Efek Kerapatan Relatif (Dr) Terhadap Daya Dukung Fondasi Dangkal Pada Tanah Pasiran Dengan Beban Sentris

ABSTRAK


Heni Pujiastuti – Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Mataram.














Fondasi dangkal biasa digunakan untuk mendukung bangunan yang relatif tidak besar contohnya fondasi rumah tinggal dan gedung bertingkat biasa. Kerapatan relatif (Dr) umumnya digunakan untuk mengatakan tingkat kerapatan tanah berbutir bergairah di lapangan. Pada rumus daya dukung fondasi dangkal yang diusulkan oleh Terzaghi pada tahun 1943 kerapatan relatif (Dr) terwakili oleh nilai sudut gesek dalam tanah (?) yang digunakan sebagai dasar untuk memilih nilai faktor daya dukung dan berlaku untuk semua jenis tanah.


Fondasi dangkal biasa digunakan untuk mendukung bangunan yang relatif tidak besar contohnya f Efek Kerapatan Relatif (Dr) Terhadap Daya Dukung Fondasi Dangkal pada Tanah Pasiran dengan Beban Sentris


Untuk mengetahui imbas kerapatan relatif terhadap daya dukung ultimit fondasi dangkal pada tanah pasir akibat beban sentris dilakukan pengujian eksperimen di Laboratorium Geoteknik Universitas Muhammadiyah Mataram dan Laboratorium Struktur Universitas Mataram. Secara garis besar pengujian dilakukan sebagai berikut: fondasi dengan dimensi fondasi 20x20cm, 30x30cm, 40x40cm, 20x30cm, 20x40cm, dan 30x40cm, bahan dari plat besi dan media pasir dengan variasi kerapatan relatif terdiri dari 10%, 20%, 30%, 40%, 50%, 60%, 70%, 80%, 90% dan 100% diletakkan dalam kotak pengujian kemudian dilakukan pembebanan sentris pada fondasi.


Pengujian dilakukan hingga fondasi mengalami keruntuhan. Dilakukan pencatatan terhadap beban dan penurunan yang terjadi. Hasil Penelitian mengatakan bahwa Kerapatan relatif (Dr) besar lengan berkuasa terhadap daya dukung ultimit fondasi dangkal ialah Semakin besar nilai kerapatan relatif (Dr) tanah pasir daya dukung fondasi ultimit (q ultimit) juga semakin besar.













Sumber https://www.belajarsipil.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Efek Kerapatan Relatif (Dr) Terhadap Daya Dukung Fondasi Dangkal Pada Tanah Pasiran Dengan Beban Sentris"

Posting Komentar