Cara Menciptakan Judul Skripsi Yang Praktis Dan Fancy

Cara menciptakan judul skripsi yang mudah dan fancy berdasarkan saya ibarat menciptakan karya seni. Penulis skripsi harus banyak berimprovisasi dan berimajinasi. Judul setiap karya tulis merupakan salah satu elemen terpenting dari karya tulis tersebut. Sedemikian pentingnya maka judul tidak sanggup dianggap remeh dan harus serius dipikirkan.


Postingan ini akan membahas ihwal cara menciptakan judul skripsi yang simple dan fancy. Simpel artinya judul skripsi singkat dan representatif. Fancy artinya terlihat keren dan eye-cathing.  Tentu saja skripsi merupakan karya akademik dimana substansi selalu lebih penting ketimbang permukaan. Namun demikian, judul merupakan potongan penting dari skripsi itu sendiri sehingga judul yang keren sanggup menjadi nilai tambah substansi suatu karya tulis.


Baca juga Rancangan Penelitian: Contoh & Penjelasannya







Penjelasan ihwal cara menciptakan judul skripsi di blog ini akan dibagi menjadi dua bagian. Pertama saya akan memberikal beberapa poin penting yang harus diperhatikan pembaca. Kedua, saya akan menawarkan beberapa referensi judul karya tulis yang pernah dipublikasi sebelumnya. Judul tersebut sanggup disesuaikan menjadi judul skripsi.


Namun pembaca dihimbau untuk memakai referensi judul yang akan dipaparkan di sini sebagai ide saja, tidak mengcopy-paste alasannya yaitu judul-judul tersebut sudah pernah dipublikasikan. Penggunaan referensi judul yang akan dipaparkan di potongan final postingan hanya dipakai sebagai materi anutan saja khususnya ihwal cara menciptakan judul skripsi yang mudah dan fancy.


Baca juga Kerangka Makalah: Contoh dan Penjelasannya






Beberapa poin penting ihwal cara menciptakan judul skripsi


Pertama, perhatikan topik penelitian skripsi yang dibahas. Pembaca sanggup memakai topik sebagai judul. Sebagai contoh, topik penelitiannya yaitu ihwal ”Meme Politik”. Maka judul penelitiannya sanggup sebagai berikut: ”Meme Politik: Kritik Sosial di Era Digital”. Penggunaan topik sebagai judul memberi kelebihan, yaitu judul secara otomatis merepresentasikan tema penelitian.


Cara menciptakan judul skripsi yang mudah dan fancy berdasarkan saya ibarat menciptakan karya seni Cara Membuat Judul Skripsi yang Simpel dan Fancy


Kedua, perhatikan rumusan problem penelitian skripsi yang diangkat. Pembaca sanggup menerima ide judul sesudah membaca dan merenungi rumusan masalahnya. Misalnya, terkait poin pertama, rumusan masalahnya yaitu sebagai berikut: ”Bagaimana media digital sanggup berperan sebagai ruang kritik sosial?”. Istilah kritik sosial sanggup dimasukkan ke dalam judul.


Ketiga, buat judul-judulan dari awal dan corat-coret judul sebelum dokumen skripsi di-submit ke jurusan atau departemen terkait. Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, menbuat judul skripsi ibarat menciptakan karya seni. Upayakan jangan takut bereksperimen meskipun memakan waktu berhari-hari. Beberapa mahasiswa tidak mau ambil pusing dengan judul sehingga menentukan judul yang formal biar secara akademik tidak bermasalah. Judul formal memang umum dipakai tapi biasanya tidak mudah dan fancy. Contoh judul skripsi yang formal, contohnya ”Kinerja Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi”.







Ketiga poin di atas sanggup menjadi pegangan bagi pembaca yang sedang resah memberi judul skripsinya apa. Sebagian orang menulis judul skripsi di final menjelang selesainya laporan penelitian. Sebagian yang lain di awal. Saya sendiri lebih suka di awal dan menimbulkan judul penelitian sebagai tema penelitian. Misalnya, ibarat referensi di atas, tema penelitian saya yaitu ”meme politik”. Maka istilah meme politik akan saya jadikan judul bahkan semenjak di ajuan penelitian.


Revisi judul sangat mungkin terjadi pada akhirnya. Terutama apabila riset yang dilakukan belok dari rencana awal. Misalnya, pada awalnya saya mengambil topik meme politik. Dalam perjalanan penelitian saya, informasi ihwal konten hoax lebih menarik dan banyak ditemukan di lapangan. Akhirnya saya ganti tema sehingga otomatis akan mengganti judulnya pula menjadi ”Produksi Hoax di Media Sosial: Studi Kasus Saracen”, misalnya. Ganti judul belum tentu ganti tema, tetapi ganti tema hampir niscaya ganti judul.


Jika tema atau topik peneltian tetap fokus pada meme politik, maka penggantian judul menjadi revisi minor. Pembaca sanggup memuat judul gres yang tak jauh beda, misalnya: ”Meme Politik: Satir dan Demokrasi di Ruang Virtual”.


Baca juga: Contoh Proposal Penelitian






Contoh judul skripsi


Sebagai ide bagi pembaca yang sedang resah menciptakan judul, beberapa referensi di bawah ini sanggup dipakai sebagai materi refleksi bagaimana  merangkai kata-kata dan istilah yang terdengar mudah dan fancy untuk judul skripsi. Demikian cara menciptakan judul skripsi berdasarkan saya. Selamat berkreasi!


Identitas Kultural Masyarakat Diaspora Jawa-suriname Di Belanda


Artikulasi Nasionalisme Dalam Game Online Erepublik


Internet Meme: Memarodikan Peringatan Kesehatan Bergambar Pada Bungkus Rokok (studi Semiotika Meme Dalam Budaya Digital)


Konstruksi Budaya Kuliner Dalam Tayangan Master Chef Indonesia


Menyingkap Kuasa Budaya: Mengakarnya Dominasi Nahdlatul Ulama Dalam Demokratisasi Di Banyuwangi


Baca juga: Contoh Judul Proposal Penelitian



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Judul Skripsi Yang Praktis Dan Fancy"

Posting Komentar