17 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Belimbing wuluh telah usang dipakai sebagai obat tradisional 17 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan
Belimbing wuluh telah usang dipakai sebagai obat tradisional. Jika Anda tinggal di kawasan tropis, akan sangat gampang untuk menemukan tumbuhan ini.

Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) atau dikenal pula sebagai belimbing sayur merupakan buah tropis yang aslinya berasal dari Indonesia dan Malaysia. Tanaman buah yang satu ini termasuk dalam genus Averrhoa, famili Oxalidaceae. Tinggi pohonnya bisa mencapai 5-10 m. Buahnya lonjong berwarna hijau kekuningan. Tanaman ini bisa menghasilkan ratusan buah sepanjang tahun. Buahnya mengandung banyak air dan akan jatuh ke tanah saat matang. Setelah dipanen, buah belimbing wuluh memiliki umur simpan pendek, hanya 5 hari.


Belimbing wuluh mempunyai konsentrasi asam oksalat yang tinggi dan berguna untuk membersihkan dan memutihkan. Buah ini umumnya dianggap terlalu asam untuk dimakan mentah sehingga dipakai secara luas dalam gabungan sup, saus, kari dll. Di Filipina belimbing asam disebut kamias, sedangkan varietas manis disebut balimbing.


Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan


Belimbing wuluh mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari buah, daun hingga batang mudanya. Berikut manfaat belimbing wuluh yang belum pernah Anda sadari sebelumnya:


1. Mengontrol hipertensi (tekanan darah tinggi)


Belimbing wuluh telah usang dipakai sebagai obat tradisional 17 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan
Air rebusan belimbing wuluh dipercaya bisa mengobati banyak sekali macam penyakit termasuk hipertensi.

Hipertensi ialah suatu kondisi yang terkait dengan munculnya tekanan darah di arteri. Seseorang dikatakan mempunyai hipertensi ketika tekanan darahnya konsisten di atas 140/90 mmHg. Buah belimbing wuluh telah dipakai secara tradisional untuk mengendalikan hipertensi. Buah belimbing wuluh direbus dengan 3 gelas air hingga setengah airnya menguap, kemudian rebusannya bisa diminum ketika sudah suam-suam kuku. Disarankan untuk minum rebusan ini setiap pagi.


2. Mengobati diabetes


Buah belimbing wuluh diketahui bisa menurunkan kadar gula darah. Ada 2 cara untuk mengambil manfaat dari buah ini. Pertama, menciptakan buah belimbing wuluh menjadi jus dan meminumnya ibarat jus buah lainnya. Yang kedua, rebus buahnya dengan 1 gelas air hingga setengah airnya menguap. Lalu saring air rebusan tersebut dan minum 2 kali sehari.


3. Mengobati demam dan flu


Rebusan buah belimbing wuluh sudah dipakai selama berabad-abad yang kemudian untuk mengobati demam dan flu. Vitamin C yang tinggi pada buah ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.


4. Mengobati batuk


Ekstrak buah belimbing wuluh sering ditambahkan pada sirup obat batuk, lantaran imbas positifnya dalam mengurangi batuk dan pilek. Rasa asam pada buah ini juga menciptakan sirup batuk terasa lebih enak.


5. Sebagai antibiotik dan analgesik


Getah dari batang muda dan daunnya dipakai dalam pengobatan tradisional untuk mengurangi pembengkakan, rematik, panu, gatal, dan sakit akhir gigitan serangga. Batang muda dan daunnya ditumbuk dengan 3-4 siung bawang putih hingga halus. Ramuan tersebut dioleskan ke kawasan kulit yang sakit. Efeknya akan mengurangi pembengkakan dan nyeri pada rematik, juga mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh erupsi kulit dan gigitan serangga.


6. Mengobati gondong (parotitis)


Gondong (epidemi parotitis) ialah penyakit yang disebabkan oleh virus gondong. Virus ini menyerang kelenjar ludah dan menimbulkan pembengkakan pada pipi atau leher penggalan atas. Menempelkan batang muda dan daun belimbing wuluh dengan bawang putih yang telah dihaluskan sanggup memberi imbas konkret dalam mengurangi pembengkakan.


7. Mengobati alergi


Belimbing wuluh telah usang dipakai sebagai obat tradisional 17 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan
Meminum Jus buah belimbing wuluh atau daun belimbing wuluh secara teratur dipercaya bisa mengurangi alergi dan melawan obesitas.

Alergi ialah suatu kondisi yang disebabkan oleh hipersensitivitas sistem kekebalan tubuh terhadap beberapa hal tertentu di luar tubuh. Hal-hal tertentu bisa berupa makanan, obat-obatan, udara (penyebab alergi rhinitis dan asma), logam (menyebabkan dermatitis), dan sebagainya. Gejala-gejalanya mencakup mata merah, gangguan pernapasan, pilek, atau gatal pada kulit.


