Mengidentifikasi Wujud Benda


Menurut Bruner dalam bukunya Azhar Arsyad yang berjudul “Media Pembelajaran” menyampaikan bahwa ada tingkatan utama modus belajar, yaitu: pengalaman langsun (enactive), pengalaman piktorial/gambar (iconic), dan pengalaman abnormal (symbolic). Pengalaman pribadi ialah mengerjakan, contohnya pada pembelajaran mengidentifikasi wujud benda, siswa membawa pribadi benda yang akan diidentifikasi, contohnya piring, gelas, air, botol, dan sebagainya. Pada tingkatan yang kedua yang diberi label iconic (artinya gambar atau image). Pembelajaran identifikasi benda dipelajari dengan gambar, lukisan, foto, atau film,. Jadi, benda-benda yang diidentifikasi wujudnya hanya sebatas pada gambar, atau hasil print out. Sedangkan pada tahap simbolik, siswa berguru mengidentifikasi wujud benda dengan cara membaca (mendengar). Nah pada pembelajaran kali ini, jika pertemuan sebelumnya mengidentifikasi wujud benda dengan cara membawa benda nyata atau nyata, yang berdasarkan Bruner ini adalaha tahap enactive. Sekarang kita berguru mengidnetifikasi wujud benda dengan tahapan symbolic, dengan cara mendengar atau membaca.
Pada pembelajaran kali ini, kita buat dengan cara permainan, nggak tahu apa namanya, dinamakan talking stick tapi yang dipakai bukan stick melainkan sebuah botol plastik bekas mengidentifikasi wujud benda sebelumnya, atau dinamakan bola salju (bola mengalir) bentuknya tidak menyerupai bola bulat. Lepas dari apa namanya itu, proses pembelajaran dimulai dengan membagikan potongan-potongan kertas kecil pada masing-masing siswa sebanyak 5 buah. Kemudian siswa diminta untuk menuliskan nama benda pada cuilan kertas tersebut, baik benda padat, cair, dan gas. Setelah selesai, cuilan tersebut diminta untuk dimasukkan ke dalam botol, dan sebelumnya cuilan kertas tersebut dilipat sehingga nama benda yang dituliskan tidak terlihat.
Setelah terkumpul semua, siswa diminta untuk menciptakan lingkaran. Ketika lingkaran sudah terbentuk, siswa diminta untuk menyanyikan lagu yang berkaitan dengan wujud benda, menyerupai lagu balonku ada lima, wujud benda, dan sebagainya, serta mengoper botol yang dipegang secara bergantian. Ketika lagu final dan siswa yang memegang botol diminta untuk mengambil satu lipatan cuilan kertas yang ada di botol, lalu diminta untuk membacakan benda apa yang didapat, serta mengidentifikasinya apakah termasuk benda padat, cair, atau gas. Begitu seterusnya.

********









SD Darul Ulum
Jl. Hangtuah XA/363 Ngemplakrejo Kota Pasuruan
Telp. (0343) 421801, E-mail: sdsdarul.ulum@yahoo.co.id

Sumber http://blogeulum.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengidentifikasi Wujud Benda"

Posting Komentar