Soal Ulangan Ilmu Hadis Kelas X Agama Semester Ganjil
1. Segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad berupa perkataan, perbuatan, taqrir, atau sifat disebut…..
a. sunnah d. hadis qudsi
b. hadis e. qiyas
c. ijma’
اَقْوَالُهُ وَاَفْعَالُهُ وتَقْرِيْرُهُ الَّتِى تَثْبُتُ اْلاَحْكَامُ وَتَقَرَّرُهَا
2. Pengertian hadis tersebut diatas yaitu menurut……..
a. ulama hadis c. muhaddisin e. ijma’ ulama
b. ulama tafsir d. ulama usul
3. Ditinjau dari segi bahasa ,kata hadits memiliki beberapa arti,diantaranya adalah
a. Perintah c. acara e. lama
b. dekat d. aturan
4. Ilmu-ilmu yang membahas atau berkaitan dengan hadis Nabi Muhammad saw disebut…
a. Hadis d. hadis dirayah
b. hadis riwayah e. hadis qauliyah
c. ulumul hadis
5. Ilmu pengetahuan yang meliputi perkataan dan perbuatan Nabi SAW, baik periwayatannya, pemeliharaannya, maupun penulisan atau pembukuan lafaz-lafaznya, yaitu pengertian hadis riwayah menurut……
a. Ibnu al-Akfani d. As-Suyuti
b. Muhammad ‘Ajjaj al-Khatib e. Imam Muslim
c. Imam Al-Bukhori
6. Kumpulan kaidah-kaidah yang diketahui dengannya kedaan perawi dan sesuatu yang diriwayatkan, yaitu pengertian……
a. Ilmu hadis d. Ilmu hadis riwayah
b. Ilmu hadis dirayah e. Ilmu nasikh wal-mansukh
c. Ilmu rijal al-hadis
7. Nabi Muhammad saw ketika kembali mengerjakan Isra’ Mi’raj kemudian mengajarkan para sahabatnya tata cara sholat,zakat dan lain-lainya termasuk katagori hadits
a. Pi’liyah c. taqririyah e. hammiyah
b. Qauliyah d. ahwaliyah
8. Pada suatu ketika Nabi berjalan bersama para sahabatnya ditengah perjalanan Nabi meliat Khalid bin walid sedang memperabukan daging biawak,Khalid bin walid menyuruh Nabi untuk merasakan daging tersebut Nabi menjawab daging ini tidak biasa saya makan,ini termasuk katagori hadits
a. Pi’liyah c. taqririyah e. hammiyah
b. Qauliyah d. ahwaliyah
9. Nabi Muhammad saw pernah berkumpul dengan para sahabat,pada ketika itu Nabi melihat Abu Bakar menggunakan cin-cin terbuat dari emas dan perak kemudian Nabi perintahkan Abu Bakar untuk membuangnya,termasuk katagori hadits
a. Pi’liyah c. taqririyah e. hammiyah
b. Qauliyah d. ahwaliyah
10. Secara garis besar objek kajian atau pokok bahasan ilmu hadis dirayah adalah….
a. Ketersambungan sanad d. sanad dan matan
b. matan e. sanad
c. redaksi hadis
11. Dibawah ini yaitu penggalan dari pembahasan sanad kecuali…….
a. ‘illat d. martabat sanad
b. syaz e. fasad al-ma’na
c. ittisal as-sanad
12. Rangkaian atau urutan rijal yang mengantar kepada matan hadis disebut…..
a. matnul hadis d. ‘illat hadis
b. sanadul hadis e. hadis sohih
c. syadz
13. Ilmu yang tidak membicarakan syadz dan ‘illat matan hadis adalah…..
a. rijalul hadis d. ilmu hadis riwayah
b. ilmu hadis dirayah e. jarh wa ta’dil
c. ilmu mushtholahul hadis
14. Qaul Nabi yang terletak dipenghujung sanad disebut……
a. rowi hadis d. sanad hadis
b. marwi hadis e. ilmu hadis
c. matan hadis
15. Mengetahui kualitas sebuah hadis, apakah ia maqbul (diterima) dan mardud (ditolak), baik dilihat dari sudut sanad maupun matannya yaitu faedah mempelajari…….
