Contoh Judul Penelitian Kualitatif

Contoh judul penelitian kualitatif yang akan dipaparkan di postingan ini merupakan pola judul penelitian yang pernah diuji dan dipublikasikan sebelumnya. Beberapa judul dipilih dan ditampilkan kembali di sini semata-mata untuk materi pembelajaran perihal bagaimana membuat judul riset kualitatif yang baik melalui pola nyata.


Contoh judul penelitian kualitatif yang akan dipaparkan di postingan ini merupakan pola  Contoh Judul Penelitian Kualitatif


Pembaca sanggup mencari wangsit melalui contoh-contoh judul penelitian kualitatif yang sudah ada di banyak sekali perpustakaan online. Tipe penelitian kualitatif biasanya mempunyai judul yang nyentrik, setidaknya kalau dibandingkan dengan kebanyakan judul riset kuantitatif. Namun demikian memang, kita tidak sanggup melaksanakan justifikasi kualitas hasil riset semata-mata dari judulnya.


Judul penelitian yang baik selalu praktis dan merepresentasikan substansi dari hasil penelitian yang dilakukan. Contoh judul penelitian kualitatif yang ditampilkan di sini dinilai cukup simpel, gampang dipahami dan tergolong unik. Sekali lagi untuk diingat bahwa judul-judul di bawah ini diambil dari database online perpustakaan di universitas negeri yang terbuka untuk publik. Oleh sebab kesemuanya pernah dipublikasikan, maka cukup dijadikan materi untuk memantik wangsit saja.


Baca juga: Contoh Proposal Penelitian







Beberapa judul saya modifikasi sedikit biar lebih yummy dibaca. Beberapa yang lain tetap sebagaimana mestinya. Nama penulis sengaja disembunyikan sebab dipakai sebagai materi asuh saja di sini. Contoh judul penelitian kualitatif tentu saja sangat bermacam-macam dan bervariasi, baik dilihat dari stuktur kepenulisannya maupun style narasinya.


Daftar pola judul penelitian kualitatif di bawah ini merupakan judul penelitian di banyak sekali bidang ilmu sosial. Dalam beberapa postingan lain, saya sering memberikan bahwa membuat judul suatu karya tulis lebih ibarat membuat karya seni ketimbang karya akademik. Prosesnya memerlukan imajinasi dan improvisasi yang berani dari peneliti. Ide membuat judul yang unik tentu tidak tiba dalam semalam. Berdasarkan pengalaman saya, ide tersebut muncul sesudah ”ribuan” kali coba-coba.


Baca juga: Contoh Proposal Skripsi






Contoh judul penelitian kualitatif


Modal Sosial Di Komunitas Yogyakarta Leisure Community


Slacktivism Dan Gerakan Sosial Digital (Studi Mengenai Partisipasi Digital Dalam Penandatanganan Petisi Online Change.org)


Konstruksi Identitas Kampung Digital (studi Tentang Pembentukan Identitas Baru Masyarakat Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta)


Telecenter Sebagai Media Pemberdayaan Masyarakat Informasi (Studi Di Desa Muneng Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun)


Pemahaman Baru Pembajakan Digital Dalam Budaya Mengopi (Praktik Dan Implikasi Budaya Mengopi Video Di Warnet Di Yogyakarta)


Habiburrahman El Shirazy Dalam Arena Sastra Dan Arena Kekuasaan Indonesia


Antara Moral Dan Rasional: Strategi Pedagang Di Pasar Organik Milas


Britain`s Game Of Throne: Monarki Inggris Di Era Demokratisasi Global


Menyingkap Kuasa Budaya: Mengakarnya Dominasi Nahdlatul Ulama Dalam Demokratisasi Di Banyumas


Akulturasi Pengobatan: Perpaduan Budaya Islam Dan Budaya Jawa Dalam Sistem Medis Masyarakat Giriloyo


Kampung s3k : Prostitusi Pasar Kembang Sebagai Subkultur s3kual


Lha Biasane Ora Papa, Koq Iki Malah Hamil (Biasanya Tidak Apa-apa, Ternyata Makara Hamil): s3kualitas Remaja Dalam Krisis Akulturasi Di Komunitas Dan Sekolah


Makna Simbol Akulturasi Nilai-nilai Budaya Jawa-cina Dalam Batik Pekalongan







Rewangan, Simbol Ruang Sosiokultural Masyarakat Lokal Gunungkidul (Studi Tentang Tradisi Rewangan Masyarakat Lokal Desa Hargomulyo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah spesial Yogyakarta)


Struktur Dan Kultur Pembangkangan Komunal: Kasus Pelarangan Kapal Cantrang Di Perairan Jawa Utara


Identitas Pemuda Batak Nasrani Diaspora: Kekristenan Dan Kebatakan Dalam Idealitas Dan Realitas Di HKBP


Representasi Multikulturalisme Dalam Film Indonesia (analisis Semiotik Film Pendek Cheng Cheng Po)


Gaya Hidup Komunitas Penggemar Vespa Gembel Sebagai Subkultur (studi Kasus Di Bangkalan, Madura)


Politik Kultural Kh. Abdurrahman Wahid Dalam Demokratisasi


Dari beberapa pola di atas, kita sanggup identifikasi bahwa beberapa judul penelitian masuk dalam ruang lingkup studi antropologi, beberapa yang lain sastra. Ada pula bidang soiologi, politik, dan agama. Kesemuanya merupakan contoh-contoh judul penelitian kualitatif di bidang ilmu sosial.


Baca juga: Paradigma Penelitian Sosial







Penelitian kualitatif secara tipikal biasanya menerapkan metode wawancara, observasi atau analisis wacana sebagai instrumen pengumpulan data. Fokus penelitian kualitatif pada umumnya mengeksplorasi secara mendalam “makna” di balik suatu insiden atau fenomena. Proses pengungkapan ”makna” tersebut tak hanya memerlukan data-data empiris, melainkan juga abstraksi teoritis yang dilakukan oleh peneliti.


Konsekuensinya, judul penelitian kualitatif sering kali merupakan produk refleksi penulis atau peneliti yang mendalam. Dengan demikian dibutuhkan renungan yang tak sebentar dalam mengkreasi judul penelitian kualitatif yang simpel, unik, dan substantif.


Baca juga: Cara Membuat Judul Skripsi yang Simpel dan Fancy



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Contoh Judul Penelitian Kualitatif"

Posting Komentar