Nasi Krawu


Bagi seserorang yang cinta kuliner, tentunya tidak ajaib lagi apa itu nasi Krawu, kuliner khas dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Tetapi, bagi saya sendiri, mengetahui nama nasi Krawu saja baru, dikala mengajar di kelas 4 pada semester 1 Tema 1 “Indahnya Kebersamaan”, Subtema 3 “Bersyukur Atas Keberagaman”, Pembelajaran 3. Pikiran saya pertama kali mendengar nama Krawu, pribadi terbesit pada nasi urap-urap, nasi dengan aneka macam macam sayuran yang diurap dengan parutan kelapa. Tetapi itu salah... Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa:
 
“Nasi Krawu merupakan kuliner khas Kota Gresik yang terbuat dari adonan nasi dan daging sapi dengan kadar minya yang cukup tinggi, dan harganya Rp. 6.750,00”

 
 Itu dongeng buku?, lantas bagaimanakah nasi Krawu yang sebenarnya?

Untuk menikmati nasi krawu kita tidak perlu pergi jauh-jauh ke tempat kuliner khas itu berasal, alasannya yaitu di Surabaya sendiri sudah banyak yang jualnya, apa lagi bila pagi-pagi, banyak orang yang jualan di pinggir-pinggir jalan dengan beraneka macam makanan. Misalnya di Jalan Kerto Menanggal, sepanjang jalan banyak yang jualan kuliner ibarat nasi pecel Madiun, nasi pecel Ponorogo, nasi Gudeg, dan tentunya nasi Krawu.

Di jalan Kerto Menanggal ini sendiri, ada dua orang yang jual nasi Krawu dengan menggunakan keranjang di atas motornya untuk menata nasi tersebut. Dan salah satunya yaitu nasi krawu Bu Maria. Sama dengan apa yang ada dibuku, nasi krawu merupakan nasi dengan adonan daging, tetapi masih ada lagi adonan yang lain yaitu serundeng dan sambal. Dengan dibungkus daun pisang nasi krawu ini dijual dengan harga Rp. 10.000,00. 



Sumber http://blogeulum.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Nasi Krawu"

Posting Komentar