Solidaritas Mekanik: Referensi Dan Penjelasannya

Solidaritas mekanik merupakan jenis solidaritas sosial di kurun pra-industri yang mempunyai beberapa kharakteristik yang khas. Istilah solidaritas mekanik dicetuskan oleh Emile Durkheim, salah satu pendiri ilmu sosiologi modern.


Durkheim membagi tipe solidaritas sosial menjadi dua yaitu mekanik dan organik. Jika solidaritas mekanik menjadi kharakteristik masyarakat pra-industri, maka organik menjadi kharakteristik masyarakat industri atau modern.


Baca juga: Kelahiran Modernitas







Kita akan ulas wacana jenis solidaritas sosial pra-industri ini secara ringkas. Ulasan akan diawali dengan definisinya, kemudian dilanjutkan pada contoh-contohnya. Biasanya klarifikasi wacana salah satu jenis solidaritas sosial akan sulit dipahami tanpa klarifikasi jenis solidaritas sosial lainnya, alasannya yaitu yang satu merupakan transformasi dari bentuk yang sebelumnya.


Apa itu solidaritas mekanik?


Secara sederhana kita dapat deskripsikan sebagai tipe solidaritas sosial yang menggambarkan kondisi masyarakat pra-industri, dengan kharakteristik yang khas seperti: ikatan sosial menurut pada kesadaran kolektif, atribut masyarakat bersifat homogen, norma sosial yang mengikat kuat, integrasi sosialnya juga kuat.


Dari uraian di atas kita dapat pahami bahwa tipe solidaritas ini merefleksikan kondisi masyarakat tradisional yang komunalistik. Kehidupan sosial dan ekonomi berlangsung menurut kebutuhan hidup bersama dimana masyarakat belum mengenal istilah pembagian kerja.


Sebenarnya dikotomi yang dibentuk Durkheim untuk menggambarkan kondisi masyarakat merupakan hal yang lumrah. Ilmuan sosial lain menyerupai Ferdinan Tonnies, misalnya, membagi karakteristik masyarakat menjadi paguyuban dan patembayan. Pembagian tersebut dapat dilihat sebagai tipe ideal yang ekstrim.


Baca juga: Perbedaan Paguyuban dan Patembayan







Untuk memperoleh citra yang lebih terang mengenai tipe solidaritas ini, kita perlu mencari tahu apa saja contohnya. Ulasan berikut ini merupakan pemaparan beberapa pola yang inspirasinya saya peroleh dari banyak sekali sumber.


Contoh solidaritas mekanik


∼ Suku Dani di Papua


Suku Dani dan suku tribal lain memperagakan sistem sosial yang bertipe mekanik. Misalnya, setiap pria remaja suku Dani berburu sebagai acara ekonominya. Ada yang bawa tombak, panah, parang, dan alat perang lainnya. Sedangkan perampuannya meramu bahan-bahan makanan.


Aktivitas berburu dan meramu tersebut dilakukan menurut norma yang diyakini bersama, yakni pria remaja berburu cari makan, dan perempuannya meramu. Hubungan sosial antar individu sangat komunal, dan atribut-atributnya bersifat homogen.


Solidaritas mekanik merupakan jenis solidaritas sosial di kurun pra Solidaritas Mekanik: Contoh dan Penjelasannya


∼ Masyarakat aborigin di Australia


Mirip menyerupai suku-suku tribal lainnya, masyarakat Aborigin hidup berdampingan satu sama lain. Aktivitas sosial ekonominya dilakukan menurut kesamaan abjad dan atribut. Masyarakat Aborigin disatukan atas dasar kesadaran kolektif. Solidaritas sosialnya terbentuk secara komunal.


Solidaritas sosial masyarakat tribal mempunyai tipikal yang menyerupai satu sama lain. Anggota masyarakatnya menganut norma dan keyakinan yang sama. Aktivitas kesehariannya sama, masakan yang dikonsumsinya sama, dan binatang buruannya sama.


Baca juga Hubungan Sosial: Pengertian dan Contohnya







Membuat pola solidaritas sosial tipe pra-industri tidak gampang sekaligus tidak sulit. Kita hanya perlu mengamati kehidupan sosial masyarakat tradisional sebelum datangnya kurun industri. Bisa pula kita mengamati kehidupan sosial masyarakat di pedesaan yang masih bersifat komunal.


Perlu diingat bahwa solidaritas mekanik dapat dilihat sebagai tipe ideal yang ekstrim. Artinya, dalam suatu masyarakat dapat pula pada hal tertentu kekerabatan sosialnya menawarkan karakteristik solidaritas mekanik namun pada hal yang lain menawarkan solidaritas organik.


Karakteristik sosildaritas mekanik


Beberapa karakteristik dasar perlu dikemukakan disini. Misalnya, solidaritas sosial pra-industrial mempunyai ciri sebagai berikut:



  • Solidaritas sosialnya kuat

  • Hubungan sosialnya menurut pada kesadaran kolektif

  • Tidak ada pembagian kerja yang spesifik

  • Karakteristik dan atribut masyarakatnya bersifat homogen

  • Relasi sosialnya komunal

  • Konsensus normanya kuat


Baca juga: Pengertian Norma dan Contohnya







Beberapa poin di atas menawarkan bahwa sebelum industrialisasi, kondisi masyarakat menawarkan karakteristik yang khas. Era industri mengubah kondisi masyarakat sebelumnya dari mekanik menjadi organik. Di sini, solidaritas organik merupakan tipikal masyarakat yang sudah modern dan industrial.


Baca juga Emile Durkheim: Pencatus Sosiologi Modern



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Solidaritas Mekanik: Referensi Dan Penjelasannya"

Posting Komentar