Pembahasan Soal Ptk Terbaru Tahun 2016

26. Kegiatan menjelaskan pada keterampilan menjelaskan bertujuan untuk ....
A.  meningkatkan keterlibatan siswa dalam memecahkan aneka macam problem melalui cara berfikir yang lebih sistematis
B.  membimbing siswa menjawab pertanyaan “apa” yang muncul dalam proses pembelajaran
C.  mengatasi kekurangan aneka macam sumber belajar
D.  memperkirakan tingkat pemahaman siswa terhadap klarifikasi yang diberikan guru
Jawab :A.  Benar, alasannya yaitu merupakan salah satu tujuan keterampilan menjelaskan

27. Pada mata pelajaran Matematika, Pak Ali memberi kiprah kepada siswanya untuk mengerjakan soal menghitung luas suatu bidang. Lalu Pak Ali memperlihatkan rumus wacana menghitung luas suatu bidang. Dalam contoh tersebut Pak Ali sedang memperlihatkan keterampilan merencanakan klarifikasi dalam bentuk …
A.  menganalisis karakteristik peserta pesan
B.  merencanakan isi pesan
C.  pemberian tekanan
D.  penggunaan contoh dan ilustrasi
Jawab :B.  Benar, alasannya yaitu merupakan salah satu merencanakan isi pesan dalam hal menelaah hukum, rumus, dan prinsip atau generalisasi

28. Tujuan keterampilan membuka pelajaran yaitu memperlihatkan citra yang terang wacana batas-batas kiprah yang harus dikerjakan siswa, sedangkan tujuan keterampilan menutup pelajaran yaitu ....
A.  menyiapkan mental siswa untuk memasuki kegiatan inti
B.  mengetahui nilai siswa dalam kegiatan pembelajaran
C.  mengetahui keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran
D.  mengetahui keberhasilan guru dalam memperlihatkan evaluasi
Jawab :C.  Benar, alasannya yaitu merupakan salah satu tujuan keterampilan menutup pelajaran

29. Pada mata pelajaran Sains, Pak Ali membawa alat bantu mengajar berupa model “Rangka badan manusia”. Pada kegiatan tersebut Pak Ali sudah menerapkan keterampilan membuka pelajaran dengan cara …
A.  menjadikan motivasi
B.  menarik perhatian
C.  memberi acuan
D.  menciptakan kaitan
Jawab :B.  Benar, alasannya yaitu memakai alat bantu mengajar merupakan salah satu cara menarik perhataian pada komponen membuka pelajaran

30. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Ibu Ani membacakan kisah wacana “Udi Berusaha Jujur”. Pada simpulan kisah Ibu Ani memberi kiprah untuk menciptakan ringkasan dari kisah tersebut. Ringkasan kisah tersebut merupakan penerapan komponen keterampilan menutup pelajaran dalam hal …
A.  menilaiB.  memberi tindak lanjutC.  meninjau kembali
D.  menciptakan kaitan
Jawab :C.  Benar, alasannya yaitu dalam meninjau kembali ada dua cara, yaitu; merangkum inti pelajaran dan menciptakan ringkasan pada keterampilan menutup pelajaran

31. Kegiatan yang dilakukan guru dalam membuka dan menutup pelajaran harus relevan dengan bahan yang akan dibahas dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan prinsip ….
A.  berurutan
B.  berkesinambungan
C.  keterkaitan
D.  bermakna
Jawab :D.  Benar, alasannya yaitu sesuai dengan definisi prinsip bermakna

32. Dalam sebuah diskusi Pak Ali melihat Budi terlalu aktif dengan mendominasi seluruh pertanyaan dan pandangannya wacana terjadinya banjir. Dengan bijaksana kemudian Pak Ali mencegah monopoli yang dilakukan Budi. Pencegahan yang dilakukan Pak Ali sesuai dengan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil pada komponen ....
A.  memperjelas masalah
B.  menganalisis pandangan
C.  berbagi kesempatan berpartisipasi
D.  menguraikan pendapat
Jawab :C.  Benar, alasannya yaitu merupakan salah satu cara berbagi kesempatan berpartisipasi

33. Pada mata pelajaran KTK terjadi kegaduhan dengan adanya gangguan di luar kelas, melihat hal ini kemudian Pak Ali melihat setiap siswa dengan secama untuk melaksanakan interaksi dengan seluruh siswanya, baik secara individu maupun secara kelompok. Dalam keterampilan mengelola kelas, hal yang dilakukan Pak Ali yaitu ....
A.  memperlihatkan sikap tanggap
B.  membagi perhatian
C.  memberi penguatan
D.  memperlihatkan petunjuk yang jelas
Jawab :A.  Benar,  alasannya yaitu sikap tanggap guru sanggup ditunjukkan dengan cara memandang secara secama

