Resensi Novel Zero Class

Resensi Novel Zero Class
Penulis             : Pricillia A. W.
Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama
Tahun              : 2012
Tebal               : 272 halaman

Pricillia Anastasia Warokka ialah seorang pinky maniac dan mempunyai dua ekor anjing. Zero Class ialah novel kedua penulis. Novel dengan tebal 272 halaman ini dibentuk untuk mengenang masa Sekolah Menengan Atas ketika bersama sahabat-sahabatnya. Penulis juga memakai nama teman-temannya sebagai nama tokoh dalam novel ini.

Alur yang dipakai yaitu alur campuran, namun mayoritas memakai alur maju. Walaupun demikian, dongeng pada novel ini menarik dengan menyisipkan misteri-misteri yang terungkap sedikit demi sedikit. Penulis menyajikan ceritanya menyerupai mengupas sebuah jeruk secara perlahan. Di dalam novel ini, penulis menggambarkan beberapa konflik yang belum diketahui asal seruan terjadinya konflik tersebut.

Cara pengarang menggambarkan tokoh-tokoh dalam dongeng ini terbilang unik. Tokoh Raditya Widiantoro (Radit) digambarkan sebagai orang yang cuek, selalu memakai headphone besar berwarna merah metalik tetapi ternyata beliau mempunyai otak yang cerdas. Tokoh Nagita Valda (Gita) digambarkan sebagai orang yang menyukai warna pink dan anjing, berjiwa detektif, dan tidak mau berdiam diri mendapatkan suatu diskriminasi. Tetapi penulis terlalu banyak memunculkan nama-nama tokoh yang menciptakan para pembaca sedikit bingung.

Gaya bahasa yang dipakai penulis yaitu bahasa pergaulan sehari-hari yang gampang dipahami. Ada beberapa obrolan dalam salah satu tokoh yang memakai bahasa Inggris. Di dalam novel ini, penulis juga memakai kata-kata yang kita tebak sendiri maknanya semoga menjadikan kesan misteri.

Amanat dalam novel ini ialah penulis mengajarkan kita untuk tidak gampang mendapatkan suatu diskriminasi. Kita harus berusaha menghilangkan diskriminasi itu dengan cara apapun. Penulis ingin kita menggandakan sifat Gita yang tergambar terang di dalam cerita. Novel ini ada sekuelnya yang berjudul Zero Class: Revelation yang berisi lanjutan dari usaha Gita menghilangkan diskriminasi yang dialami 11 IPS 4.

Sumber http://yuliaps97.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Resensi Novel Zero Class"

Posting Komentar