a. ilmu hadis d. ilmu hadis dirayah
b. ilmu hadis riwayah e. ilmu rijalul hadis
c. ilmu asbabul wurud
16. Ilmu mushtholahul hadits yaitu nama lain dari ……
a. ilmu rijalul hadits d. talfiq hadits
b. goribul hadits e. ilmu hadis riwayah
c. ilmu hadis dirayah
17. Untuk menghidari adanya penukilan hadis yang salah dari sumbernya yang utama yaitu Nabi SAW. yaitu fungsi mempelajari ……
a. ilmu hadis d. ilmu hadis diroyah
b. ilmu hadis riwayah e. nasikh wa mansukh
c. ilmu ushul fiqhi
18. Arti dhabit pada ilmu hadis adalah….
a. jujur d. berpengaruh ingatan
b. adil e. lemah ingatan
c. bijaksana
19. Abu Bakar as-Siddiq,menurut Aisyah pernah memperabukan catatannya yang berisi sekitar 500 hadis. Hal itu dilakukan karena….
a. dia sedih kehilangan Rasulullah
b. dia khawatir berbuat salah dalam meriwayatkan hadis
c. dia tidak menyukai hadis Nabi
d. dia sudah hafal semua hadis yang disampaikan Rasul SAW
e. dia ingat larangan Nabi SAW untuk tidak menulis hadis-hadisnya
20. Periwayatan hadis sanggup diterima apabila disertai saksi, atau periwayat berani disumpah. Ini yaitu syarat periwayatan hadis sanggup diterima menurut…..
a. Umar bin Khattab r.a d. Anas bin Malik
b. Imam Al-Bukhori e. Abu Bakar As-Siddik dan Umar bin Khattab
c. Abu Bakar as-Siddiq
21. Periode ‘asru intisyar ar-riwayah terjadi pada masa…..
a. tabiin d. Rasulullah
b. sahabat e. tabiut tabiin
c. Rasulullah dan sahabat
22. Pembukuan hadis pertama kali dilakukan pada masa……
a. Khalifah Umar bin Abdul Aziz d. Khalifah Harun Ar-Rasyid
b. Khalifah Ali bin Abi Thalib e. Khalifah Usman bin Affan
c. Khalifah Umar bin Khattab
23. Kitab hadis yang merupakan hasil kodifikasi pada tahap permulaan yaitu karya Imam Malik bin Anas, berjudul:
a. Al-Jami’usshohih d. as-Sahih
b. as-Sunan e. al- Muwatta’
c. as-Sahifah
24. Abdurrahman bin Sakhr al-Azdi lebih populer dengan panggilan ….
a. Anas bin Malik d. Zaid bin Tsabit
b. Abdullah bin Umar e. Ibnu Umar
c. Abu Hurairah
25. Abu Hurairah paling banyak menghafal hadis Nabi SAW , alasannya yaitu fator-faktor dibawah ini kecuali…..
a. usianya cukup panjang d. penghuni suffah di masjid Nabawi
b. hafalan dan ingatannya kuat e. pertama kali masuk Islam
c. selalu menghadiri majlis Nabi
26. Perhatikan pernyataan berikut:
1. ia tergolong sobat terdahulu masuk Islam dan berusia panjang
2. selalu hadir di majlis-majlis Nabi SAW dan menghafal 2.630 hadis
3. tidak punya ambisi kedudukan dan menjauhkan diri dari banyak sekali konflik politik
Pernyataan tersebut diatas menggambarkan sosok periwayat hadis bernama….
a. Anas bin Malik d. Zaid bin Tsabit
b. Abdullah bin Zubair e. Ibnu Umar
c. Abu Hurairah
27. Nabi SAW memanggilnya “Ya zal-uzunani” dan mendo’akannya semoga Allah memperbanyak harta dan anaknya serta menjadi penghuni surga. Ungkapan Nabi tersebut diperuntukan bagi periwayat hadis bernama…..
