Tanaman Obat _Obatan

Tanaman Obat _Obatan

KEJI BELING

Tumbuhan ini merupakan perdu, Keji Beling yaitu flora semak yang tingginya mencapai 1-2 m. Helaian daunnya lanset, memanjang / hampir jorong, tepinya bergerigi dengan ujung dan pangkalnya yang meruncing, kedua permukaannya kasar. Pertulangan daunnya menyirip dan bewarna hijau, Akarnya tunggang dan berwarna coklat muda. Batangnya beruas, berambut kasar, dan warnanya hijau.Percabangannya yang menyentuh tanah dan keluar dari akar sehingga bisa dipisahkan dari tumbuhan induk. Sementara itu, daunnya tunggal, bertangkai pendek dengan duduk daun yang berhadapan. Perhubungannya beragam dan berkumpul pada bulir padat. Mahkota bunga berbentuk corong, terbagi lima, berambut, dan berwarna kuning / ungu. Benang sarinya berjumlah empat, berwarna kuning dan putih. Buahnya berbentuk gelondong, dan berisi 2-4 biji. Bijinya bulat, pipih, kecil-kecil, dan berwarna coklat.
Kandungan Senyawa dalam daun pecah beling
Natrium mempunyai tugas penting dalam mengatur keseimbangan cairan ekstraseluler badan atau cairan yang mengelilingi sel.
Kalium mempunyai tugas penting dalam mengatur keseimbangan cairan inraseluler badan atau cairan yang berada di dalam sel.
Kalsium bermanfaat untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi serta diharapkan dalam pembekuan darah, kontraksi otot, transmisi sinyal pada sel saraf. Kalsium sanggup membantu mencegah terjadinya osteoporosis.
Ferum diharapkan untuk produksi hemoglobin, komponen sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh
Vitamin B1 berkhasiat dalam metabolisme tubuh.
Vitamin B2 membantu badan memperabukan karbohidrat, protein, dan lemak.
Vitamin C menangkal banyak sekali penyakit, termasuk golongan vitamin antioksidan yang bisa menangkal banyak sekali radikal bebas penyebab kanker.
Tannin berasa pahit dan kelat, yang bereaksi dengan dan menggumpalkan protein, atau banyak sekali senyawa organik lainnya termasuk asam amino dan alkaloid.
Fosforus digunakan sebagai pnopang kesehatan tulang, gigi, otak, metabolisme hingga sel-sel tubuh.
Glikosida sebagai obat jantung, sembelit, analgetikum (penghilang rasa nyeri) dan penurunan tegangan permukaan.
Antiokisdan menangkal penyakit kanker
Khasiat Daun keji kaca untuk kesehatan tubuh
Mengatasi kerikil ginjal dan kerikil empedu
Batu ginjal sanggup disebabkan oleh banyak sekali hal. Pada skenario yang umum, kerikil ginjal terbentuk dikala urin berkonsentrasi, mineral mengkristal dan menggumpal. Namun hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun pecah beling.
Kandungan kalium di dalam daun pecah kaca bisa menjadikan diuretik yang sanggup melarutkan kerikil yang terbentuk dari garam kalsium oksalat dalam kantung kencing, ginjal dan kantung empedu. Namun lantaran mengandung asam silikat, sebaiknya penderita gastritis tidak meminum air rebusannya.
Mengobati Penyakit Kanker
Manfaa daun keji kaca selanjutnya yaitu sanggup membantu dalam proses penyembuhan penyakit kanker. Daun keji kaca ini bisa di jadikan sebagai obat tradisional yang berfungsi sebagai racun untuk sel-sel kanker sehingga kanker sanggup di atasi dengan baik dan sehat alami. Meskipun demikian, untuk penderita kanker ini alangkah baiknya harus di lakukan secara medis, lantaran daun keji kaca ini merupakan minuman atau obat tradisional untuk mengurangi rasa nyeri kanker dan membantu dalam penyembuhan penyakit kanker.
Mengatasi Penyakit Ambeien
Ambeien merupakan penyakit yang di sebabkan lantaran peradangan atau pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar rectum bawah dan anus. Untuk memanfaatkan daun sebagai obat tradisional ini anda bisa melakukannya sebagai berikut. Pertama, siapkan 3 lembar daun segar, lalu rebus dengan 2 gelas air. Setelah ½ jam di rebus, minumlah sehabis dingin. Namun saring terlebih dahulu. Bagi anda yang mempunyai penyakit ameien hindari mengkonsumsi yang pedas-pedas dan daging kambing.
Mengatasi Kencing Manis
Kencing elok merupakan salah satu penyakit kronis yang di sebabkan lantaran ada gangguan pada system metabolism karbohidrat, yaitu pancreas tidak sanggup menguraikan insulin untuk mengubah hula darah menjadi energi atau tidak sanggup memproduksi insulin yang lebih cukup. Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kencing elok atau diabetes mellitus yaitu. Pertama, siapkan 3 lembar daun pecah kaca yang segar, lalu rebus dengan air 2 gelas hingga menjadi 1 gelas tersisa. Minum sehabis hirau taacuh dan anda bisa mengkonsumsi daun pecah beningnya.
Mengobati Penyakit Lever
manfaat daun daun getal kaca selanjutnya yaitu sanggup mengaobati penyakit lever atau sakit kuning. Warna kuning ini sebebkan lantaran tanda-tanda yang mempengaruhi fungsi empedu serta hati, sehingga cairan terebut tidak sanggup masuk kedalam usus, melainkan masuk ke dalam darah dan keluar melaui kencing kita.



