Cara Menghitung Persen Dengan Cepat, Disertai Rumus Dan Pola Soal

Cara Cepat Menghitung Persen, Disertai Rumus dan Contoh Soal Lengkap - Bentuk persen dipelajari dalam Ilmu Matematika. Matematika mempelajari banyak sekali bidang ilmu yang termasuk di dalamnya yakni operasi hitung. Operasi hitung dalam bentuk persen memilki banyak sekali macam metode gampang yang bisa digunakan. Itu semua dipelajari dalam Ilmu Matematika. Cara menghitung persen yang gampang bisa menjadi tumpuan bagi Anda para pengajar atau pun penerima didik.

Berbagai macam pola soal yang gampang dalam penghitungan persen bisa memudahkan Anda dalam mencar ilmu Matematika. Terlebih lagi, pelajaran mengenai persentase ketika kini ini sudah mulai diajarkan mulai dari Tingkat Dasar.

Materi perhitungan mengenai persentase nyatanya sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu saja, Matematika memang merupakan suatu jenis ilmu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Materi-materi wacana perhitungan persentase pada umumnya dipakai dalam suatu bentuk perjuangan jual beli dan beberapa macam hal lainnya.


Cara Menghitung Persen Menggunakan Rumus

 Bentuk persen dipelajari dalam Ilmu Matematika Cara Menghitung Persen Dengan Cepat, Disertai Rumus dan Contoh Soal

Cara menghitung persen dengan lebih gampang yakni dengan memakai rumus. Ada banyak sekali macam rumus gampang yang dipakai dalam penghitungan persen. Berikut cara penghitungan persen yang mudah:


Rumus Penghitungan persen


Persentase (%) = (bagian/seluruh) x 100

Dengan memakai rumus di atas, maka cara penghitungan Matematika akan menjadi lebih mudah. Anda bisa mengubah bentuk persen menjadi suatu pecahan tertentu atau pun sebaliknya. Anda juga bisa mengubah bentuk desimal, bentuk pecahan campuran, dan bentuk lain yang memungkinkan menjadi bentuk persen.

Untuk menghitung pecahan yang akan menjadi persentase, Anda harus mengalikan rasio atau pecahannya dengan angka 100. Dengan demikian, nantinya hasil yang akan didapatkan yakni bentuk persentase. Rumus yang dipakai untuk menghitung pecahan menjadi suatu nilai persentase pun sama saja. Contohnya saja 40% dari 400 = 40/100x400 = 160

Untuk lebih memudahkan cara menghitung persen, Anda sanggup menyimaknya dalam beberapa pola gampang berikut ini!

Contoh Soal Menghitung Persen


Contoh soal 1: Suatu botol berisi air sebanyak 400 ml. Kemudian, ayah menambahkannya dengan 40 ml air. Berapa persenkah kenaikan volume air sehabis ditambahkan oleh Ayah?

Jawab:
Berdasarkan rumus yang telah disampaikan di atas, bab di sini yakni 40 ml yang ditambahkan ke dalam 400 ml air.
Persentase kenaikan volume air yakni sebagai berikut:

(40 ml/ 400 ml)x 100 % = 10%
Jadi, kenaikan volume air sehabis ditambahkan oleh Ayah yakni 10%

Contoh soal 2: Ibu membeli baju di Swalayan. Harga baju tersebut yakni Rp 80.000. Ibu mendapat potongan harga sebanyak 10%. Dengan demikian, berapa rupiah harga yang harus ibu bayarkan?

Jawab:
Cara Pertama
Nilai Persen = (10/ 100) x 80.000 = 8000
Jadi, jumlah uang yang harus dibayarkan ibu yakni Rp 80.000-Rp 8.000 = Rp 72.000

Cara Kedua
Nilai Persen = 10 x 80.000/100 = 8.000
Jadi, harga baju yang harus dibayarkan oleh ibu yakni Rp 80.000 – Rp 8.000 = Rp 72.000

Jika anda sudah mengetahui suatu nilai dari pecahan tertentu, maka Anda pun bisa mencari tahu Rp 8.000 itu berapa persen dari Rp 80.000
Caranya yakni sebagai berikut:
8.000/80.000x100 = 10%

Ternyata cukup gampang bukan untuk menghitung soal persen? Apakah Anda masih ingin memperhatikan bentuk pola soal yang lainnya? Tentu saja, inilah beberapa soal dalam bentuk persen yang lainnya untuk Anda!

Contoh Soal Menghitung Persentase Lainnya


1. Contoh Soal Menghitung Persentase

Untuk menjalankan usahanya, Reno melaksanakan pertolongan di Bank. Reno meminjam uang di Bank dalam jumlah Rp 130.000.000,-. Angsuran pertama yang dibayarkan Reno yakni Rp 4.730.000,-. Reno berencana untuk melaksanakan angsuran selama 47 kali. Berapa persen angsuran yang harus dibayarkan oleh Reno dalam setiap bulannya?