a. Imam Al-Ghazali d. Anas bin Malik
b. Abu Hurairah e. Abdullah bin Abbas
c. Abdullah bin Umar
28. Al-mukassirun fil hadis yaitu sebutan bagi sobat Nabi SAW yang meriwayatkan hadis….
a. lebih dari 500 hadis d. lebih dari 2000 hadis
b. kurang dari 1000 hadis e. antara 500 hingga 1000 hadis
c. lebih dari 1000 hadis
29. Salah seorang “al-mukassirun fil hadis” yang merupakan anak dari paman Nabi saw. adalah….
a. Abdullah bin Mas’ud d. Malik bin Anas
b. Abdurrahman bin Auf e. Anas bin Malik
c. Abdullah bin Abbas
30. . اَلَّلهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلَّمَهُ التَّأْوِيْلَ yaitu do’a Nabi saw. untuk……
a. Abdullah bin Mas’ud d. Malik bin Anas
b. Abdurrahman bin Auf e. Anas bin Malik
c. Abdullah bin Abbas
31. Hadis terhimpun secara tertib penggalan perbab terjadi pada masa…..
a. tabi’in d. rasulullah dan sahabat
b. rasulullah e. tabiut tabi’in
c. sahabat
32. Kata atsar dari segi bahasa memiliki arti sebagai berikut
a. Sesuatu yang baru d. do’a
b. Sisa dari sesuatu e. debu
c. Barang bekas
33. Para ulama’ berbeda pendapatdalam memahami istilah hadits,sunnah,khabar,dan atsar,untuk menghindari perbedaan tersebut ulama’ahli fiqih menggunakan istilah atsar hanya untuk
a. Para sahabat,tabiin,dan ulama’salaf d. Nabi dan ulama’salaf
b. Nabi dan tabiin e. Nabi dan khulafaurrasyidin
c. Jumhur ulama’
34. Khabar dari segi bahasa diartikan oleh ulama’hadits adalah
a. Warta berita d. desas desus
b. Peristiwa e. isu
c. Sisa sesuatu
35. Berbagai pendapat para ulama’haditsmendifinisikan khabar sebagai berikut
a. Suatu info yang diterima dari Nabi Muhammad saw,sahabat,dan tabi’in d. Suatu info yang diterima dari sobat dan tabi’in
b. Suatu info yang mengandung hukum e. Suatu info yang khusus dari sobat Nabi
c. Suatu info yang berasal dari ulama’ hadits
36. Puncak kejayaan pembukuan hadis terjadi pada abad…
a. 4 H d. 1 H
b. 3 H e. 5 H
c. 2 H
37. Sufyan Ats-Tsauri yaitu ulama’ yang membukukan hadis di….
a. Mekah d. Bashrah
b. Madinah e. Siriya
c. Kufah
38. Abu Abdillah Muhammad bin Ismail yaitu nama lain dari…….
a. Imam at-Turmuzi d. Imam Muslim
b. Imam Abu Daud e. Imam al-Bukhori
c. Imam An-Nasa’i
39. Dibawah ini yaitu para andal hadis yang menjadi guru Imam Bukhori kecuali…….
a. Anas bin Malik d. Yahya bin Ma’in
b. Ali bin al-Madani e. Muhammad bin Rahawaih
c. Imam Ahmad bin Hambal
40. Para ulama memperlihatkan gelar kepada Imam al-Bukhari dengan sebutan….
a. asy-syaikhani d. Muhsin Nisabur
b. Amirul mu’minin fil hadis e. Muttafaqun ‘Alaih
c. al-hafiz
41. Imam Muslim dilahirkan di….
a. Bukhora d. Uzbekistan
b. Nisabur e. Bagdad
c. Samarkan
42. Asy-syaikhani yaitu panggilan kehormatan bagi………
a. Imam al-Bukhari d. Imam Muslim
b. Imam at-Turmuzi e. guru besar
c. Imam Muslim dan Imam al-Bukhari
43. Pentakhrij hadis yang mencar ilmu kepada Imam Ahmad bin Hambal dan ia penganut fiqih mazhab Hambali adalah…
a. Imam an-Nasa’I d. Imam at-Turmuzi
b. Imam al-Bukhari e. Imam Ibnu Majah
c. Imam Abu Daud
44. Pentakhrij hadis yang menulis kitab hadis dengan cara mengklasifikasikan kualitas hadis menjadis sahih, hasan dan da’if, adalah……..
