Berapa Usang Umur Kampas Kopling Kendaraan Beroda Empat ?

Bagi para pemilik kendaraan beroda empat bertransmisi manual, mungkin saja masih ada yang bertanya-tanya ihwal berapa umur kampas kopling kendaraan beroda empat yang dapat digunakan. Hal ini tentu masuk akal saja, pasalnya di dalam buku panduan perawatan kendaraan memang tidak dijelaskan secara niscaya kapan kampas kopling harus diganti dan berapa umur kampas kopling kendaraan beroda empat masih layak untuk digunakan.

Ya, memang tidak ada patokan niscaya terkait umur kampas kopling yang dapat dipakai alasannya menyangkut banyak hal. Namun, menurut pengalaman yang ombro ketahui, umur kampas kopling kendaraan beroda empat ini dapat bertahan hingga 4 -5 tahun atau kalau di hitung dengan kilometer berada diangka 80.000 hingga 100.000 kilometer, tentunya dengan catatan : baik dalam penggunaannya.

Bagi para pemilik kendaraan beroda empat bertransmisi manual Berapa usang umur kampas kopling kendaraan beroda empat ?

Untuk mencapai umur kampas kopling menyerupai yang sudah ombro sebutkan diatas memang diharapkan perhatian lebih terhadap perawatan dan penggunaan kopling mobilnya, mulai dari perawatan, cara pakai kendaraan, dan lain-lain . Semua kondisi tersebut sangat menghipnotis umur kampas kopling mobil.

Berikut beberapa kondisi yang dapat menciptakan umur kopling kendaraan beroda empat lebih panjang
  1. Penggunaan kopling kendaraan beroda empat dilakukan secara normal dan wajar, tidak terburu-buru melepas pedal kopling ketika rpm tinggi, dan memakai posisi gigi yang sempurna terhadap kondisi kecepatan dan jalan.
  2. Rutin melaksanakan perawatan terhadap komponen hidrolik kopling untuk mencegah kopling keras akhir adanya lumpur di dalam master kopling.
  3. Lebih banyak melaju di jalan yang landai dengan permukaan keras menyerupai aspal atau beton.
  4. Tidak membawa beban muatan yang melebihi batas maksimal yang dianjurkan oleh pihak pabrikan

Jika penggunaan kopling kendaraan beroda empat melebihi hal-hal yang ada menyerupai pada referensi diatas, maka umur kopling kendaraan beroda empat dapat menjadi sangat pendek dan cepat habis. Seperti pada referensi yang pernah ombro ketahui, ada kendaraan beroda empat yang gres di ganti koplingnya, namun seminggu kemudian sudah habis kembali kampas koplingnya.

Setelah di cek dan diselidiki ternyata kendaraan beroda empat tersebut dipakai untuk membawa muatan yang melebihi kapasitas angkutnya. Selain itu, kendaraan beroda empat tersebut juga terjebak di jalan off road yang berlumpur sambil membawa muatan yang berlebih tadi. Alhasil, kampas kopling kendaraan beroda empat tersebut habis sehingga kendaraan beroda empat menjadi mogok.

Ini artinya, umur kampas kopling kendaraan beroda empat sangat tergantung dari banyak hal menyerupai yang sudah ombro sebutkan diatas. Namun begitu, ada beberapa hal yang dapat dipakai untuk mengetahui bahwa umur kampas kopling sudah mau habis.

Berikut ciri-ciri kampas kopling kendaraan beroda empat mulai habis :
  1. Menurunnya kecepatan akselerasi mobil
  2. Putaran RPM mesin menjadi lebih tinggi ketika jalan normal
  3. Mobil terasa lebih sulit untuk menanjak
  4. Muncul amis gosong menyerupai terbakar
  5. Saat pindah gigi terasa keras
  6. Jarak injak pedal kopling menjadi lebih pendek

Untuk klarifikasi lebih dalam terkait ciri-ciri kampas kopling kendaraan beroda empat habis ini, teman dapat membacanya pada artikel ciri-ciri kampas kopling kendaraan beroda empat habis yang sudah pernah ombro terbitkan beberapa waktu lalu. Dalam artikel tesebut juga dijelaskan bagaimana cara mengecek kopling kendaraan beroda empat secara mudah.

Baca juga :
  1. Penyebab kampas kopling cepat habis
  2. Komponen kampas kopling kendaraan beroda empat dan fungsinya
  3. Setelan kopling kendaraan beroda empat yang benar

Jika ciri-ciri kampas kopling kendaraan beroda empat habis sudah muncul, ini membuktikan bahwa umur kampas kopling kendaraan beroda empat teman sudah waktunya diganti, namun ada baiknya periksakan terlebih dahulu untuk memastikan tanda-tanda yang muncul tersebut.

Demikianlah artikel berapa umur kampas kopling kendaraan beroda empat yang layak dipakai ini dapat ombro sampaikan, agar dapat bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil
Sumber http://bacabrosur.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Berapa Usang Umur Kampas Kopling Kendaraan Beroda Empat ?"

Posting Komentar