Contoh Tawaran Penelitian

Contoh anjuran penelitian yang akan ditampilkan di sini diambil dari anjuran penelitian ihwal ”Kesiapan Usaha Kecil Menengah dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Lokasi penelitiannya berada di saah satu provinsi di Indonesia.


Sebenarnya tema penelitian tidak terlalu penting untuk ditonjolkan alasannya yaitu yang akan dibahas di sini yaitu proposalnya. Contoh anjuran penelitian dengan tema tersebut dapat dijadikan panduan dalam menyusun anjuran riset lain yang berkaitan, termasuk riset skripsi, tesis, dan disertasi.


Baca juga: Contoh Judul Proposal







Saya akan menampilkan pola anjuran penelitian dengan tema di atas pada potongan struktur penulisan saja, yang tertulis dalam daftar isi. Struktur penulisan anjuran penelitian dapat dijadikan sebagai standar panduan bagaimana menyusun anjuran riset yang baik dan benar.


Sebelum melangkah lebih jauh, perlu saya ulas sekilas ihwal apa itu anjuran penelitian dan mengapa perlu menciptakan anjuran penelitian.


Apa itu anjuran penelitian?


Proposal penelitian merupakan rancangan penelitian yang menjelaskan ihwal apa, mengapa dan bagaimana penelitian akan dilakukan. Proposal penelitian bergotong-royong merupakan istilah yang cakupannya luas. Untuk memahaminya, kita perlu pergi ke wilayah yang lebih spesifik dengan menjawab pertanyaan: ”penelitian apa?”.


Proposal penelitian skripsi tentu beda dengan anjuran penelitian untuk buka usaha. Namun demikian, standar umum anjuran penelitian dapat dengan gampang diidentifikasi. Identifikasi anjuran penelitian dapat dilakukan melalui pemerikasaan struktur kepenulisannya. Postingan ini akan mengulas hal tersebut.


Baca juga Rancangan Penelitian: Pengertian dan Contohnya






Mengapa perlu menulis proposal?


Sudah disinggung di awal bahwa anjuran akan memberi tahu pihak lain ihwal apa, mengapa dan bagaimana penelitian dilakukan. Riset merupakan perjuangan sistematis dalam mengungkap atau menjelaskan suatu permasalahan. Penulisan anjuran merupakan langkah awal bagaimana perjuangan sistematis tersebut dilakukan.


Dalam penelitian skripsi, penulisan anjuran menjadi langkah awal sebelum penelitian yang bergotong-royong dilakukan. Pembimbing atau penguji anjuran dapat menilai apakah mahasiswa sudah siap melaksanakan penelitian dengan cara menilai anjuran skripsinya.


Dalam fungsi penelitian lain pada umumnya, anjuran penelitian akan memilih apakah stakeholder atau funding menyetujui atau menolak dilakukannya riset. Oleh alasannya yaitu itu, penulisan anjuran penelitian dapat dianggap sebagai potongan penting dari proses penelitian itu sendiri.


Penjelasan pada postingan ini akan diawali dengan pola tampilan struktural anjuran penelitian yang umum atau standar. Penggunaan pola anjuran penelitian yang standar dilakukan supaya pembaca dapat mengacu kalau sedang menyusun anjuran penelitian yang bermacam-macam jenisnya. Selanjutnya saya akan mengulas pola struktur anjuran tersebut secara ringkas.


Contoh anjuran penelitian


Berikut ini yaitu pola anjuran penelitian dengan tema ibarat yang sudah disebutkan di atas:


Contoh anjuran penelitian yang akan ditampilkan di sini diambil dari anjuran penelitian  Contoh Proposal Penelitian


Contoh anjuran yang daftar isinya ditampilkan di sini sangat relevan dibaca oleh banyak sekali pihak, termasuk calon funding. Dari pola di atas, kita temukan bahwa struktur anjuran penelitian bergotong-royong cukup sederhana.


Proposal penelitian terdiri dari tiga bab, yaitu pendahuluan, tinjauan pustaka, dan metodologi. Bagian lain ibarat halaman judul dan daftar pustaka agaknya tak perlu diulas di sini alasannya yaitu diasumsikan bahwa pembaca sudah tau.


Baca juga Kerangka Makalah: Contoh dan Penjelasannya







Bagian lampiran bergotong-royong opsional. Namun apabila anjuran penelitian yang dibentuk ditujukan kepada calon investor atau funding maka rancangan anggaran biaya dan CV peneliti sebaiknya dilampirkan.


Ulasan pola proposal


Berikutnya saya akan mengulas tiap potongan dan sub potongan pola anjuran di atas


♣ Pada potongan I potongan latar belakang, peneliti perlu mengulas ihwal apa dan mengapa penelitian tersebut perlu dilakukan


Di potongan rumusan masalah, peneliti menuliskan pertanyaan penelitian yang akan dijawab.


Di potongan tujuan penelitian, peneliti mendeskripsikan ihwal apa yang ingin dicapai melalui penelitiannya.


Di potongan output penelitian, peneliti menjelaskan ihwal keluaran penelitian dan manfaat yang hendak diperoleh sehabis dilakukannya penelitian tersebut.




♣ Pada potongan II ihwal tinjauan pustaka, penyusun anjuran mereview beberapa literatur yang terkait dengan tema penelitiannya. Review literatur tersebut dikategorisasikan ke dalam dua bagian.


Pertama, peneliti mendiskusikan ihwal tugas UKM dalam perekonomian. Sub potongan ini menjelaskan ihwal bagaimana studi-studi yang pernah dilakukan terdahulu menjelaskan ihwal tugas UKM dalam perekonomian.


Kedua, peneliti membahas ihwal penguatan tugas UKM di masa komunitas ASEAN. Secara implisit kita dapat tangkap adanya upaya peneliti untuk memberikan ihwal pentingnya penguatan UKM ketika itu. Riset yang akan dilakukan dapat jadi potongan dalam rangka mengetahui apakah UKM sudah berpengaruh atau sejauh mana penguatan diperlukan.




♣ Pada potongan III ihwal metodologi, peneliti mengulas secara detail bagaimana riset dilakukan, pendekatan apa yang akan digunakan, metode apa yang akan diaplikasikan, bagaimana data akan dikumpulkan dan diolah, dan sebagainya.


Metode analisis dan pengumpulan data selalu menjadi potongan dari potongan metodologi. Saya pernah menulis ihwal Metode Penelitian sebelumnya kalau pembaca berminat membacanya.


Tahapan penelitian merupakan citra ihwal bagaimana proses penelitian akan berlangsung. Peneliti dapat menampilkan ihwal timeline semenjak anjuran di buat hingga rencana bagaimana hasil riset dipublikasikan.






Perlu diketahui di sini bahwa anjuran penelitian merupakan rancangan dan rencana penelitian. Penelitian itu sendiri belum dilakukan sehingga isu yang berada di anjuran selalu terbatas hingga pada metodologi. Selanjutnya, stuktur pola anjuran penelitian di atas dapat dijadikan sebagai panduan dalam menyusun anjuran penelitian pembaca sendiri.


Baca juga Desain Penelitian: Pengertian dan Contohnya



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Contoh Tawaran Penelitian"

Posting Komentar