DAUN JARAK
Jarak (Ricinus communis) yaitu flora liar setahun (annual) dan biasa terdapat di hutan, tanah kosong, di tempat pantai, namun sering juga dikembangbiakkan dalam perkebunan. Tanaman ini tergolong tumbuhan perdu, mempunyai daun tunggal menjari antara 7 - 9, berdiameter 10-40 cm. Tumbuhan ini merupakan spesies tumbuhan dari Euphorbiaceae dan tergolong ke dalam genus Ricinus, subtribe Ricininae.Sebutan untuk pohon jarak di Indonesia berbeda-beda di setiap daerah. Di Jawa Barat disebut 'Kaliki'. Di Sumatera, jarak dikenal dengan nama Dulang ada juga yang menyebutnya dengan Gloah. Di Madura, jarak disebut dengan Kalĕkĕ.
Jarak mempunyai batang berbentuk lingkaran licin, berongga, berbuku-buku terang dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas. Warna flora hijau bersemburat merah, sedangkan daunnya tumbuh berseling berbentuk lingkaran dan ujungnya sedikit runcing. Biasanya daun jarak berwarna hijau bau tanah pada permukaan atas dan hijau muda pada cuilan permukaan bawah. Buahnya berbentuk lingkaran dan berkumpul pada tandan, namun ada juga yang bentuknya sedikit lonjong - yang sanggup ditemukan pada flora jarak di tempat Bali.
Manfaat Daun Jarak dan Efek Sampingnya
Manfaat daun jarak memang sudah sangat lazim digunakan orang sebagai tumbuhan herbal. Maka dari itu, tumbuhan yang dikenal sebagai apotik hidup itu, banyak yang mencarinya lantaran dipercaya sanggup menyembuhkan banyak sekali macam penyakit. Sejak dulu, tumbuhan jarak sudah menjadi rebutan para penjajah. Karena tumbuhan ini mempunyai manfaat menyeluruh dari daun, buah hingga bijinya.Saat ini banyak penelitian ihwal minyak jarak yang sanggup digunakan sebagai materi bakar. Tentu saja hal ini masih perlu kajian lebih lanjut untuk sanggup menggantikan posisi barang tambang, minyak yang masih sangat dibutuhkan. Namun dalam artikel ini, akan kita bahas secara fokus ihwal manfaat daun jarak bagi manusia.
Manfaat Daun Jarak Untuk Pengobatan
Selain dikembangkan menjadi materi bakar, daun jarak telah banyak digunakan untuk pengobatan herbal. Berikut ini beberapa khasiat daun jarak untuk mengobati penyakit :
1. Mengatasi susah buang air besar
Daun jarak yang masih segar, lalu kukus dan sanggup dimakan sebagai lalapan pada masakan anda. Hal ini efektif sekali untuk melancarkan BAB.
2. Menurunkan panas pada bayi
2 hingga 3 helai daun jarak yan sudah bersih. lalu olesi minyak makan yang masih baru. Panaskan daun diatas api kompor 2 menit hingga panas terasa merata. Letakkan daun pada perut dan punngung bayi atau biar tidak gampang lepas, sanggup dipasangkan dalam gurita bayi
3. Mengobati Kurap
Minyak jarak efektif mengobati kurap dan kasus kulit yang umum. Senyawa aktif yang disebut asam undesilenat ditemukan dalam minyak jarak, membantu mengobati kurap.
Caranya : Cuci daun jarak dalam air dan rendam dalam minyak kelapa selama beberapa jam dan panaskan. Terapkan di atas kulit yang terkena dampak dan tutup dengan kain katun. Tunggu hingga semalaman, sebelum di buka. Ulangi mekanisme ini hingga sembuh sepenuhnya.
4. Membuat Gede Alat Vital
Mungkin salah satu yang di cari para laki-laki untuk meningkatkan ‘kepercayaan diri’, daun jarak telah dipercaya semenjak usang sanggup membantu kasus ini.
Cara Penggunaan :   
1.  Ambil 10 lembar daun jarak
2. Sediakan 1 buah jeruk nipis.
3. Sediakan minyak zaitun secukupnya.
4. Tumbuk daun jarak bersama dengan buah jeruk nipis hingga menyatu
5. Lakukan pemijatan alat vital dengan minyak zaitun terlebih dahulu sehingga hangat.
6. Lakukan pemijatan dengan ramuan daun jarak yang telah di aduk halus dengan jeruk nipis.
7. Ramuan ini sanggup digunakan untuk 3 kali pemijatan.



