Aplikasi Teorema Pythagoras

Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan yang sebelumnya bahwa teorema pythagoras bekerjasama dengan segitiga siku-siku. Di bawah ini ialah beberapa aplikasi yang memakai teorema pythagoras dalam kehidupan sehari-hari.

Lapangan Baseball

 
Pada sebuah lapangan baseball, terdapat tiga buah base dan sebuah home plate. Jarak antara tiap base dan home plate ialah 90 feet (setara dengan 27.432 m) dan membentuk sudut siku-siku.
Menggunakan teorema pythagoras, kita sanggup memecahkan problem berikut; "Berapa jauh orang pada base ke dua untuk menciptakan pelari lawan keluar sebelum beliau memasuki home plate?".
Jawab: 
Perhatikan gambar di bawah ini.
Jika c ialah jarak dari base 2 ke home plate maka,
 

Jadi orang pada base 2 harus melempar sejauh 127 feet.

 

Tinggi sebuah gedung
Tangga ialah salah satu peralatan penting bagi ornag-orang yang bekerja di dunia konstruksi. Orang-orang di dunia konstruksi ini memakai aplikasi teorema pythagoras untuk menuntaskan masalah-masalah dalam dunia kerja mereka. Sebagai contoh:

Tinggi sebuah jendela lantai 2 pada sebuah gedung kira-kira 8 meter. Di depan gedung tersebut ada sebuah taman dengan lebar 6 m. Berapa panjang tangga minimum yang diperlukan biar kaki-kaki tangga tidak merusak taman tersebut?
Perhatikan skema di bawah ini.   

Jika panjang tangga dianggap sebagai x maka:


Maka panjang tangga minimum ialah 10 m.

Aplikasi yang lain contohnya pada:
1. Menghitung bidang miring.
2. Menghitung diagonal televisi.
3. Dll.


-Selamat belajar, Tuhan memberkati-


Sumber http://falensiocc.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Aplikasi Teorema Pythagoras"

Posting Komentar