Jawab:
Pinjaman Reno = Rp 130.000.000
Angsuran yang harus dibayar yakni = Rp 4.730.000 x 47 = Rp 222.310.000
Persentase angsuran yang harus dibayarkan = 130.000.000  222.310.000 x 100
Persentase angsuran menjadi 58.47 %

Cara lainnya yakni sebagai berikut:
Pinjaman Reno yakni 130.000.000 / 47 kali angsuran = 2.765.957
Angsuran yang dibayarkan per bulan yakni Rp 4.730.000
Maka Persentase yang harus dibayarkan adalah
/ 4.730.000 x 100
Maka hasil persentase yang didapatkan yakni 58.47 %

2. Contoh Soal Menghitung Persentase

Ada 10 buah apel di atas meja. Bila Uji mengambil 2 apel di atas meja, berapa persenkah jumlah Apel yang tersisa?

Jawab:
Jumlah seluruh buah apel yakni = 10
Jumlah buah apel yang diambil yakni = 2
Sisa buah apel yang ada di atas meja yakni = 8
Persentase sisa apel yang ada di atas meja yakni = (8/10)x100% = 80%
Jadi, sisa buah apel yang ada di atas meja yakni 80%

Pertanyaan nomor 2 tersebut bisa saja di ubah dalam bentuk pertanyaan lainnya. Jenis pertanyaan lain yang sering diajukan yakni berapa persen jumlah apel yang diambil oleh Uji? Cara mengerjakannya pun sama mudahnya dengan cara mengerjakan pertanyaan di atas

Persentase buah apel yang diambil oleh Uji yakni = (2/10)x 100% = 20%

Jadi, Uji telah mengambil 20% bab apel dari atas meja. Atau, Anda bisa saja pribadi mengurangkan 100%-20% = 80%.

Ternyata cukup gampang dan tidak seribet yang Anda bayangkan bukan?

 Bentuk persen dipelajari dalam Ilmu Matematika Cara Menghitung Persen Dengan Cepat, Disertai Rumus dan Contoh Soal


Cara menghitung persen yang masuk dalam Ilmu Matematika ini seringkali dikaitkan dalam hal perdagangan dan masih banyak lagi hal lainnya. Contohnya saja, untuk menghitung suatu diskon dari suatu barang dan untuk menghitung persentase pertolongan dari bank menyerupai yang telah disebutkan dalam pola di atas.

Pada dasarnya, menghitung persen bisa Anda lakukan secara manual ataupun memakai kalkulator. Contoh-contoh di atas yakni pola penghitungan persen memakai manual. Jadi, tanpa memakai kalkulator pun sangatlah gampang dalam menghitung persen. Tidak mungkin bukan menghitung persen memakai kalkulator ketika Anda sedang ujian?

Oleh alasannya yakni itu, sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menghitung persen secara manual. Hal yang sangat penting untuk diketahui dan diingat kalau menghitung dalam bentuk persen yakni mengetahui wacana jumlah keseluruhan dari suatu benda yang akan dihitung dan berapa jumlah bab yang akan dijadikan sebagai persentase dari keseluruhan barang.

Belajar Matematika itu sangatlah mudah. Mengapa demikian? Mudahnya mencar ilmu Matematika yakni alasannya yakni mencar ilmu ilmu ini yakni dengan memakai logika dan bilangan. Bila terdapat banyak sekali macam kesulitan ketika mempelajari ilmu Matematika, Anda bisa memperbanyak latihan dan terus mencar ilmu untuk lebih mudah. Kunci mencar ilmu Matematika dengan lebih gampang yakni terus mencar ilmu dan terus berlatih mengerjakan soal.

Bila terdapat banyak sekali macam kesulitan dalam cara menghitung persen, terdapat banyak sumber dari para hebat dan guru yang sangat bisa dipercaya. Jadi, menghitung persen itu gampang dan tidak perlu dibentuk sulit. Yang menciptakan sulit mencar ilmu Matematika yakni adanya sugesti bahwa Matematika itu sulit.

Jika Anda sudah beropini bahwa Matematika itu mudah, maka mencar ilmu Matematika pun niscaya akan lebih mudah. Termasuk di dalamnya mencar ilmu cara menghitung persen. Ayo terus asah kemampuan Anda dalam menghitung persen. Semoga artikel ini bermanfaat.


Sumber http://1rumusmatematika.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menghitung Persen Dengan Cepat, Disertai Rumus Dan Pola Soal"

Posting Komentar