34. Dalam keterampilan mengelola kelas yang harus diperhatikan guru biar efektif yaitu ....
A.  menekankan hal-hal yang positif
B.  tindakan dan kata-kata guru sanggup menggugah siswa untuk belajar
C.  penggunaan variasi dalam mengajar
D.  mengulangi klarifikasi yang tidak perlu
Jawab :D.  Salah, alasannya yaitu merupakan hal-hal yang harus dihindari oleh guru

35. Sebelum memberi kiprah Pak Ali terlebih dahulu menjelaskan kiprah yang harus dikerjakan. Hal ini merupakan sikap tanggap Pak Ali terhadap proses kerja siswa pada awal dimulainya kiprah tersebut, dengan cara mendekati setiap siswa yang berguru secara perorangan, apakah semua sudah berjalan lancar dan memadai. Kegiatan yang dilakukan Pak Ali merupakan komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dalam hal ....
A.  mengadakan pendekatan secara pribadi
B.  membimbing dan memudahkan belajar
C.  mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
D.  merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran
Jawab :B.  Benar, alasannya yaitu mengembangkan supervisi proses awal merupakan salah satu komponen dalam keterampilan membimbing dan memudahkan belajar

36.  Fungsi akselerasi dalam kegiatan remedial yaitu ....
A.  guru sanggup mengatasi kesulitan siswa yang berkaitan dengan aspek sosial-pribadi
B.  guru sanggup mempercepat penguasaan siswa terhadap bahan pembelajaran
C.  kegiatan remedial diadaptasi dengan kesulitan dan karakteristik siswa
D.  memperbaiki cara mengajar dan cara belajar
Jawab :B.  Benar, alasannya yaitu sesuai dengan definisi fungsi akselerasi

37. Dalam suatu diskusi, ada satu kelompok yang mengalami kesulitan pada konsep dasar wacana terjadinya banjir. Lalu guru menjelaskan kembali terjadinya banjir. Kegiatan yang dilaksanakan guru tersebut merupakan bentuk kegiatan remedial ....
A.  tutorial
B.  sumber yang relevan
C.  kegiatan kelompok
D.  mengajarkan kembali
Jawab :A.  Benar, alasannya yaitu tutorial merupakan kegiatan guru meminta santunan kepada siswa yang pandai

38. Adi dalam kegiatan pengayaan membantu menjelaskan kepada siswa lain dalam memahami proses terjadinya gerhana bulan. Jenis kegiatan pengayaan yang dilakukan melalui Adi terhadap teman-temannya yaitu mengembangkan ....
A.  media pembelajaran
B.  latihan
C.  sumber pembelajaran
D.  tutor sebaya
Jawab :D.  Benar, alasannya yaitu tutor sebaya membantu siswa lain memahami bahan pelajaran dalam menambah wawasan pengetahuan siswa

39.  Dalam melaksanakan kegiatan pengayaan, berdasarkan Arikunto faktor yang harus diperhatikan guru pada siswa yaitu ....
A.  kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa
B.  kegiatan yang disukai siswa hanya di belakang meja
C.  kegiatan yang sifatnya penjelasan
D.  kegiatan yang menuntut waktu lama
Jawab :A.  Benar, alasannya yaitu kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa daripada kegiatan di dalam kelas
40. Pak Ali memberi kiprah kepada siswa kelas V untuk meringkas kisah wacana terjadinya gerhana. Setelah ringkasan dikumpulkan, Pak Ali mengusut ringkasan Budi, alhasil sangat bagus, dan memuji ringkasan Budi. Ketika mengusut ringkasan Adi, Pak Ali merasa ringkasan Adi kurang baik dan tidak lengkap. Lalu Pak Ali meminta Adi untuk memperbaiki ringkasannya. Kegiatan Pak Ali dalam memberi kiprah kepada Adi merupakan kegiatan pengelolaan kelas didasarkan pada pendekatan ....
A.  iklim sosio-ekonomi
B.  iklim sosio-emosional
C.  proses kelompok
D.  modifikasi tingkah laku
Jawab :
D.  Benar, alasannya yaitu contoh kegiatan tersebut membantu siswa mempelajari tingkah laris yang diperlukan melalui penerapan prinsip- prinsip yang berasal dari teori penguatan

41. Di tengah-tengah inti pembelajaran, Pak Ali memberi pertanyaan “Bagaimana proses terjadinya hujan” kepada Susi, sejenak Susi berpikir, kemudian sobat yang lain mencemoohkan biar Susi cepat menjawab. Padahal pertanyaan itu sering dialami oleh Susi. Lalu Pak Ali memberi rambu-rambu wacana terjadinya hujan. Contoh tersebut merupakan problem ....
A.  pengelolaan kelas
B.  pengelolaan pembelajaran
C.  mengembangkan latihan
D.  mengembangkan media
Jawab :B.  Benar, alasannya yaitu dalam pengelolaan pembelajaran ketidaktahuan menjadi masalah

