E-Book: Ringan Dan Praktis

Cover Buku Panduan Lengkap E-Book Karya D. Haris

A.  Identitas Buku

Judul Buku             : Panduan Lengkap E-Book
Penulis                    : D. Haris
Tahun Terbit           : 2011
Penerbit                  : Cakrawala
Kota Terbit             : Yogyakarta
Tebal Buku             : 136 Halaman

B.  Ringkasan Isi Buku

E-book atau electronic book, dalam bahasa Indonesia menjadi buku-e (singkatan dari buku elektronik) atau buku digital yaitu versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang sanggup berisikan teks atau gambar, maka buku-e berisikan isu digital yang juga daoat berwujud teks dan gambar.

Menurut Wikipedia, e-book (atau disebut juga e-book, ebook, buku digital) yaitu kumpulan teks dan gambar yang berbentuk digital yang dipublikasikan dan dibaca pada komputer atau alat pembaca digital lainnya. Sedangkan, berdasarkan The Oxford Dictionary of English, e-book yaitu versi elektronik dari sebuah buku cetak, tetapi e-book sanggup eksis tanpa di-orint out, dan e-book biasanya dibaca pada alat khusus yang disebut e-book reader, PC dan sebagaian telepon seluler sanggup juga dipakai untuk membaca e-book.

Kepopuleran e-book tidak terlepas dari kemunculan aneka e-book reader yang dimulai semenjak tahun 2003, dengan perintisnya Sony Librie dengan sampul kulit ala buku. Akan tetapi, layarnya masug monokrom dan hingga dikala ini produk Sony tersebut dikenal dengan nama Sony Reader. Selain itu, software pembaca e-book yang lainnya, seperti: Adobe Acrobat Reader, MS Reader, Mobipocket Reader, dab Calibre.

Sebagai sebuah produk teknologi, tentunya e-book memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut akan diuraikan kelebihan dan kekurangan e-book:

Kelebihan
Kekurangan
Ukuran fisik kecil sehingga gampang untuk disimpan dan tidak mengambil banyak daerah (ruangan yang besar)
Harus gampang digunakan, e-book dipakai oleh orang dari banyak sekali latar belakang pendidikan dan kultur, oleh alasannya yaitu itu sistem e-book harus gampang digunakan.
Mudah dibawa, alasannya yaitu penyimpanan e-book sanggup berupa cakram DVD, USB, dan media lainnya.
Harus portable, e-book sebaiknya sanggup dipakai oleh semua alat pembaca, sperti komputer, Personal Digital Assistant (PDA), contohnya Palm, dan sebagainya.
Tidak lapuk menyerupai halnya buku biasa, alasannya yaitu format digital dari e-book sanggup bertahan sepanjang masa dengan kualitas yang tidak berubah.
Format e-book harus standar, alasannya yaitu ketika tidak ada standar maka akan menyulitkan pembaca yang harus memakai standar berbeda-beda, dan ini juga berarti harus membeli e-book reader yang berbeda pula.
Gampang diproses, isi e-book sanggup dilacak atau dijelajahi dengan gampang dan cepat.
Harga harus terjangkau, meskipun harga e-book lebih murah dibandingkan dengan buku, akan tetapi harga perangkat pembaca e-book masih mahal.
Dapat dibaca oleh orang yang tidak mampu/tidak bisa membaca. Hal ini alasannya yaitu format e-book sanggup diproses oleh komputer, isi e-book sanggup dibacakan oleh sebuah komputer dengan memakai text to speecg syntheizer.
Mempunyai baterai yang tahan usang dan tidak bergantung pada listrik. Perangkat pembaca e-book harus memakai baterai supaya bisa dibawa ke mana-mana.
Mudah digandakan. Untuk penggandaan ribuan e-book sangat mudah, murah, dan cepat.
Harus tahan banting, jikalau buku konvensional sanggup dimasukkan ke dalam tas dan dibawa ke mana-mana tanpa ketakutan akan rusak yang berlebihan, akan tetapi perangkat pembaca e-book masih sensitif.
Mudah dalam pendistribusian. Pendistribusian sanggup memakai media menyerupai interner sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama.
Ramah terhadap mata pembaca. Saat ini teknologi layar kmputer nasih menciptakan mata orang lelah jikalau membaca untuk jangka waktu yang lama.
Interaktif, e-book bisa memberikan isu yang interaktif kepada pembacanya alasannya yaitu sanggup ditampilkan ilustrasi multimedia.
Hak cipta, e-book yang dikemas dalam format digital sangat gampang untuk diduplikasi (copy) tanpa merusak sumbernya, yang mana memiliki kualitas yang sama dengan aslinya.
Kecepatan publikasi, dibandingakn dengan buku yang rata-rata memerlukan waktu 1-3 bulan, publikasi e-book hanya memerlukan waktu beberapa jam saja.

Ragam e-reader. Banyak sekali e-book reader yang tersedia di pasaran, baik melalui PC, gadget e-reader, dan lainnya.

Mendukung penghijauan, dengan e-book bisa meminimalisir penebangan pohon, alasannya yaitu dengan e-book tidak lagi memerlukan materi kertas.


E-book sanggup dibentuk dengan gampang dan gratis dengan memakai freeware yang banyak bertebaran di dunia internet. Adapun untuk sanggup menciptakan sebuah e-book, hanya diharapkan 3 langkah singkat yaitu:

1.      Menyiapkan materi tulisan
Banyak sekali materi goresan pena yang sanggup kita olah menjadi sebuah e-book. Misalnya kumpulan cerpen, puisi, artikel, tutorial, ide, gagasan, atau yang lainnya yang dianggap bisa menjadi materi dalam pembuatan e-book. Untuk menyiapkan materi tulisan, bisa disiapkan melalui jadwal pengelolaan kata menyerupai Notepad, Wordpad, atau MS Word (Word Processor)

2.      Produksi

a.       Software
Setelah materi goresan pena ada, isi dari goresan pena tesebut sanggup diolah menjadi sebuah e-book dengan memakai program. Dari yang paling simple dengan format .pdf, .lit, .epub, .prc yang memakai software yang bersifat freeware dan legal dipakai secara resmi.

b.      Cover e-book
Untuk mempercantik tampilan e-book ataupun untuk promosi e-book, kita bisa mempersiapkan cover e-book layaknya cover buku yang ada di toko buku, cover e-book haruslah dibentuk semenarik mungkin. Untuk menciptakan cover e-book bisa dilakukan secara online melalui situs http://ezinefire.com/cover atau dilakukan secara offline dengan memakai software 3D Box Shot Maker (bisa diunduh di http://www.bosseye.com/boxshotindex.htm.

3.      Menjual dan promosi
Jika tujuan menciptakan e-book yaitu sebagai penghasilan tambahan, maka perlu adanya suatu promosi penjualan beserta cara-caranya, ke situs-situs penjualan e-book, seperti: www.ebook.com dan www.ebookmall.com. Sedangkan, jikalau bukan untuk dijual, hanya sebagai sarana sharing dan aktualisasi diri maka hanya perlu mempromosikan diri kepada rekan kita, sehingga wangsit kita sanggup tertuang dalam e-book tersebut sanggup tersampaikan.

Berikut beberapa situs d0wnl0ad e-book gratis:

     http://www.ekstragratis.blogspot.com

Sumber http://blogeulum.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "E-Book: Ringan Dan Praktis"

Posting Komentar