5 Universitas Tertua Di Dunia Yang Masih Eksis

Belajar yaitu proses alami insan untuk sanggup bertahan dalam kehidupannya. Dengan belajar, insan menemukan hal-hal yang diharapkan untuk bertahan hidup serta memenuhi keingintahuannya. Dalam sejarah insan telah banyak dikenal orang-orang yang berakal dan jago dalam bidang-bidang tertentu. 


Dalam perkembangan ilmu pengetahuan, diharapkan institusi pendidikan yang menjadi daerah dimana orang-orang yang ingin berguru suatu ilmu berkumpul gotong royong mempelajarinya dengan seorang yang lebih jago untuk mengajar. Universitas yaitu suatu institusi pendidikan dan penelitian yang mengatakan gelar akademik dalam aneka macam bidang. Institusi-institusi yang telah berdiri usang melewati waktu dan bisa bertahan dengan tuntutan jaman dan perkembangan ilmu pengetahuan banyak tersebar di dunia. Ketika pendidikan telah menjadi kebutuhan, insan mencari universitas-universitas yang telah berpengalaman dan terpercaya menghasilkan lulusan-lulusan terbaiknya. Mungkin salah satu dari universitas-universitas tertua di dunia ini bisa jadi materi pertimbangan untuk anda atau anak anda meneruskan jenjang pendidikan.


1. Universitas Al Qawariyyin



Universitas Al Qawariyyin


 Awalnya Al-Qarawiyyin yaitu cuilan dari masjid, didirikan pada tahun 859 oleh Fatima al-Fihria, putri seorang pedagang kaya berjulukan Muhammad Al-Fihri. Keluarga Al-Fihri telah bermigrasi dari Kairouan (di sinilah asal nama masjid), Tunisia ke Fes, Maroko pada awal era ke-9, bergabung dengan komunitas pendatang lainnya dari Kairouan yang telah menetap di sebuah distrik barat kota. Fatima dan kakaknya Mariam, keduanya yaitu orang yang berpendidikan, mewarisi sejumlah besar uang dari ayah mereka. Fatima berjanji untuk menghabiskan seluruh warisannya pada pembangunan masjid yang cocok untuk komunitasnya.

A-Qawariyyin berkembang menjadi daerah berguru agama dan diskusi politik. Universitas ini telah dan terus menjadi salah satu pusat spiritual dan pendidikan terkemuka dari dunia Muslim. Keberadaan universitas ini sebagai Universitas Abad Peetengahan mendapat restu dan santunan penuh dari Sultan penguasa Kerajaan Maroko. Kemudian, pada tahun 1957, berkembang dengan dilengkapi bidang ilmu matematika, fisika, kimia, dan bahasa asing.
Institusi Al-Qarawiyyin dianggap oleh buku Guinness Book of World Records , UNESCO dan banyak sejarawan sebagai universitas pemberi gelar akademik tertua yang masih beroperasi di dunia. Namun, klaim ini ditentang oleh sejarawan lain yang menganggap bahwa universitas-universitas era pertengahan di dunia Islam dan universitas Eropa era pertengahan diikuti lintasan sejarah sangat berbeda hingga sebelumnya diperluas untuk yang terakhir dalam zaman modern, dan sertifikat yang diberikan dalam universitas non-Eropa menyimpang dalam konsep dan mekanisme dari doktoral era pertengahan di mana gelar universitas modern berevolusi.


2. Universitas Al Azhar


Universitas Al Azhar

Universitas Al-Azhar berada di ibukota Mesir, Kairo, dimana universitas ini didirikan antara tahun 970-972. Pada awalnya Al Azhar memakai konsep forum pendidikan Madrasah yang hanya mengajar siswa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah atas. Walaupun gres mendapat status universitas pada tahun 1961, Universitas Al azhar dikenal sebagai pencetus pendidikan tinggi di dunia terutama di kalangan cendikiawan Muslim.  Selain sebagai universitas tertua di dunia sesudah Al-Qarawiyyin, universitas ini juga merupakan salah satu pusat pendidikan utama sastra dan literatur Arab, Islam Sunni, dan aneka macam pembelajaran Al-Quran.

Selain itu, di universitas ini juga diajarkan ilmu pengetahuan modern dan juga terdapat sebuah perpustakaan yang dianggap sebagai harta karun Islam. Karena hal itulah, banyak ulama-ulama besar yang berguru ditempat ini, termasuk juga ulama-ulama Indonesia. 


