Contoh Teks Ulasan Novel


Contoh Teks Ulasan Novel

 " My idiot Brother"

My Idiot Brother merupakan sebuah novel hasil karya Agnes Davonar.Novel My Idiot Brother ini menceritakan wacana sebuah arti kehidupan yang membutuhjan sebuah pengorbanan. Ada seorang anak yang mempunyai nama Angel.

Seorang gadis dewasa yang gres berusia 15 tahun yang tidak pernah sanggup mendapatkan keadaan kakaknya yang berjulukan Hendra yang terlahir dengan keterbelakangan mental. Meskipunn Angel begitu aib dan membenci kakanya, Hendra tak pernah bersedih hati.

Hendra ialah anak yang berkebutuhan khusus yang diakibatkan sakit yang di deritanya waktu kecil. Walaupun demikian Ia tetap setia dan menunjukkan kasih sayannya seorang abang kepada adiknya.

Di kepingan pertama buku My Idiot Brother, Agnes Devonar menceritakan kisah wacana Ali Mensan (dalam novel My Idiot Brother digambarkan sebagai hendra) yang menderita sindrom Down.

Karena keadaan tersebut menciptakan hati sang adik yang berjulukan Angel ini sering diejek oleh teman-temannya si idiot. Setiap harinya angel selalu mendapatkan hinaan dan cacian teman-temannya di sekolah.

Agnes lah orang yangg sangat membenci Angel alasannya ialah dianggap sebagai bahaya ia untuk mendapatkan hati Aji. Dalam novel My Idiot Brother Aji yang diperankan oleh Aaron Ashab.

Aji merupakan seseorang yang berpawakan tampan, cerdas dan juga keturunan konglomerat. Maka dari itu tidak heran apabila Aji menjadi rebutan begi kaum hawa. Waktu terasa begitu cepat sampai-sampai suatu hari Aji menciptakan pesta ulang tahun, akan tetapi Angel bingung.

Bingung bukan alasannya ialah hadiah yang akan diberikan untuk pacar incaranya. Namun banyak sekali usaha sudah dilakukan hingga harus menemani kakaknya untuk bermain monopoli seharian. Sambil bermain monopoli Angel pun terdiam alasannya ialah sedang butuh uang.

Setelah berbincang-bincang dan membujuk kakanya pada kesannya Hendra sang abang dengan lapang dada untuk menunjukkan uang celengannya ketika itu kepada adik tercinta.

Malam pun tiba. Angel dan juga Agnes bersaing untuk menjadi ratu di dalam program pesta itu. Namun sayangnya pesta tersebut berakhir ricuh dikarenakan kehadiran abang Angel yang berjulukan hendra.

Yang menciptakan Angel begitu terlihat aib kedatangan kakaknya yang keterbelakang mental penuh usaha dan bahwasanya bermaksud baik alasannya ialah ingin mengantarkan kado yang tertinggal.

Pesta tersebut kesannya ricuh dan Angel pun lari dan mengalami kecelakaan. Kecelakaan tersebut mengakibatkan tak ada satu orang pun yang bisa menyelamatkan dirinya selain Hendra.

Kecelakaan tersebut mengakibatkan Angel koma dan membutuhkan donor hati dengan segera. Pada kesannya Hendra sebagai sang abang rela untuk mendonorkan hatinya untuk adik tercintanya.

Pada Bab-bab selanjutnya para pembaca akan melihat potongan kisah yang sangat mengharukan kembali. Agnes Devonar menciptakan novel ini hanya dalam 1 buku.

Walaupun demikian di setiap kepingan mulai dari awal kisah hingga simpulan kisah ,buku ini mempunyai hubungan yang sangat erat, menyerupai arti sebuah kehidupan.

