Soal Latihan Soal Ptk Terbaru Tahun 2016

1. Apabila dikaitkan dengan tanggung jawab guru terhadap pembelajaran, PTK sanggup membantu guru untuk………………….
a.  Mengatasi duduk kasus siswa            b. Berkolaborasi dengan guru lain
c.  Berkembang secara professional        d. Memperbaiki pembelajaran
e. Mengembangkan kurikulum
2. Pengertian kelas dalam PTK yakni sekelompok akseptor didik yang sedang belajar. Adapun komponen dalam sebuah kelas yang sanggup dikaji melalui penelitian tindakan antara lain sbb, kecuali:a.  siswa    b. guru        c.  Materi pelajaran    d. Hasil pembelajaran       e. Sekolah
3. PTK mempunyai ciri khusus yaitu perilaku reflektif berkelanjutan, artinya bahwa…………
a.    PTK lebih menekankan pada proses refleksi terhadap proses dan hasil penelitian guna memperbaiki proses tindakan pada siklus berikutnya
b.    PTK merupakan upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran secara kolaboratif
c.    PTK berangkat dari permasalahan pembelajaran riil sehari-hari yang dialami oleh guru
d.    PTK yakni penelitian eksperimen
e.    PTK merupakan jenis penelitian yang paling sempurna untuk perbaikan proses pembelajaran
4. Berikut ini yang merupakan judul PTK adalah………..
a.    Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Surakarta dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier.
b.    Pengaruh pembelajaran Berbasis Konstruktivistik dan Kontekstual pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas V SD Jaten II.
c.    Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle  pada Materi Trigonometri di SMA
d.    Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan  Masalah Materi Perbandingan pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Karanganyar.
e.    Optimalisasi Pembelajaran Matematika  dengan Pengorganisasian Tugas Terstruktur dan Kuis pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Solo Tahun Pelajaran 2009 / 2010
5. Berikut ini yang bukan merupakan rumusan duduk kasus PTK adalah………..
a.    Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction  sanggup meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi pokok permutasi dan kombinasi di Sekolah Menengan Atas ?
b.    Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction yang sanggup meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi permutasi dan kombinasi di Sekolah Menengan Atas ?
c.    Bagaimanakah pengorganisasian kiprah terstruktur dan kuis yang sanggup mengoptimalisasikan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama ?
d.    Apakah terdapat efek pendekatan pembelajaran Open Ended  ditinjau dari kreativitas berguru siswa terhadap prestasi berguru matematika pada materi pokok statistika  di Sekolah Menengan Atas Negeri 5 Cimahi ?
e.    Apakah pengorganisasian kiprah terstruktur dan kuis sanggup mengoptimalisasikan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama ?
6. Masalah yang diangkat sebagai duduk kasus dalam PTK yakni duduk kasus tersebut harus feasible  yang artinya………………..
a.    Bersifat faktual terjadi di kelas
b.    Masalah tersebut sanggup dipecahkan
c.    Masalah tersebut perlu  untuk dipecahkan
d.    Mempunyai urgensi jangka pendek yang jelas
e.    Dapat membawa keuntungan
7. Cara pemecahan duduk kasus pada PTK ditentukan berdasarkan………..
a.    Perumusan hipotesis
b.    Identifikasi  duduk kasus penelitian
c.    Akar penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan yang terperinci dan terarah
d.    Kerangka berpikir penelitian
e.    Rumusan masalah
8. Latar belakang duduk kasus merupakan factor penting yang perlu diuraikan pada pecahan pendahuluan. Berikut ini yang bukan merupakan isi dari latar belakang duduk kasus yakni :
a.    Identifikasi alternative tindakan untuk pemecahan masalah
b.    Argumentasi logis terhadap pilihan tindakan
c.    Menulis kenyataan yang ada (kondisi awal)
