Contoh Solidaritas Organik

Contoh solidaritas organik yang akan dipaparkan di sini merupakan pola yang diambil dari fenomena kehidupan sehari-hari yang saya pikir masih relevan. Solidaritas organik merupakan salah satu jenis solidaritas sosial yang muncul di periode industri. Pencetus konsep ini ialah sosiolog Emile Durkheim.


Baca juga Emile Durkheim: Pencetus Sosiologi Modern







Kita akan melepaskan diri sejenak dari perdebatan apakah kita hidup di periode industri atau post-industri. Meskipun periode industri kini mulai terdengar jadul, faktanya di beberapa tempat, industrialisasi sedang kencang berlangaung. Kita tidak dapat menggeneralisir satu wilayah yang luas ini ke dalam satu fase historis yang berlaku menyeluruh. Oleh karenanya, beberapa pola solidaritas organik akan dipaparkan terlepas dari perdebatan perihal kini kita hidup di periode yang mana.


Sebagai pengantar singkat, Durkheim membagi tipe solidaritas sosial menjadi dua jenis. Pertama, solidaritas sosial di periode pra-industri yang disebut sebagai solidaritas mekanik. Kedua, solidaritas sosial di periode industri yang disebut dengan solidaritas organik. Masyarakat, menurutnya bergerak dari solidaritas mekanik ke organik. Beberapa pola solidaritas organik perlu kita ketahui di sini.


Contoh solidaritas organik


Proses produksi di pabrik rokok


Contoh solidaritas organik yang akan dipaparkan di sini merupakan pola yang diambil dari Contoh Solidaritas OrganikKita ambil proses produksi di pabrik rokok sebagai pola solidaritas organik. Proses produksi berlangsung secara sistematis. Para pekerja melaksanakan pekerjaan sesuai dengan deskripsi pekerjaannya. Selain itu, spesialisasi sangat mencolok di sini. Ada sekelompok pekerja yang berada di serpihan filter kualitas tembakau, ada pekerja yang ngelinting, ada yang packaging, ada serpihan pemasaran produk dan seterusnya.


Jika kita bayangkan sebuah masyarakat berupa mereka yang berkerja di pabrik rokok tersebut, maka kita dapat katakan bahwa solidaritas sosial yang terbentuk merupakan solidaritas organik. Artinya, kekerabatan sosial terbentuk berdasarkan korelasi saling ketergantungan, spesialisasi, dan saling melengkapi.


Kelompok filter tembakau tidak akan menghasilkan apa-apa tanpa kelompok kelinting, misalnya. Sebab tanpa dikelinting, tembakau tidak dapat jadi rokok. Begitu pula dengan kelompok lain, menyerupai pemasaran, packaging, dan sebagainya. Masing masing kelompok bekerja dalam sebuah sistem yang rapi.


Baca juga Sistem Sosial: Definisi dan Contohnya






Manajemen di universitas atau sekolah


Sekarang bayangkan sebuah sekolah atau kampus dimana proses pendidikan berlangsung sehari-hari. Di sekolah, guru dan kepala sekolah mempunyai tugas dan keahlian masing-masing. Bahkan guru sebagai satu kelompok pun terspesialisasi lagi ke dalam beberapa bagian, menyerupai guru kelas atau guru mata pelajaran. Dosen di kampus juga demikian.


Di insitusi pendidikan menyerupai sekolah dan kampus, beberapa orang fokus menggarap aspek teknis dan manajemen menyerupai serpihan IT, kepala jurusan, keuangan, pengembangan SDM, dan sebagainya. Masing-masing bekerja sesuai bidangnya. Hubungan sosial yang terbentuk bersifat organik alasannya ialah tercipta korelasi saling ketergantungan dan saling melengkapi.


Solidaritas organik tampak saat misalnya, guru dan murid menjalankan peranannya masing-masing. Murid sebagai anak didik dan guru sebagai pendidik. Bila semua orang di lingkup sekolahan atau kampus kita lihat sebagai masyarakat, maka tampak bahwa kekerabatan dan ikatan sosial mereka bersifat organik.


Baca juga Interaksi Sosial: Pengertian dan Contohnya







Kita selalu dapat memaparkan pola solidaritas organik di sekitar kita dengan relatif mudah. Industrialisasi telah membuat kebutuhan akan spesialisasi. Hal ini alasannya ialah industrialisasi mensyaratkan pembagian kerja yang spesifik.


Untuk lebih memahami apa itu solidaritas organik, kita perlu menyinggung sedikit perihal saudara kandungnya yaitu solidaritas mekanik. Perlu dicatat juga bahwa solidaritas di sini maksudnya ialah ikatan sosial yang mengikat individu-individu sehingga menjadi satu kesatuan dengan kekerabatan sosial yang khas berjulukan masyarakat.


Solidaritas mekanik ialah tipe solidaritas sosial pada masyarakat pra-industri. Karakteristik utamanya antara lain; integrasi sosialnya kuat, latar belakang masyarakatnya homogen, ikatan sosial berbasis kesadaran kolektif, belum ada pembagian kerja yang spesifik, dan norma sosial mengikat kuat.


Baca juga Solidaritas Mekanik: Ciri-Ciri dan Contohnya







Memasuki periode industri, ikatan dan korelasi sosial masyarakat mengalami transformasi. Karakteristik utamamanya dicirikan sebagai berikut: adanya pembagian kerja yang spesifik, ikatan sosial berupa korelasi kerja profesional, latar belakang masyarakatnya heterogen, integrasi sosial lemah dan kehidupan sosialnya individualistik.


Pada dasarnya, berkembanganya birokrasi, menajerialisme, profesionalisme, urbanisasi dan modernisasi membuat perubahan sosial yang signifikan dalam masyarakat. Durkheim mencoba memotret perbedaan mencolok yang tampak antara sebelum dan setelah industrialisasi terjadi. Hasilnya, muncullah kedua jenis solidaritas sosial yang secara kontras tersebut berbeda .


Baca juga Hubungan Sosial: Pengertian dan Contohnya



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Contoh Solidaritas Organik"

Posting Komentar