5. Ampuh mengobati Rematik
Jika anda mengalami rematik, ada baiknya mempertimbangkan penggunaan daun jarak sebagai pengobatan tradisional.
Cara Penggunaan
1. Sediakan 5-8 lembar daun jarak
2. Tumbuk halus dicampurkan dengan air hangat (sedikit)
3. Oleskan pada lokasi rematik atau kasus kulit mirip exim
4. Lakukan 3 x sehari.


Kandungan Zat Pada Daun Jarak
Tanaman jarak merupakan jenis pohon yang berbuah tiap tahun dengan batang beronngga dan berbuku-buku. Daun jarak tidak berukuran besar, relatif sedang warna hijau kekuningan namun ada jenisnya yang berwarna merah. Tanaman jarak, juga disebut jarak pagar lantaran suka ditanam di pekarangan yang tingginya mirip tinggi pagar rumah.
Seperti khasiat banyak sekali tumbuhan herbal lain yang memperlihatkan penyembuhan terhadap banyak sekali penyakit mirip pada manfaat daun salam atau pun manfaat daun binahong daun jarak juga memperlihatkan fungsinya yang baik untuk duduk kasus banyak sekali penyakit.Tanaman jarak mempunyai kandungan senyawa penting mirip quercetin, kaempferol, astragalin, nicotiflorin dan lain sebagainya yang menyimpan fungsi baik bagi pengobatan penyakit
Efek Samping Daun Jarak

Daun Jarak
Efek samping utama tumbuhan jarak ini ada pada minyaknya terhadap kategori reaksi kulit dan gangguan pencernaan. Minyak jarak dipecah oleh usus kecil yang menjadi asam risinoleat dan bertindak sebagai iritan ke lapisan usus Anda. Efek ini yaitu apa yang memberi kemampuan minyak jarak untuk sembelit-tetapi juga alasan ketidaknyamanan pencernaan, diare, dan imbas samping gastrointestinal lainnya.
Jika menderita kram, iritasi usus, maag, diverticulitis, wasir, radang usus, prolapses, atau gres saja menjalani operasi, kemungkinan harus menghindari minyak jarak lantaran imbas samping ini. Meskipun minyak jarak telah digunakan secara tradisional untuk membantu merangsang persalinan pada perempuan hamil yang sehat, namun ditemukan rasa mual dialami oleh wanita-wanita.
Sekali lagi ditekankan bahwa manfaat kesehatan dari tumbuhan jarak tidak lebih dari pengamatan ilmiah dan imbas sampingnya telah dilaporkan. Seperti sesuatu yang baru, gunakan dengan hati-hati untuk meminimalkan reaksi tak terduga.


Sumber http://gad0-gado.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tanaman Obat _Obatan"

Posting Komentar