42. Pada mata pelajaran IPS, Pak Ali ingin para siswa untuk berdiskusi secara kelompok, sebelum dimulai siswa diharuskan menata dingklik setengah bulat biar seluruh peserta diskusi sanggup saling memandang, dan semua klarifikasi Pak Ali sebelum diskusi dimulai sanggup didengar dengan baik oleh seluruh siswa. Kegiatan penataan lingkungan fisik kelas tersebut sesuai dengan prinsip ....
A.  visibility
B.  accessibility
C.  flexibility
D.  comfortableness
Jawab :C.  Benar, alasannya yaitu flexibility artinya barang-barang yang ada di dalam kelas gampang ditata dan dipindah-pindahkan

43. Pak Ali memberi kiprah kepada siswa kelas VI untuk mendiskusikan problem terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat. Lalu Pak Ali membagi 5 kelompok dengan jumlah siswa 6 orang per kelompok. Pada dikala memanas Ani merasa lebih pandai kemudian mendominasi kegiatan diskusi tersebut. Adi kemudian mengambil alih keadaan tersebut dengan memperlihatkan kesempatan yang lain untuk memberi masukan. Pengambilalihan oleh Adi merupakan imbas psiko-sosial antarsiswa di kelas dalam hal ....
A.  norma
B.  kebersamaan
C.  persahabatan
D.  kepemimpinan
Jawab :D.  Benar,karena pengambilalihan yg dilakukan Adi merupakan kiprah seorang pemimpin

44. Pada penerimaan siswa gres di SD Darma Karya, salah satu yang harus diperhatikan yaitu mengambil formulir pendaftaran, dengan peminat yang banyak, kemudian para orang bau tanah mengantri dengan sabar pengambilan formulir tersebut. Contoh proses penerimaan siswa gres tersebut memperlihatkan suatu ....
A.  disiplin
B.  kesabaran
C.  kebudayaan
D.  kebiasaan
Jawab :A.  Benar, alasannya yaitu disiplin merupakan suatu aturan dan ketaatan

45. Pada pelajaran IPS di kelas V, Budi dan Hasan yang duduk di belakang berbicara berdua sampai mengganggu proses pembelajaran. Untuk menangani bencana tersebut kemudian Pak Ali memindahkan Hasan duduk di paling depan. Tindakan Pak Ali tersebut telah melaksanakan taktik penanganan disiplin kelas dalam hal ....
A.  menangani gangguan ringan
B.  menangani prilaku agresif
C.  menangani gangguan berat
D.  menangani gangguan sedang
Jawab :B.  Benar, alasannya yaitu termasuk dalamperilaku agresif


46. Budi sebagai ketua kelas diberikan kiprah oleh gurunya untuk menciptakan aturan kelas. Salah satunya yaitu siswa diharuskan sebelum pelajaran dimulai menciptakan kisah sesuai dengan topik yang akan dipelajari. Tugas yang diberikan guru tersebut merupakan penanaman disiplin kelas dalam hal ....
A.  aturan secara fleksibel
B.  meningkatkan partisipasi siswa
C.  menyesuaikan aturan sesuai dengan tingkat perkembangan anak
D.  melibatkan guru
Jawab :B.  Benar, alasannya yaitu siswa pribadi dilibatkan untuk menanamkan disiplin kelas

47. Arah dari suatu aktivitas pembelajaran berupa standar kompetensi, hal tersebut merupakan komponen perencanaan pembelajaran dalam hal ....
A.  tujuan
B.  materi
C.  strategi
D.  penilaian
Jawab :A.  Benar, alasannya yaitu merupakan komponen tujuan

48. Dalam penyusunan silabus prinsip yang harus diperhatikan yaitu ....
A.  bersifat fleksibel
B.  berdasarkan kondisi siswa
C.  memenuhi kebenaran ilmiah
D.  berdasarkan kurikulum yang berlaku
Jawab :C.  Benar, alasannya yaitu merupakan salah satu prinsip silabus

49. Sebelum pelajaran dimulai guru mengulang bahan yang kemudian dan mengadakan pretes. Kegiatan yang dilakukan guru yang efektif yaitu ....
A.  menyiapkan bahan baru
B.  menyediakan balikan
C.  melaksanakan review harian
D.  menyediakan koreksi
Jawab :C.  Benar, alasannya yaitu guru yg efektif memulai pembelajaran dengan mereviu bahan yg lalu

50. Salah satu ciri kelompok berguru berbasis problem yang efektif yaitu ....
A.  berguru secara aktif
B.  kerjasama antardisiplin
C.  peranan pengajar
D.  berguru mandiri
Jawab :A.  Benar, alasannya yaitu berguru secara aktif merupakan salah satu ciri kelompok berguru berbasis masalah

Sumber http://soalterlengkap.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pembahasan Soal Ptk Terbaru Tahun 2016"

Posting Komentar