Novel ini disajikan dengan bahasa yang apik. Sehingga novel ini bisa menyihir para pembacanya. Sehingga pembaca sanggup ikut mencicipi semangat, keputusasaan, kebahagiaan dan juga kesedihan.Selain itu, novel ini juga mempunyai problem percintaan dan duduk kasus keluarga.
Dengan membaca novel ini, Anda akan mengetahui bahwa seorang yang berjulukan Agnes Devonar mengajarkan kepada kita semua dalam menjalani kehidupan itu butuh yang namanya usaha .

Dengan mengesampikan beberapa kekurangan tadi, novel ini sangat diperlukan oleh generasi muda di jaman modern menyerupai kini ini, terutama bagi para dewasa yang sangat gengsi akan adanya kekurang yang ada pada dirinya.

Buku ini memberi motivasi, semangat juang dan , ide pada orang yang suka bergengsi di depan orang lain. Buku ini juga mengajarkan wacana ketidak mungkinan yang sanggup diwujudkan dengan kerja keras.


 "Hujan" karya tere liye beserta strukturnya

Hujan ialah novel karya tere liye yang menceritakan wacana harapan tokoh utama yaitu lail yang ingin  menghapus memorinya wacana seseorang, yang mana ia meminta pertolongan Elijah. Kemudian Lail mengingat alasan kenapa ia harus menghapus memorinya tersebut, dan ia pun menceritakannya kepada Elijah.

Lail, gadis 13 tahun yang menjadi yatim piatu ketika terjadi tragedi alam. Gempa bumi dari gunung purba dan menimbulkan tsunami di belahan bumi lain. Namun, ketika tragedi itu pulalah ia ‘bertemu’ dengan Esok, lelaki yang menarik tas punggungnya sehingga Lali tidak tergelincir ke dalam lorong kereta bawah tanah. Lail dan Esok kemudian ‘terjebak’ dalam percintaan selama masa pengungsian. Dimana ada Esok disana ada Lail. Tapi bukan percintaan yang biasa. Tidak  biasa alasannya ialah mereka berdua mempunyai cara yang ‘santun’ dalam menjaga hati .

Juga ada Maryam, sahabat setia Lail. Bertemu sehabis masa-masa pengungsian dan mereka pindah ke panti. Sayangnya, hubungan Maryam dengan Lail ini sangat akrab. Maryam yang tau bahwa hubungan Esok dengan Lail itu lebih sedari sekedar percintaan biasa ., dengan huruf Lail yang introvert, ia tidak dibentuk  marah ‘beneran’ ketika Maryam menarik hati hubungan yang terjalin antara mereka berdua. Masa itu diceritakan kalau musibah yang terjadi itu gres permulaan. Setelah itu terjadi animo hambar berkepanjangan. Daerah subtropis pun bisa turun salju. Kejadian ini menciptakan pemerintah meluncurkan sebuah pesawat ulang-alik untuk mengembalikan ke iklim yang semestinya. Sayangnya, ada efek jangka panjang yang harus diterima penduduk bumi.

Novel yang disajikan dengan bahasa yang bisa menyihir pembaca ini akan menciptakan pembaca mencicipi bagaimana rasanya harus tegar ketika ditempa masalah, melangkah maju ketika duduk kasus begitu berat, dan rasanya jatuh cinta. Ada rasa ketika rindu bertemu pasangan, bertemu kembali sehabis sekian usang tidak bertemu, dan cemburu. Yang pernah atau sedang dewasa mungkin akan tersenyum melihat tingkah Lail. Imajinasimu benar-benar akan dibentuk terbang oleh Tere Liye.

Novel HUJAN ini memang istimewa. Tema yang diusung gak sesederhana tema novel romantis kebanyakan. Porsinya tak hanya untuk seputar cinta dewasa melainkan ada bumbu-bumbu ilmiahnya. Novel ini juga berkisah wacana kepastian yang tidak pasti, wacana kabar yang hampir tidak pernah dikabarkan. Hingga menciptakan sepasang kekasih yang saling mencintai, juga saling menunggu untuk saling mengungkapkan.


Sumber http://gad0-gado.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Contoh Teks Ulasan Novel"

Posting Komentar