akan semakin tertekan.

Gejala body roll ini sangat berbahaya alasannya ialah sanggup menciptakan kendaraan beroda empat menjadi terguling. Oleh alasannya ialah itu digunakanlah Stabilizer kafe guna mengurangi tanda-tanda body rol yang berlebihan pada kendaraan ketika berbelok


2. Menjaga kestabilan ketika berkendara


Fungsi stabilizer kafe yang kedua ialah untuk menjaga kestabilan ketika berkendara. Ya, stabilizer kafe tidak hanya dipakai untuk mengurangi body roll ketika kendaraan berbelok, namun ia juga berfungsi untuk menjaga kestabilan ketika berkendara dijalan bergelombang dengan kecepatan tinggi.

Ketika kendaraan beroda empat melaju cepat dijalan bergelombang, maka akan terjadi perubahan traksi pada permukaan ban dimasing-masing roda sesuai yang terjadi sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui.

Ketika salah satu sisi ban melewati lubang pada kecepatan tinggi, ban akan mengambang diatas lubang. Kondisi ini akan mensugesti kecepatan putar serta tenaga yang dihasilkan oleh masing-masing roda pendorong.

Akibatnya, akan terjadi perbedaan putaran antara roda sisi kanan dan kiri sehingga akan mensugesti kestabilan pada kendaraan.

Untuk mencegah perubahan yang terjadi ketika putaran ban ketika ban kembali menyentuh permukaan jalan digunakanlah stabilizer bar, yang akan mempercepat proses kembalinya ban ke permukaan jalan dari lontaran sebelumnya.

Adanya stabilizer kafe yang dipasang diantara kedua sisi roda tersebut, maka akan meningkatkan kestabilan kendaraan beroda empat ketika berkendara dijalan bergelombang dengan kecepatan tinggi.

Baca juga :


3. Meningkatkan daya cengkram (traksi) ban terhadap permukaan jalan


Fungsi stabilizer kafe yang terakhir ombro ketahui ialah untuk meningkatkan daya cengkram traksi ban terhadap permukaan jalan. Ya, stabilizer kafe yang dipasang pada cuilan suspensi ini mempunyai kecenderungan untuk menekan lower arm kearah bawah.

Lower arm yang menekan ke arah bawah ini secara otomotis juga akan menekan roda semoga menapak lebih berpengaruh ke permukaan jalan. Kondisi ini terang akan meningkatkan daya cengkram ban terhadap permukaan jalan.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Teori-Otomotif
Sumber http://bacabrosur.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Fungsi Stabilizer Kafe Pada Sistem Suspensi Kendaraan Beroda Empat"

Posting Komentar