11 Manfaat Dan Khasiat Bunga Alamanda Untuk Kesehatan

Tanaman hias bunga alamanda tidak hanya sekedar sebagai embel-embel taman 11 Manfaat dan Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan
Tanaman hias bunga alamanda tidak hanya sekedar sebagai embel-embel taman. Faktanya, alamanda juga dijadikan sebagai flora obat bagi sebagian orang.

Alamanda merupakan tanaman hias bunga yang berasal dari Brazil dan cukup populer karena bunganya yang anggun dengan warna-warna cerah. Allamanda cathartica bahkan pernah suatu kali dijadikan sebagai simbol kecantikan. Bunganya berwarna kuning agak memanjang, tak heran kalau banyak yang menamainya dengan bunga “terompet emas” atau “lonceng kuning”.


Terdapat pula jenis alamanda lainnya seperti Alamanda Blanchetii yang berwarna ungu dan Allamanda cathartica yang berwarna putih agak krem.


Tanaman hias bunga alamanda tidak hanya sekedar sebagai embel-embel taman 11 Manfaat dan Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan
Ilustrasi buah alamanda yang biasa dipakai dalam pengobatan tradisional.

Baca juga: Manfaat Bunga Kancing Untuk Kesehatan


Manfaat dan Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan


Daun alamanda mengandung senyawa alkaloid yang berfungsi sebagai detoksifikasi dan dipakai sebagai obat herbal untuk bisul, eksim, dan kurap.  Buahnya mengandung saponin dan flavanoid, kulitnya juga mengandung tanin dan saponin. Dengan aneka macam senyawa tersebut, tidak heran kalau alamanda bisa mengobati aneka macam macam penyakit.


Yuk disimak, manfaat dan bunga alamanda untuk kesehatan berikut ini:


1. Mengobati penyakit kulit


Bagian alamanda yang dipakai untuk mengobati penyakit kulit ialah daunnya. Sifat antibakteri yang terdapat dalam flora ini dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kulit menyerupai abses, kudis, kurap dan eksim. Anda cukup membersihkan daunnya dari kotoran dan debu, kemudian tumbuk sampai halus dan oleskan pada kawasan yang terkena penyakit kulit. Lakukan dengan rutin untuk hasil maksimal.


2. Mengobati penyakit hati


Kandungan flavonoid yang tedapat pada buah alamanda merupakan senyawa aktif yang diketahui bisa mengobati penyakit hati. Selain itu, flora alamanda juga dipercaya bisa mengobati penyakit kuning.


3. Sebagai obat pencahar


Kelopak alamanda mempunyai rasa yang sedikit pedas dan pahit yang juga dipakai sebagai obat pencahar dan emetik (penyebab muntah). Alamanda cukup ampuh sebagai obat pencahar alami, rasanya sanggup menciptakan Anda memuntahkan isi dalam perut.


4. Mengobati penyaki disentri


Disentri ditandai dengan tanda-tanda kram pada perut, demam, mual dan diare yang disertai lendir dan darah. Bagi yang mengalami tanda-tanda tersebut, Anda bisa memanfaatkan belahan batang daun dari alamanda.


5. Mengobati sembelit


Alamanda juga terkenal ampuh dalam melancarkan gangguan pada pencernaan termasuk sembelit. Manfaatkanlah daun alamanda, Anda bisa menyeduhnya dan meminum air seduhan tersebut secara teratur.


6. Mengobati bengkak


Pembengkakan yang dibiarkan terus menerus sanggup memicu terbentuknya tumor ganas sampai kanker. Kandungan antibiotik yang terdapat pada bunga alamanda dipercaya bisa mengurangi pembengkakan pada limpa.


7. Mencegah radikal bebas


Buah alamanda mengandung polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Hal tersebut dipercaya bisa menetralkan radikal bebas di udara terutama polusi, asap rokok dan paparan sinar matahari langsung.


8. Membunuh bakteri


Alamanda mempunyai sifat anti kuman yang diketahui terdapat dalam bunganya. Bunga alamanda mengandung getah yang secara aktif membunuh kuman penyebab aneka macam penyakit dalam tubuh.


9. Penawar racun dalam tubuh


Bagian alamanda yang dipakai sebagai penawar racun ialah daunnya. Daun alamanda sanggup menonaktifkan racun dalam tubuh. Anda cukup memetik sekitar 15 daun alamanda yang ada di halaman rumah, kemudian basuh dengan bersih. Rebuslah selama 15 menit. Air rebusan tersebut diminum dikala pagi dan sore hari.


10. Menurunkan panas demam


Suhu badan yang meningkat secara drastis sanggup mengakibatkan demam dan disertai sakit kepala. Anda bisa merebus daun alamanda dan tunggu beberapa dikala sampai air rebusan tersebut menjadi hangat. Gunakan untuk mengompres tubuh, bisa juga dipakai uapnya untuk menguapi badan dikala demam.


11. Memperindah interior


Tanaman hias bunga alamanda tidak hanya sekedar sebagai embel-embel taman 11 Manfaat dan Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan
Bunga alamanda beserta dengan bunga lainnya yang diletakkan dalam ruangan sanggup menambah suasana seketika jadi lebih segar.

Manfaat yang terakhir dari flora alamanda yang dihentikan dilupakan ialah mempercantik dan memperindah interior. Bunganya yang anggun dan warna cerah yang dihasilkannya sangat cocok diletakkan di ruang tamu. Anda cukup memotong batangnya dan masukkan dalam vas transparan.


Nah, kalau Anda berminat menanam bunga Alamanda di rumah, kami juga menyediakan flora alamanda di sini. Selain sebagai flora hias, bisa juga sebagai flora obat.


Itulah manfat dan khasiat bunga alamanda. Semoga infromasi ini bermanfaat 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "11 Manfaat Dan Khasiat Bunga Alamanda Untuk Kesehatan"

Posting Komentar