Analisis Stabilitas Lereng Metode Irisan

rRatusan petugas adonan dibantu dengan alat berat berusaha membersihkan longsoran tanah  Analisis Stabilitas Lereng Metode Irisan

Analisis Stabilitas Lereng Metode Irisan


Belajarsipil.com – Bila tanah tidak homogen dan fatwa rembesan terjadi di dalam tanahnya memperlihatkan bentuk fatwa dan berat volume tanah yang tidak menentu, cara yang lebih cocok ialah dengan metode irisan (method of slice).














Gaya normal yang bekerja pada suatu titik di bundar longsor, terutama dipengaruhi oleh berat tanah di atas titik tersebut. Dengan metode irisan, massa tanah yang longsor dipecah-pecah menjadi beberapa irisan vertikal. Kemudian, keseimbangan dari tiap-tiap irisan diperhatikan. Gambar 2.3. Memperlihatkan satu irisan dengan gaya-gaya yang bekerja padanya. Gaya-gaya ini terdiri gaya geser dan gaya normal efektif di sepanjang sisi irisannya, dan juga resultan gaya geser efektif dan resultan gaya normal efektif yang bekerja di sepanjang dasar irisannya. Pada irisannya, tekanan air pori bekerja di kedua sisi dan dasarnya.



Metode stabilitas lereng cara Fellinius (1927) menganggap gaya-gaya yang bekerja pada sisi kanan-kiri dari sembarang irisan memiliki resultan nol pada arah tegak lurus bidang longsor. Hardiyatmo (2007) menyatakan kalau terdapat air pada lereng, tekanan air pori pada bidang longsor tidak menambah momen tanggapan tanah yang akan longsor alasannya ialah resultan gaya tanggapan tekanan air pori lewat titik sentra bundar sehingga diperoleh persamaan:








 rRatusan petugas adonan dibantu dengan alat berat berusaha membersihkan longsoran tanah  Analisis Stabilitas Lereng Metode Irisan

dengan :


c        : kohesi tanah (kN/m2)


φ       : sudut gesek dalam tanah (derajat)


ai         : panjang lengkung bundar pada irisan ke-i (m)


wi        : berat isi tanah ke- i (kN)













Sumber https://www.belajarsipil.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Analisis Stabilitas Lereng Metode Irisan"

Posting Komentar