Fungsi Pompa Materi Bakar

Pompa materi bakar (fuel pump) mempunyai tugas yang sangat vital bagi kelangsungan kerja mesin. Pompa materi bakar mempunyai fungsi utama untuk mengirimkan materi bakar dari tangki materi bakar menuju ke injektor ataupun ke kerburator untuk dipakai dalam proses kerja mesin.

Tanpa adanya pompa materi bakar yang bekerja dengan baik, maka proses penyediaan materi bakar yang akan dipakai oleh mesin menjadi sulit. Bahkan sanggup mengakibatan kendaraan beroda empat mogok tanggapan tidak adanya pasokan materi bakar yang mengalir.

 mempunyai tugas yang sangat vital bagi kelangsungan kerja mesin Fungsi pompa materi bakar

Meskipun begitu, pompa materi bakar juga mempunyai beberapa fungsi lainnya. Nah, pada artikel kali ini , ombro akan menyebarkan informasi perihal fungsi pompa materi bakar pada mobil. Simak fungsi pompa materi bakar dibawah ini.


1. Memompa materi bakar dari tangki materi bakar ke injektor / karburator


Fungsi pompa materi bakar (fuel pump) yang pertama yaitu untuk memompa materi bakar dari tangki materi bakar (fuel tank) menuju ke injektor atau ke karburator melalui fuel line. Ya, materi bakar di dalam tangki ini akan dipindahkan oleh pompa materi bakar dari tangki ke injektor melalui fuel line (saluran materi bakar).

Proses pemompaan materi bakar oleh pompa materi bakar ini ada yang dilakukan secara mekanikal (untuk mesin usang model karburator), dan ada pula yang dilakukan dengan sistem elektrik (untuk mesin dikala ini model EFI).

Meskipun terdapat perbedaan cara pemompaan materi bakar, namun tetap mempunyai fungsi yang sama yaitu memindahkan materi bakar dari tangki menuju ke injektor /karburator untuk dipakai pada proses kerja mesin.


2. Menciptakan tekanan materi bakar di dalam fuel line


Fungsi pompa materi bakar yang kedua yaitu untuk membuat tekanan materi bakar didalam fuel line. Fungsi ini akan tercipta berkat kerjasama antara fuel pump dan fuel pressure regulator. Ya, materi bakar bertekanan sangat diperlukan oleh mesin kendaraan beroda empat yang mengunakan sistem EFI.

Pompa materi bakar akan terus menerus memompa materi bakar ke delivery pipe (tempat injektor dipasang) sehingga akan membuat tekanan materi bakar. Dengan adanya tekanan pada materi bakar ini , maka injektor akan menghasilkan pengabutan materi bakar yang diperlukan mesin, supaya mesin sanggup bekerja dengan sempurna.

Namun, tekanan materi bakar ini juga dilarang berlebihan ataupun kurang dari tekanan yang sudah diset oleh pihak produsen mesin. Oleh karenanya digunakanlah fuel pressure regulator untuk mengatur tekanan materi bakar di dalam delivery pipe supaya selalu sesuai dengan tekanan normal yang diperlukan mesin tersebut.

Baca juga :


3. Menjaga tekanan materi bakar dalam fuel line dikala mesin mati


Fungsi pompa materi bakar yang terakhir ombro ketahui yaitu untuk menjaga tekanan materi bakar didalam fuel line supaya tetap bertekanan dikala mesin mati. Ketika mesin kendaraan beroda empat mati, maka pompa materi bakar juga akan berhenti berputar sehingga tidak ada materi bakar yang dipompa melalui fuel line.

Jika materi bakar didalam fuel line ini tidak ada (hilang tekanannya) tanggapan materi bakar kembali masuk kedalam tangki, maka proses sterter dan menghidupkan mesin akan menjadi lebih usang yang balasannya sanggup membuat aki menjadi cepat tekor.

Oleh karenanya, di dalam fuel pump umumnya terdapat check valve yang berfungsi untuk mencegah materi bakar mengalir kembali masuk kedalam fuel tank dikala pompa materi bakar berhenti berputar.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Teori-Otomotif
Sumber http://bacabrosur.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Fungsi Pompa Materi Bakar"

Posting Komentar