3 Hormon Tumbuhan Paling Penting Sebagai Zat Tumbuh Tumbuhan

3 Hormon Tanaman Paling Penting Sebagai Zat Tumbuh Tumbuhan - Hormon (zat tumbuh) ialah suatu senyawa organik yang dibentuk pada suatu bab tumbuhan dan lalu diangkut ke bab lain, yang konsentrasinya rendah dan mengakibatkan suatu dampak fisiologis. Diferensiasi tumbuhan juga diatur oleh hormon (yaitu fithormon).

Dalam dunia tumbuhan dikenal hormon tumbuh menyerupai auksin, giberelin, sitokinin, asam absisi, etilen, asam traumalin, dan kalin.

1. Auksin. Hormon auksin merupakan zat tumbuh yang pertama ditemukan. Pengaruh auksin terutama pada perpanjangan atau pembesaran sel. Sifat dasar auksin yang mensugesti perpanjangan sel ini sering dipakai sebagai pengukur kecepatan pertumbuhan tanaman.

Beberapa respons pertumbuhan sanggup ditunjukkan dan dikendalikan oleh auksin. Fototropisme yang merupakan insiden pembengkokan ke arah cahaya dari kecambah yang sedang tumbuh, sanggup didasarkan oleh penyebaran auksin pada bab tersebut yang tidak merata.

2. Giberelin. Hormon Giberlin ditemukan pada Giberella fujikuroi, yaitu jenis jamur benalu pada tumbuhan padi. Hormon ini ditemukan pertama sekali di Jepang. Bila auksin hanya merangsang pembesaran sel, maka giberelin merangsang pembelahan sel. Terutama untuk merangsang pertumbuhan primer.

3. Kinin atau sitokinin. Hormon Kinin atau sitokinin menyerupai halnya auksin maka sitokinin juga memperlihatkan efek yang majemuk terhadap tanaman. Zat ini mempercepat pembelahan sel, membantu pertumbuhan tunas dan akar. Sitokinin sanggup menghambat proses proses penuaan (senescence).

Sumber http://kttsaraswati.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "3 Hormon Tumbuhan Paling Penting Sebagai Zat Tumbuh Tumbuhan"

Posting Komentar