 Dalam sejarahnya Al Azhar sering menjadi korban kekacauan politik di negerinya. Salah satu yang paling fenomena yaitu perang antar khalifah pada era ke-12 yang mengkremasi lebih dari 100.000 catatan ilmiah. Kini Al- Azhar juga mengatakan aktivitas pendidikan bisnis, ekonomi, sains, kedokteran, teknik juga pertanian untuk mempertahankan eksistensinya.

3. Universitas Bologna



Universitas Paris

Universitas ini yaitu forum pendidikan tinggi pertama yang didirikan di Eropa pada tahun 1088, di Bologna, Italia. Sejak didirikan hingga ketika ini Universitas Bologna tidak pernah menghentikan kegiatan pendidikannya. 

Pada zaman Abad Pertengahan, universitas ini hanya mengajarkan aktivitas studi tingkat doktor namun kini banyak aktivitas studi kesarjanaan. Universitas Bologna termasuk universitas yang berada di peringkat atas hingga masa perang dunia kedua. Pada masa itu, para pemimpin menempatkan mahasiswa-mahasiswa mereka di universitas untuk menjalin korelasi dengan institusi-institusi di negara yang lebih maju untuk memperkuat filosofi pendidikannya. 

Hingga ketika ini, Universitas yang sudah mempunyai 23 fakultas ini masih dianggap sebagai salah satu universitas yang maju dan terbaik dalam hal sistem pendidikan di Eropa. Dan fakta uniknya yaitu kata Almamater yang kita kenal ternyata berasal dari universitas ini yaitu moto Almamater Studi.

4. Universitas Paris



Universitas Paris

Tidak terang siapa pendiri universitas ini dan tidak ada catatan niscaya yang menyebutkan kapan universitas ini berdiri. Namun, proses berguru mengajar di universitas ini telah berlangsung semenjak 1096. Kemudian, terjadi reorganisasi menjadi 13 universitas otonomi pada tahun 1970. Seringkali disebut sebagai Sorbonne sesudah College de Sorbonne yang didirikan sekitar tahun 1257. Universitas ini berkembang pada tamat era 12 di wilayah Katedral Notre Dame sebagai sebuah pusat pembelajaran bidang seni, kedokteran, hukum, dan teologi. 

Universitas ini sempat dilarang operasinya antara tahun 1793 hingga 1896 sebab Revolusi Perancis yang menggulingkan Raja Louis XVI.  Sampai sekarang, universitas ini menjadi salah satu universitas paling populer dan prestisius di dunia, dimana sudah banyak para Ilmuwan, pemenang Nobel, hingga politikus yang menempuh pendidikan di universitas ini.

Universitas ini telah dipecah menjadi 13 universitas berdikari yang kampus-kampusnya tersebar di seluruh wilayah kota Paris. Bebrapa diantaranya mendapat peringkat tertinggi menyerupai Universite Pierre et marie Curie dan Universite Paris-Sud. 

5. Universitas Oxford



Universitas Oxford

Universitas Oxford yaitu salah satu universitas tertua di dunia yang terletak di kota Oxford, Inggris. Seperti juga Universitas Paris, universitas ini juga tidak terang kapan didirikannya, tapi secara formal disebutkan bahwa universitas Oxford didirikan pada tahun 1096.

Universitas ini berkembang pesat sesudah Raja Inggris ketika itu yaitu Raja Henry II melarang mahasiswa-mahasiswa Inggris berguru di universitas Paris pada tahun 1167. Universitas Oxford sempat ditutup dua kali. Pertama, pada tahun 1209 dan tahun 1355 sebab kerusuhan St Scholastica. Saat ini, universitas berbahasa Inggris tertua ini, mempunyai 38 jurusan dengan struktur internalnya masing-masing. 


Hingga kini universitas ini dianggap sebagai salah satu universitas terbaik di dunia dimana beberapa Perdana Mentri Inggris serta pemenang hadiah Nobel tercatat sebagai alumninya. Salah satu alumninya yang populer yaitu Stephen William Hawkings, seorang Profesor Matematika populer dan jago fisika Teori Gravitasi Kuantum.

Sumber

https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Al-Qarawiyyin

https://www.topuniversities.com/blog/10-oldest-universities-world



Sumber http://d1ahk.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "5 Universitas Tertua Di Dunia Yang Masih Eksis"

Posting Komentar