Astronom Temukan Galaksi Radio Raksasa Yang Sedang Sekarat

Citra galaksi J021659-044920. Lobus merah dan kuning adalah lobus radio nya. Sementara titik merah di tengah adalah galaksi yang terlihat dalam cahaya tampak.

AstroNesia Para astronom di India berhasil menemukan sebuah galaksi yang sangat tidak biasa dan  sekarat atau mungkin saja galaksi itu sudah mati.

Galaksi gres ini dikenal sebagai J021659-044920, berjarak 9 miliar tahun cahaya dari Bumi. Itu berarti galaksi ini benar-benar tua dalam hal kosmik (tapi tidak setua objek astronom tertua yang pernah ditemukan, sebuah galaksi berjarak 13,1 miliar tahun cahaya jauhnya yang disebut EGS-zs8-1).



Jika dilihat dalam spektrum cahaya tampak, J021659-044920 membentang sekitar 100.000 tahun cahaya dari satu ujung ke ujung lainnya. Tapi galaksi ini jauh lebih luas dibanding apa yang kita lihat.

Ketika Prathamesh Tamhane, seorang mahasiswa di  Indian Institute of Science Education and Research dan rekan-rekannya melihat J021659-044920 dalam spektrum radio, mereka melihat lobus emisi radio raksasa, membentang 4 juta tahun cahaya dari ujung ke ujung. J021659-044920 adalah galaksi yang para astronom sebut galaksi radio raksasa, dan galaksi ini sangat langka.

Seperti kebanyakan galaksi, yang satu ini memiliki lubang hitam supermasif pada intinya. Saat gravitasi luar biasa lubang hitam menarik materi ke arahnya, materi itu bergerak membentuk spiral dan jatuh ke dalam lubang hitam. Pergerakan semua bahan ini menciptakan kekuatan elektromagnetik yang kuat, yang dapat mempercepat materi jauh ke lubang hitam dengan kecepatan hampir mencapai kecepatan cahaya. Hal ini menghasilkan jet plasma panas, meledak pergi dari lubang hitam di arah yang berlawanan, menghasilkan lobus besar emisi radio yang sanggup membentang lebih jauh dari yang terlihat pada cahaya tampak galaksi.

Galaksi Hercules A, pola galaksi radio

Para astronom menyebutnya "galaksi radio," dan galaksi yang lebih kecil, membentang kurang dari satu juta tahun cahaya, relatif umum dalam hal astronomi. Misalnya gambar di atas adalah galaksi radio Hercules A, yang ditunjukkan pada gambar cahaya tampak dari Hubble Space Telescope digabungkan dengan gambar radio dari Very Large Array di New Mexico. Tapi hanya ada beberapa galaksi radio raksasa seperti J021659-044920 dan mereka lebih jarang, terutama pada jarak yang begitu jauh. Galaksi ini juga dalam keadaan sekarat.

Ketika lubang hitam di pusat galaksi radio berhenti memproduksi jet plasma, sumber tenaga lobus radio 'akan dipotong, dan mereka perlahan-lahan akan memudar selama beberapa juta tahun ke depan.  

Tamhane dan rekan-rekannya mengamati J021659-044920 pada tahap akhir hidupnya, dengan lobus radio besar yang masih ada tapi mulai memudar. Bahkan, karena J021659-044920 begitu jauh, lobus radio ini mungkin saja sudah usang hilang tapi cahaya mereka gres sekarang mencapai Bumi.
Sumber http://astronesia.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Astronom Temukan Galaksi Radio Raksasa Yang Sedang Sekarat"

Posting Komentar