Format Jurnal Penerimaan, Pengeluaran Kas, Jurnal Pembelian, Jurnal Penjualan, Dan Jurnal Umum

Ketika berguru akuntansi, anda niscaya sering mendengar istilah JURNAL KHUSUS. Di dalam akuntansi, jurnal khusus dibagi menjadi 5 jenis jurnal, yaitu: 

1. Jurnal penerimaan kas 
2. Jurnal pengeluaran kas
3. Jurnal pembelian
4. Jurnal penjualan
5. Jurnal umum 

Kelima jurnal khusus ini mempunyai format alias bentuk-bentuk tersendiri dikala anda ingin melaksanakan pencatatan jurnal dari adanya transaksi2 yang bersangkutan. 

Di pos ini, saya akan menawarkan format-format untuk mencatat kelima jurnal tersebut. Namun yang perlu anda ketahui, format-format jurnal khusus yang saya paparkan ini yaitu format jurnal secara umum. 

Anda sanggup mengubah format jurnal sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Oke, kita eksklusif saja mulai. 

1. Format Jurnal Penerimaan Kas 

Jurnal penerimaan kas yaitu jurnal yang dipakai untuk mencatat penerimaan dari transaksi penjualan tunai / kas, baik transaksi penerimaan kas dari pelanggan, penerimaan pendapatan bunga, penerimaan pelunasan piutang usaha, dan penerimaan kas lainnya. Anda sanggup baca perihal cara menciptakan jurnal penerimaan kas disini: Jurnal Penerimaan dan Pengeluaran Kas: Pengertian & Contoh. Format jurnal penerimaan kas secara umum yaitu sebagai berikut: 

Jurnal penerimaan kas
2. Format Jurnal Pengeluaran Kas 

Jurnal pengeluaran kas yaitu jurnal untuk mencatat pengeluaran transaksi perusahaan secara tunai (kas), baik dalam bentuk transaksi pelunasan utang, pembelian barang dagangan secara tunai, membeli perlengkapan kantor, membayar honor dan lain-lain. Baca juga: Jurnal Penerimaan dan Pengeluaran Kas: Pengertian & Contoh. Format jurnal pengeluaran kas yaitu sebagai berikut: 

Jurnal Pengeluaran Kas
3. Format Jurnal Pembelian 

Jurnal pembelian yaitu jurnal untuk mencatat pembelian barang dagang dengan syarat kredit (utang), yang menjadikan kewajiban / utang pada pemasok. Format jurnal pembelian secara umum yaitu sebagai berikut: 

Jurnal pembelian
4. Format Jurnal Penjualan 

Jurnal penjualan mencatat penjualan barang dagang perusahaan secara kredit (piutang), yang menjadikan hak tagihan pada pelanggan / konsumen. Format jurnal penjualan secara umum yaitu sebagai berikut: 

Jurnal penjualan
5. Format Jurnal Umum 

Jurnal umum merupakan jurnal untuk mencatat transaksi yang tidak dicatat dalam keempat jurnal diatas (penerimaan & pengeluaran kas, pembelian, penjualan). Contoh transaksi jurnal umum yaitu transaksi retur pembelian & penjualan, jurnal penutup. 

Contoh-contoh transaksi dan pembuatan jurnal umum sanggup anda baca disini: Contoh Soal Jurnal Umum & Pembahasannya. Format jurnal umum yaitu sebagai berikut: 

Jurnal umum

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Format Jurnal Penerimaan, Pengeluaran Kas, Jurnal Pembelian, Jurnal Penjualan, Dan Jurnal Umum"

Posting Komentar