Pengertian Kuman Dan Ciri-Ciri Bakteri

Pengertian Bakteri

Pengertian bakteri. Bakteri merupakan kelompok organisme yang tidak mempunyai membran inti sel atau disebut dengan prokariot. Bakteri termasuk ke dalam domain prokariota serta mempunyai ukuran yang sangat kecil atau mikroskopik. Bakteri juga mempunyai tugas besar dalam kehidupan. Beberapa kelompok kuman lebih dikenal sebagai penyebab benjol dan penyakit, sedangkan kelompok kuman yang lainnya sanggup menunjukkan aneka macam manfaat dibidang pangan, pengobatan, serta industri.

Struktur sel kuman relatif sederhana: tanpa nukleus (inti sel), kerangka sel, serta organel-organel lainnya ibarat mitokondria dan kloroplas. Hal tersebut yang menjadi sebuah dasar perbedaan antara sel prokariot dengan sel eukariot yang umumnya lebih kompleks.

 Bakteri merupakan kelompok organisme yang tidak mempunyai membran inti sel atau disebut de Pengertian Bakteri dan Ciri-Ciri Bakteri
Bakteri sanggup ditemukan pada hampir semua daerah ibarat di tanah, udara, udara dalam simbiosis dengan organisme lain ataupun biro benalu (patogen), bahkan kuman sanggup terdapat dalam badan manusia. Pada umumnya, kuman mempunyai ukuran 0,5-5 μm, tetapi ada juga kuman tertentu yang mempunyai diameter mencapai sampai 700 μm, yakni Thiomargarita. Mereka mempunyai dinding sel ibarat sel tumbuhan serta jamur, tetapi dengan materi pembentuk yang sangat berbeda (peptidoglikan). Beberapa jenis kuman bersifat motil atau sanggup bergerak serta mobilitasnya disebabkan oleh flagel.

Ciri-Ciri Bakteri

 Bakteri merupakan kelompok organisme yang tidak mempunyai membran inti sel atau disebut de Pengertian Bakteri dan Ciri-Ciri BakteriAdapun ciri-ciri kuman sebagai berikut :
  1. Pada umumnya kuman tersebut tidak mempunyai klorofil.
  2. Hidupnya bebas atau sebagai benalu (patogen).
  3. Bentuknya beraneka ragam.
  4. Memiliki ukuran yang kecil rata-rata sekitar 1 sampai 5 mikron.
  5. Tidak mempunyai membran inti sel atau disebut juga dengan prokariot.
  6. Kebanyakan Uniseluler atau mempunyai satu sel.
  7. Bakteri yang hidup pada lingkungan ekstrim (Archaebacteria) mempunyai dinding sel yang tidak mengandung peptidoglikan.

Itulah pengertian bakteri dan ciri-ciri bakteri. Baca juga artikel perihal virus yang menguntungkan dan merugikan.
Sumber http://woocara.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Kuman Dan Ciri-Ciri Bakteri"

Posting Komentar