d.    Adanya duduk kasus yaitu kesenjangan antara kenyataan dan harapan
e.    Perumusan dan pemecahan duduk kasus PTK
9. Empat tahapan utama dalam melakukan aktivitas PTK adalah…………….
a.    Perencanaan – refleksi – tindakan – observasi
b.    Perencanaan – tindakan – refleksi – observasi
c.    Perencanaan – tindakan – observasi – refleksi
d.    Perencanaan – observasi – tindakan – refleksi
e.    Perencanaan – observasi – refleksi – interpretasi
10. Tindakan yang dipilih dalam melakukan PTK harus applicable, artinya………..
a.    Dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas
b.    Dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran
c.    Dapat dan mungkin dilaksanakan
d.    Praktis dan sanggup diukur
e.    Dapat menjanjikan hasil yang optimal
11. Keberhasilan pelaksanaan penelitian tindakan kelas sanggup diukur dari………….
a.    Perkembangan intelegensi siswa yang cukup berarti
b.    Adanya perubahan dalam taktik berguru siswa
c.    Adanya perbaikan dalam pembelajaran
d.    Kemampuan siswa mengatasi masalahnya sendiri
e.    Kemampuan guru dalam mengatasi duduk kasus pembelajaran
12. Tahap perencanaan pada siklus I pada dasarnya yakni identifikasi duduk kasus dan penetapan alternative pemecahan masalah. Berikut ini yang bukan merupakan aktivitas pada tahap tersebut adalah……………………..
a.    Menyusun dan membuatkan scenario pembelajaran
b.    Melakukan observasi dengan memakai format observasi
c.    Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dalam PBM
d.    Menyiapkan sumber belajar
e.    Mengembangkan format penilaian dan observasi
13. Pentingnya merumuskan indicator kinerja pada usulan PTK adalah………….
a.    Sebagai tolok ukur dalam memilih keberhasilan/keefektifan PTK yg dilakukan
b.    Untuk mengetahui jumlah siklus yang perlu dilakukan pada suatu PTK
c.    Agar PTK yang dilakukan lebih berkualitas
d.    Untuk melihat kinerja guru dalam  mengelola kelas
e.    Untuk melihat kinerja siswa dalam pembelajaran
14. Kerangka berpikir yang baik antara lain memuat……………..
a.    Identifikasi duduk kasus PTK
b.    Pertautan antar variable yang diteliti dan teori yang mendasarinya
c.    Analisis duduk kasus penelitian
d.    Analisis alternative tindakan
e.    Uraian sistematis wacana kajian teori dan hasil penelitian yang relevan
15. Yang merupakan salah satu aktivitas PTK pada tahap refleksi  antara lain :
a.    Menentukan pokok materi matematika sebagai focus materi PTK
b.    Menyiapkan media pembelajaran
c.    Melakukan penilaian tindakan pada tiap siklus
d.    Menyiapkan sumber belajar
e.    Menerapkan tindakan mengacu pada scenario pembelajaran pada RPP
II. Bagian II (Bentuk Essay)
Agar anda lebih menguasai wacana PTK khususnya Proposal PTK sebagai output dari workshop PTK ini, kerjakanlah latihan berikut sesuai dengan duduk kasus pembelajaran matematika yang real anda alami di kelas.
A. Cobalah identifikasi masalah-masalah pembelajaran matematika yang paling merisaukan di kelas anda
1.    …………………………………………..
2.    …………………………………………..
3.    …………………………………………..
4.    …………………………………………..
B. Fokus permasalahan  PTK
1.    …………………………………………..
2.    …………………………………………..
3.    …………………………………………..
4.    …………………………………………..
C. Diagnosis penyebab permasalahan
1.    …………………………………………..
2.    …………………………………………..
3.    …………………………………………..
D. Alternative tindakan perbaikan pembelajaran
1.    …………………………………………..
2.    …………………………………………..
3.    …………………………………………..
E. Susunlah topic PTK dengan mengingat tiga unsur yang harus dipenuhi suatu judul PTK
•    ……………………………………………….
F. Susunlah suatu Proposal PTK yang bersesuaian dengan duduk kasus yang anda memutuskan di atas dengan mengacu pada sistematika yang ditentukan !


Sumber http://soalterlengkap.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Soal Latihan Soal Ptk Terbaru Tahun 2016"

Posting Komentar