Soal Fiqih Dan Balasan Kelas Xi Tahun Anutan 2016

1.Jinayah terbagi menjadi 3 sebut dan jelaskan !
2.Apakah orang bau tanah yang membunuh anaknya wajib diqisas ? Jelaskan !
3.Sebutkan syarat terjadinya aturan potong tangan bagi seorang pencuri !
4.Sebutkan jenis-jenis pembunuhan dan disertai dengan hukumannya !
5.Menurut kau mengapa forum peradilan harus dibuat/diadakan di lingkungan masyarakat ?
JAWABAN
A.   
1.Jarimah Hudud yakni perbuatan melanggar aturan yang jenis dan bahaya hukumannya ditentukan oleh nas yakni eksekusi had (hak Allah), 2. Jarimah Qias Diat yakni perbuatan yang diancam dengan eksekusi qisas dan diat, 3.  Jarimah Ta’zir yakni menunjukkan pelajaran yakni dengan menunjukkan eksekusi dengan aturan ta’zir (selain had dan qisas diat) dan diserahkan sepenuhnya eksekusi tsb kepada hakim.
2.Tidak, alasannya yakni salah satu syarat-syarat terjadinya qisas yakni yang membunuh bukan bapak atau ibu dari yang terbunuh akan tetapi pembunuhan tersebut menjadikan terhalangnya dukungan harta warisan dari anak yang terbunuh kepada orang bau tanah yang membunuh.
3.Syarat-syarat terjadinya aturan potong tangan terbagi kedalam tiga bagian, yaitu :
a.Syarat yang berkaitan dengan subyek, yaitu pelakunya dewasa, tidak terpaksa dan tahu bahwa perbuatan itu dilarang.
b.Syarat yang berkaitan dengan bahan curian, yaitu mengambil harta secara diam-diam, mengambil barang tanpa sepengetahuan pemiliknya dan tanpa kerelaannya, barang yang dicuri sudah keluar dari daerah penyimpanan serta barang curian sudah di tangan pencuri secara penuh.
c.Syarat yang berkaitan dengan objek, yaitu barang yang dicuri berupa harta benda dan bergerak serta mencapai satu nilai minimum tertentu (nisab).
4.Macam-macam pembunuhan disertai ddengan hukumannya
a.Pembunuhan sengaja
Hukumannya yakni diqisas bila tidak dimaafkan oleh keluarga si terbunuh, akan tetapi bila dimaafkan maka gantiannya yakni diat berat
b.Pembunuhan semi sengaja
Hukumannya yakni diat berat berupa 100 ekor unta ( 30 unta betina umur 3-4 tahun, 30 unta betina umur 4-5 tahun dan 40 ekor unta betina yang sedang hamil) dan diat ini wajib dibayar secara tunai.
c.Pembunuhan alasannya yakni kesalahan
Hukumannya yakni diat ringan berupa 100 ekor unta (masing-masing 20 ekor unta betina umur 1-2 tahun, 2-3 tahun,3-4 tahun,4-5 tahun dan 20 ekor unta jantan umur 2-3 tahun (boleh dibayar secara berangsunr-angsur atau cicil), dan yang kedua hukumannya yakni membayar kafarat.
5.Karena forum peradilan mengatur keamanan dan ketertiban masyarakat sekaligus yang menyuruh orang untuk amar ma’ruf nahi mungkar, dan bila forum peradilan ini tidak diadakan maka niscaya kehidupan di masyarakat akan kacau balau.


Sumber http://soalterlengkap.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Soal Fiqih Dan Balasan Kelas Xi Tahun Anutan 2016"

Posting Komentar