Juknis Evaluasi Hasil Berguru Madrasah Sesuai Sk Dirjen Pendis

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, telah menerbitkan regulasi gres terkait dengan Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah, baik Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) maupun Madrasah Aliyah (MA). Ketiganya yaitu SK Dirjen Pendis Nomor 5161 Tahun 2018, Nomor 5162 Tahun 2018, dan Nomor 3751 Tahun 2018.

Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5161 Tahun 2018 merupakan Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Ibtidaiyah dan Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5162 Tahun 2018 merupakan Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Tsanawiyah. Keduanya ditetapkan pada tanggal 19 September silam.
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Juknis Penilaian Hasil Belajar Madrasah Sesuai SK Dirjen Pendis
Sedangkan SK Dirjen Pendis Nomor Keputusan Dirjen Pendis Nomor 3751 Tahun 2018 merupakan Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Aliyah..


Petunjuk teknis terkait evaluasi Hasil Belajar pada Madrasah (MI, MTs, dan MA) ini yaitu ajaran bagi pendidik dan satuan pendidikan serta stakeholder lainnya dalam melakukan evaluasi hasil berguru di madrasah sesuai dengan jenjangnya. Dalam juknis ini mengatur dan menjelaskan ihwal konsep penilaian, evaluasi otentik, ketuntasan belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, jenis-jenis penilaian, pemanfaatan dan pelaporan hasil belajar.

Penilaian merupakan komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Penilaian yaitu proses pengumpulan dan pengolahan data atau gosip untuk mengukur pencapaian hasil berguru akseptor didik. Dengan sistem evaluasi yang baik, dibutuhkan akan mendorong pendidik untuk memilih taktik mengajar yang baik. Pun sanggup memotivasi akseptor didik untuk berguru lebih baik.

Sistematika Juknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Ibtidaiyah
  1. Bab I Pendahuluan
  2. Bab II Konsep Penilaian
  3. Bab III Penilaian Otentik
  4. Bab IV Ketuntasan Belajar
  5. Bab V Penilaian Proses dan Hasil Belajar
  6. Bab VI Jenis Penilaian
  7. Bab VII Pemanfaatan dan Pelaporan Hasil Belajar
  8. Bab VIII Penutup

Sistematika Juknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Tsanawiyah

  1. Bab I Pendahuluan
  2. Bab II Konsep Penilaian
  3. Bab III Penilaian Otentik
  4. Bab IV Ketuntasan Belajar
  5. Bab V Penilaian oleh Pendidik, Satuan Pendidikan, dan Pemerintah
  6. Bab VI Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan
  7. Bab VII Penutup
Sistematika Juknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Aliyah
  1. Bab I Pendahuluan
  2. Bab II Konsep Penilaian
  3. Bab III Penilaian Otentik
  4. Bab IV Ketuntasan Belajar
  5. Bab V Penilaian oleh Pendidik, Satuan Pendidikan, dan Pemerintah
  6. Bab VI Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan
  7. Bab VII Pemanfaatan dan Pelaporan Hasil Belajar
  8. Bab VIII Penutup

SK Dirjen tentang Juknis Penilaian Hasil Belajar Madrasah

Silakan  masing-masing SK Dirjen pada tautan di bawah ini.
  • Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5161 Tahun 2018 ihwal Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Ibtidaiyah, DI SINI
  • Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5162 Tahun 2018 ihwal Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Tsanawiyah, DI SINI
  • Keputusan Dirjen Pendis Nomor 3751 Tahun 2018 ihwal Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Aliyah, DI SINI
Semoga ketiga SK Dirjen tentang Juknis Penilaian Hasil Belajar Madrasah sanggup menjadi panduan bagi pendidik, satuan pendidikan, dan stakeholder madrasah dalam melakukan evaluasi hasil berguru di madrasah, untuk Madrasah Hebat Bermartabat.
 
Demikian semoga  bermanfaat

Sumber http://indrabayang.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Juknis Evaluasi Hasil Berguru Madrasah Sesuai Sk Dirjen Pendis"

Posting Komentar