Kumpulan Kisah Fabel Nigeria : Landak Dan Anjing

Kumpulan Dongeng Fabel Nigeria : Landak Dan Anjing

Halooo, Kawan semua kali ini admin akan memperlihatkan sebuah dongeng fabel dari Nigeria yaitu Landak dan Anjing,  Moral dari kisah fabel yaitu jadilah anak yang akil dan banyak akal. Tapi ingat jangan gunakan untuk membodohi orang lain. Karena itu adaah perbuatan yang tidak baik dan Tuhan tidak suka anak yang bahagia mempermainkan orang lain. Orang yang suka membodohi orang lain akan celaka dimasa yang akan datang.


Kumpulan Dongeng Fabel Nigeria : Landak Dan Anjing
Pada suatu ketika, landak menemui anjing untuk meminta makanan.
Anjing menyampaikan bahwa ia tidak memiliki makanan. Tapi, anjing yang baik hati memperlihatkan kawasan yang banyak masakan kepada landak.
"Di sana ada ladang tebu milik petani. Kau dapat makan sepuasnya. Tapi ingat, makan pucuk dan dahan tebu saja. Jangan makan akarnya supaya pohon tebu tumbuh lagi," kata anjing kepada landak.
Landak mengikuti saran anjing dan menemukan ladang tebu yang dimaksud. Awalnya, ia hanya makan dahan dan pucuk tebu. Rasanya segar dan manis. Lama-lama, landak mulai makan hingga ke akar tebu.
Suatu hari, petani menemukan bahwa tanaman tebu di ladangnya telah rusak. la murka sekali. la segera memanggil anjing dan landak bersamaan, "Kalian yang telah menghancurkan ladang tebuku, ya".
Anjing membela diri dan menyampaikan bahwa semua ini salah landak. Namun, landak membela diri dan berkata bahwa persoalan ini harus dibawa ke pengadilan. Petani menyetuju, permintaan landak.
Landak menunggu demam isu masbodoh tiba. Lalu, ia memanggil anjing dan mengajaknya menemui hakim di pengadilan.
Saat memasuki ruang hakim, anjing mulai menggigil lantaran kedinginan. "Lihatlah anjing, Tuan Hakim. la gemetaran. Itu tandanya bahwa ia bersalah," kilah landak.

"Apa pembelaanmu, Anjing?' tanya hakim sambil menatap tajam anjing.
Sayangnya anjing sudah sangat kedinginan sampai-sampai ia tidak dapat berkata-kata. Hakim pun mengartikan diamnya anjing sebagai bukti bahwa ia mengakui kesalahannya.
Akhirnya, hakim memutuskan yang bersalah merusak ladang tebu petani yaitu anjing. Petani pun menendang anjing keluar dari ladang selamanya.
Landak tertawa puas alasannya yaitu sudah membodohi anjing. Sejak ketika itu, anjing tinggal di luar perkebunan. Petani-petani di Nigeria percaya bahwa kalau ada anjing menggonggong di luar perkebunan, itu tandanya anjing sedang memperingatkan petani ada landak yang sedang merusak ladang tebu.
Pesan Moral dari kumpulan kisah fabel yaitu jadilah anak yang akil dan banyak akal. Tapi ingat jangan gunakan untuk membodohi orang lain. Karena itu adaah perbuatan yang tidak baik dan Tuhan tidak suka anak yang bahagia mempermainkan orang lain. Ornag yang suka membodohi orang lain akan celaka dimasa yang akan datang.


Sumber http://gad0-gado.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kumpulan Kisah Fabel Nigeria : Landak Dan Anjing"

Posting Komentar