8. Mengobati wasir


Jus buah belimbing wuluh bisa dipakai untuk mengobati peradangan, termasuk wasir. Efek astringent pada buah ini membantu mengurangi pendarahan pada rektum.


9. Mengobati PMS (Penyakit Menular s3kual)


Di Malaysia, buah dan daun yang telah dikeringkan dipakai untuk mengobati penyakit menular secual (PMS). Beberapa buah dan daun keringnya direbus dengan 3 gelas air hingga setengah airnya menguap, kemudian rebusannya bisa diminum 2 kali sehari.


10. Sebagai tonik sehabis melahirkan


Di Asia dan Amerika Latin, daun belimbing wuluh dipakai sebagai tonik sehabis melahirkan.


Baca juga: 11 Manfaat Pisang Untuk Diet, Kesehatan, Dan Kecantikan


Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan


Belimbing wuluh telah usang dipakai sebagai obat tradisional 17 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan
Vitamin A dan C yang terdapat dalam buah belimbing wuluh bisa menciptakan kulit tampak lebih cerah, mengurangi bintik hitam dan menjaga kulit tetap kencang lantaran meningkatkan produksi kolagen, zat yang diperlukan untuk menjaga warna kulit.

Berikut manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan kulit:


11. Mengobati jerawat dan mencerahkan kulit


Asam oksalat dan vitamin A dalam buah belimbing wuluh dipercaya mampu mengurangi jerawat. Untuk menghilangkan jerawat, tumbuk halus buahnya dan aplikasikan pada wajah sebagai masker wajah. Diamkan minimal 30 menit atau hingga masker mengering, kemudian cuci muka dengan air hangat.


Lakukan setiap hari, setidaknya selama 3 hari. Anda juga bisa menambahkan buah belimbing wuluh ke dalam jus untuk menambah nutrisi dan rasa yang menyegarkan. Dengan menjadikannya masker wajah dan meminum jus belimbing wuluh secara teratur bisa menciptakan wajah terlihat lebih cerah, nampak lebih muda dan bintik hitam akan menghilang.


12. Memutihkan kulit wajah


Belimbing wuluh mengandung nutrisi yang dipercaya bisa memutihkan wajah secara alami dan efektif. Anda bisa menciptakan masker dari buahnya yang telah dihaluskan. Bisa juga dengan digosokkan secara perlahan supaya sel-sel kulit mati ikut terangkat.


13. Mencerahkan warna bibir


Kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam buah belimbing wuluh berguna menciptakan bibir terlihat lebih merona. Oleskan belimbing wuluh yang telah dibersihkan pada bibir, bisa juga ditambahkan dengan madu. Lakukan 2 kali sehari untuk bibir nampak lebih segar dan merona.


14. Mengobati obesitas


Di India, buah belimbing wuluh dipakai dalam pengobatan tradisional untuk mengendalikan obesitas. Mereka percaya bahwa buah belimbing wuluh mengandung biro anti-hiperlipidemia, sehingga bisa mencegah kenaikan berat badan.


Kegunaan Lain Belimbing Wuluh


15. Sebagai materi furniture


Batang pohon belimbing wuluh bisa tumbuh dengan cepat, terutama di kawasan tropis dengan banyak hujan. Batangnya juga bagus untuk dijadikan sebagai materi perabot rumah tangga.


16. Sebagai tumbuhan hias


Pohon belimbing wuluh sangat ideal untuk ditanam di halaman belakang dan kebun lantaran ukurannya yang sedang dan teduh. Bunganya yang berwarna ungu dan buahnya yang hijau bergerombol tergantung di setiap cabang dan batangnya, menciptakan pohon itu terlihat sangat segar. Ada baiknya mempunyai tumbuhan di rumah, lantaran bisa meningkatkan anutan oksigen di sekitarnya.


17. Sebagai pembersih dan pemutih


Asam oksalat yang tinggi pada buah belimbing wuluh sanggup membersihkan karat dan pemutih pakaian tanpa mengubah warnanya. Orang Jawa sering memakai buah segarnya untuk membersihkan keris (senjata tradisional). Untuk pemutih pakaian, cukup simpan buah segar yang telah ditumbuk di tempat pakaian kotor, tambahkan beberapa deterjen dan cuci ibarat biasa.


Catatan: Jus buah belimbing wuluh mengandung asam oksalat yang tinggi yang telah diketahui menimbulkan nekrosis tubular penyebab gagal ginjal akut. Karena itu, sebaiknya kita tidak mengkonsumsi buah ini secara berlebihan. Konsumsilah dengan cukup untuk memperoleh manfaat dari buah ini.


Itulah isu mengenai manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga isu ini bermanfaat 🙂


Tersedia bibit tumbuhan belimbing wuluh di sini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "17 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar