Hubugan Unsur Geografis Dan Penduduk Asia Tenggara


HUBUGAN UNSUR GEOGRAFIS DAN PENDUDUK ASIA TENGGARA


Negara Malaysia
Malaysia merupakan negara kerajaan berbentuk federasi yang berdiri tanggal 16 September 1963. Negara Federasi Malaysia awalnya ialah komplotan tanah Melayu (Singapura, Sabah, dan Serawak), dan merupakan koloni Inggris. Tahun 1965 Singapura melepaskan diri.
Kerajaan Malaysia dipimpin Yang Dipertuan Agong, dan kepala pemerintahan ialah seorang perdana menteri. Ibukota negara Malaysia adalah Kuala Lumpur. 
Namun untuk menghindari kepadatan kemudian lintas Kuala Lumpur, dibangun sentra pemerintahan federal yang gres di Putrajaya. Meski demikian Kuala Lumpur tetaplah ibukota negara.

a. Letak dan luas
Luas Wilayah Malaysia
Malaysia terbagi menjadi 2 wilayah, yaitu Malaysia penggalan barat danMalaysia penggalan timur. Malaysia penggalan barat terletak di Semenanjung Malaka luasnya mencapai ±131.587 km2, Wilayah Malaysia Timur yang meliputi Sabah dan Serawak di Pulau Kalimantan, mempunyai luas ±200.969 km2. Kedua wilayah tersebut dipisahkan oleh Laut Cina Selatan. Secara astronomis, Malaysia terletak pada 1oLU – 7oLU dan 100oBT – 119oBT. Adapun batas-batas wilayah Malaysia yaitu:
1) Sebelah utara: Thailand dan Laut Cina Selatan.
2) Sebelah timur: Laut Sulu.
3) Sebelah selatan: Pulau Kalimantan.
4) Sebelah barat: Selat Malaka.

Luas wilayah Malaysia mencapai 329.758 km2. Luas wilayah tersebut
erbagi menjadi 13 negara bagian. Di penggalan barat terbagi menjadi 11 negara bagian, terdiri dari Kedah, Perak, Selangor, Negeri Sembilan, Penang, Pahang, Perlis, Kelantan, Malaka, Johor, dan Trengganu. Bagian timur terdiri dari 2 negara bagian, yaitu Sabah dan Serawak.

b. Keadaan alam

Daerah tengah Malaysia penggalan barat berupa pegunungan. Puncaktertinggi dari pegunungan tersebut ialah Gunung Tahan. Di penggalan selatan berupa dataran rendah yang kering. Di sebelah timur terdapat daerah hutan yang tidak terlalu luas. Adapun di sebelah barat berupa lahan yang subur.

Kenampakan alam Malaysia penggalan timur terdiri atas daerah rawa pesisir pantai, daerah perbukitan, dan lembah berhutan lebat. Daerah pedalaman berupa pegunungan. Puncak tertinggi di daerah ini ialah Gunung Kinabalu. Malaysia mempunyai iklim tropis. Di Malaysia penggalan barat, demam isu penghujan berlangsung dari bulan September hingga Desember.

Adapun di penggalan timur demam isu penghujan berlangsung dari bulan Oktober hingga Februari. Akibat dari iklim tropis, Malaysia mempunyai keragaman hayati. Terdapat sekitar 8.000 tumbuhan berbunga. Di Malaysia penggalan timur menjadi habitat populasi terbesar burung di dunia. penggalan Serawak juga terdapat hutan hujan tropis terbesar dan tertua di Gunung Kinabalu.
c. Keadaan penduduk

Malaysia berpenduduk sekitar 23.275.000 jiwa. Sebagian besar penduduk ialah bangsa Melayu, sisanya ialah keturunan Cina, India, dan Eropa. Penduduk orisinil Malaysia sanggup ditemui di Malaysia penggalan timur. Penduduk orisinil Malaysia terdiri dari suku Iban, Bidayuh, dan Kadaza. Agama yang dianut sebagian besar penduduk Malaysia ialah Islam. Agama tersebut sekaligus menjadi agama resmi. Bahasa nasional yang dipakai ialah bahasa Melayu.

Kegiatan ekonomi utama penduduk Malaysia ialah pertanian. Hasil pertaniannya antara lain padi, teh, buah, tebu, kakao, kelapa sawit, dan karet. Karet menjadi komoditas ekspor andalan Malaysia. Kegiatan ekonomi lain yang dilakukan penduduk Malaysia ialah industri, pertambangan, dan kehutanan. Hasil tambang Malaysia antara lain gas alam, bijih besi, timah, bauksit, tembaga, dan emas. Malaysia merupakan negara penghasil timah terbesar di dunia.

d. Bentang alam
Seperti sudah kalian lihat pada peta, secara umum, wilayah Malaysia sanggup dibedakan atas wilayah timur dan wilayah barat. Kedua wilayah itu dipisahkan oleh Laut Cina Selatan. Masing-masing wilayah mempunyai karakteristik sendiri.


1. Malaysia Timur

Malaysia timur (Sabah dan Serawak) didominasi pegunungan, di mana 80 persen di antaranya berketinggian >1.400 meter. Di Sabah terdapat rangkaian pegunungan utama yang membentang sejajar garis pantai. Misalnya, Pegunungan Crooker dengan puncak tertingginya ialah Gunung Kinabalu (±4.101 m). Gunung Kinabalu juga merupakan titik tertinggi di Malaysia.
Dataran pantai Malaysia Timur umumnya sempit dan berawa-rawa. Di antara wilayah dataran rendah pantai dan wilayah pegunungan terdapat daerah bergelombang dan berbukit-bukit, (ratarata berketinggian ±800 m).

Sungai di Malaysia Timur mempunyai pedoman relatif pendek dan berbelok-belok. Sungai-sungai penting ialah Sungai Kinabatang (±563 km) bermuara ke Laut Sulu, Sungai Rajang (±562 km) bermuara ke Laut Cina Selatan dan Sungai Baram (±400 km) bermuara ke Laut Cina Selatan.

2. Malaysia Barat

Malaysia Barat meliputi penggalan selatan Semenanjung Malaysia. Bagian tengahnya berupa pegunungan rendah, serta melandai pada sisi timur dan selatan.

Pegunungan Titiwangsa, memanjang dari perbatasan Malaysia dengan Thailand hingga ke perbatasan negara penggalan Malaka. Pegunungan ini ialah yang terpanjang di Malaysia Barat (±483 km).
Di sebelah barat pegunungan ini terdapat Pegunungan Nakawan, Kedah Singgora, dan Bintang. Di penggalan timur terdapat Pegunungan Pantai Timur. Puncak tertinggi di Malaysia Barat ialah Gunung Tahan (±2.190 m).

Dataran rendah menjadi aksara wilayah sisi timur dan selatan. Pada dataran penggalan barat, daerahnya menyempit di utara dan melebar di selatan.
Dataran rendah di sebelah timur Pegunungan Tahan (Johor, Selangor, Kedah, Kelantan dan Pahang), berupa rawa, hutan lebat, dan tanah agak tandus.
Sungai penting di Malaysia Barat yaitu Sungai Pahang (±9.450 km) dan Klantan (±284 km) yang bermuara ke Laut Cina Selatan; dan Sungai Perak (±273 Km), bermuara ke Selat Malaka.

e. Iklim
Malaysia beriklim muson tropis, ditandai dengan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun. Seperti wilayah lain di Asia Tenggara, keadaan iklim itu dipengaruhi oleh angin musim.
Malaysia mempunyai temperatur rata-rata 27oC. Umumnya temperatur di Malaysia Barat lebih rendah dibandingkan Malaysia Timur. Curah hujan rata-rata per tahun mencapai ±2.500 – 5.000 mm.
Curah hujan terbanyak terjadi bulan November – April, oleh efek angin demam isu timur yang banyak membawa uap air dari Laut Cina Selatan.
Kelembabannya tinggi, dipengaruhi posisinya di khatulistiwa dan berbatasan dengan lautan luas. Musim kemarau terjadi bulan Juni-September.
Iklim tropis lembab di wilayah Malaysia Timur (Sabah dan Serawak) menghipnotis jenis vegetasi, yaitu banyaknya hutan hujan tropis. Selain itu populasi burung di wilayah tersebut termasuk yang terbesar di dunia.

f. Sosial budaya
Penduduk Malaysia tahun 2008 berjumlah ±25,274,133 jiwa, dengan tingkat pertumbuhan 2,98% per tahun. Penduduk orisinil Malaysia ialah bangsa Semang dan Sakai (Malaysia Barat), dan bangsa Bajau, Brunei, Murut, Dayak, dan lain-lain (Malaysia Timur).

Etnis pendatang ialah Melayu, Cina, India, Pakistan, bangsa Eropa, Asia, dan lain-lain. Saat ini persentase jumlah penduduk ialah 47% Melayu, 32% Cina, 9% Dayak Iban, dan sisanya ialah pendatang lain.
Mayoritas penduduk Malaysia ialah penganut Islam. Selebihnya ialah penganut Buddha, Kong Hu Chu, Hindu, dan Kristen. Bahasa resmi Malaysia ialah bahasa Melayu dan Inggris. Selain itu juga didukung oleh beberapa bahasa etnis yang ada.

g. Perekonomian
Perekonomian Malaysia terutama didukung oleh bidang pertanian, pertambangan, dan industri. Lahan pertanian di Malaysia cukup luas (sebagian besar terdapat di wilayah Malaysia Barat). Lebih dari 50% penduduk pedesaan bekerja di sektor pertanian.

Hasil pertanian utama ialah padi, kelapa sawit, kelapa, karet, lada hitam, dan lain-lain. Hasil tambang yang utama ialah timah putih. Hasil tambang lain, berupa bauksit, besi, minyak dan gas bumi, serta kerikil bara.
Malaysia juga telah menyebarkan sektor industri. Devisa terbesar Malaysia diperoleh dari industri pengolahan karet dan minyak, sekitar 47,8%. Sisanya dihasilkan oleh sektor jasa dan pariwisata.

h. Hubungan dengan Indonesia
Hubungan Malaysia dengan Indonesia terjalin dalam aneka macam bidang, menyerupai bidang pendidikan kebudayaan, ekonomi, dan keamanan.

1. Bidang pendidikan dan kebudayaan
Kerja sama bidang pendidikan dan kebudayaan, contohnya berupa:

a. pertukaran pelajar/mahasiswa;
b. pengiriman duta kebudayaan;
c. melaksanakan siaran televisi/radio bersama;
d. menciptakan janji penggunaan istilahistilah dalam ilmu pengetahuan.

2. Bidang ekonomi
Malaysia dan Indonesia gotong royong menjadi anggota APEC dan WTO. Kerja sama bidang ekonomi juga berlangsung dalam bentuk eksporimpor.

a. Ekspor Indonesia ke Malaysia: minyak mentah, besi baja, minyak nabati, kopi, kayu, kerikil bara, pupuk urea, dan sayuran.
b. Ekspor Malaysia ke Indonesia: mesin industri, materi kimia, dan benang sintetis.

3. Bidang keamanan
Contoh kolaborasi bidang keamaan Indonesia dan Malaysia ialah perjuangan penumpasan gerombolan komunis di Malaysia Timur. Indonesia dan Malaysia juga melaksanakan latihan militer bersama (MALINDO).

4. Bidang pemerintahan
Pemerintah Indonesia dan Malaysia secara rutin melaksanakan Pertemuan Konsultasi Tahunan. Pertemuan rutin itu membahas segala tantangan dan peluang bagi peningkatan relasi kedua negara, yang saling menguntungkan.
Pada pertemuan rutin tahun 2008 di Kuala Lumpur (Malaysia) dibuat tim yang terdiri dari tokoh terkemuka (Eminent Person Group/EPG). Anggota EPG meliputi pakar, kelompok generasi muda, tokoh masyarakat, budayawan, ulama, cendekia, dan tokoh wanita.

Tugas dan tanggung jawab EPG ialah memberi aba-aba kebijakan bagi pemimpin kedua negara perihal aneka macam upaya peningkatan relasi pada masa datang.

5. Bidang jasa
Malaysia dan Indonesia saling membuka jalur penerbangan dan pelayaran. Misalnya Garuda Indonesian Airways (GIA) membuka jalur penerbangan ke Kuala Lumpur, sebaliknya maskapai penerbangan Malaysia Airlines melayani penerbangan ke Jakarta.
Untuk pelayaran, contohnya berupa jasa pelayaran dan penyeberangan Medan-Penang. Malaysia dan Indonesia juga mempunyai relasi kerjasama penerimaan dan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI).
Malaysia membutuhkan tenaga kerja untuk aneka macam aktivitas industri dan perkebunan. Sebaliknya, Indonesia mempunyai jumlah penduduk besar dengan tingkat pengangguran cukup tinggi.


Sumber http://gad0-gado.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Hubugan Unsur Geografis Dan Penduduk Asia Tenggara"

Posting Komentar