a. Imam an-Nasa’I d. Imam at-Turmuzi
b. Imam al-Bukhari e. Imam Ibnu Majah
c. Imam Abu Daud
45. Muttafaq ‘Alaih yaitu istilah dalam hadis yang periwayatannya disepakati oleh…..
a. Imam an-Nasa’I dan Imam Abu Daud d. Imam at-Turmuzi dan Imam Ibnu Majah
b. Imam al-Bukhari dan Imam at-Turmuzi e. Imam Bukhori dan Imam Muslim
c. Imam Abu Daud dan Imam Muslim
46. Imam hadis yang lahir bertepatan dengan tahun meninggalnya sobat Anas bin Malik ra adalah……..
a. Imam Abu Daud d. Imam at-Turmuzi
b. Imam Malik bin Anas e. Imam ad-Darimi
c. Imam an-Nasa’i
47. Sulaiman bin al-Asy ‘asy bin Ishaq, yaitu nama lengkap dari……
a. Imam Abu Daud d. Imam at-Turmuzi
b. Imam Ahmad bin Hambal e. Imam ad-Darimi
c. Imam an-Nasa’i
48. Imam Ahmad bin Hambal dilahirkan dikota…..
a. Bagdad d. Madinah
b. Bashrah e. Uzbekistan
c. Makkah
49. Apabila semua umat islam mengakui dan membenarkan kerasulan Muhammad saw konsekwensi logisnya adalah
a. Menerima apa yang dibawanya d. Cukup diimani
b. Karena Rasul juga insan maka dia juga sanggup salah e. Sebagai materi pertimbangan untuk menetapkan hukum
c. Menerima apa yang sanggup ditambah
50. Salah satu fungsi hadits yaitu sebagai bayan at-tafsir maksudnya
a. Memberikan rincian dan klarifikasi terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang masih global
b. Menetapkan aturan tersendiri yang belum dijumpai dalam Al-Qur’an
c. Menjelaskan adanya perbedaan antara Al-Qu’an dan dan hadits
d. Menguatkan aturan yang telah ada dalam Al-Qur’an
e. Menjelaskan ayat Al-Qur’an yang bersifat mutlak
Sumber http://lihatsoal.blogspot.com
a. sunnah d. hadis qudsi
b. hadis e. qiyas
c. ijma’
اَقْوَالُهُ وَاَفْعَالُهُ وتَقْرِيْرُهُ الَّتِى تَثْبُتُ اْلاَحْكَامُ وَتَقَرَّرُهَا
2. Pengertian hadis tersebut diatas yaitu menurut……..
a. ulama hadis c. muhaddisin e. ijma’ ulama
b. ulama tafsir d. ulama usul
3. Ditinjau dari segi bahasa ,kata hadits memiliki beberapa arti,diantaranya adalah
a. Perintah c. acara e. lama
b. dekat d. aturan
4. Ilmu-ilmu yang membahas atau berkaitan dengan hadis Nabi Muhammad saw disebut…
a. Hadis d. hadis dirayah
b. hadis riwayah e. hadis qauliyah
c. ulumul hadis
5. Ilmu pengetahuan yang meliputi perkataan dan perbuatan Nabi SAW, baik periwayatannya, pemeliharaannya, maupun penulisan atau pembukuan lafaz-lafaznya, yaitu pengertian hadis riwayah menurut……
a. Ibnu al-Akfani d. As-Suyuti
b. Muhammad ‘Ajjaj al-Khatib e. Imam Muslim
c. Imam Al-Bukhori
6. Kumpulan kaidah-kaidah yang diketahui dengannya kedaan perawi dan sesuatu yang diriwayatkan, yaitu pengertian……
a. Ilmu hadis d. Ilmu hadis riwayah
b. Ilmu hadis dirayah e. Ilmu nasikh wal-mansukh
c. Ilmu rijal al-hadis
7. Nabi Muhammad saw ketika kembali mengerjakan Isra’ Mi’raj kemudian mengajarkan para sahabatnya tata cara sholat,zakat dan lain-lainya termasuk katagori hadits
a. Pi’liyah c. taqririyah e. hammiyah
b. Qauliyah d. ahwaliyah
8. Pada suatu ketika Nabi berjalan bersama para sahabatnya ditengah perjalanan Nabi meliat Khalid bin walid sedang memperabukan daging biawak,Khalid bin walid menyuruh Nabi untuk merasakan daging tersebut Nabi menjawab daging ini tidak biasa saya makan,ini termasuk katagori hadits
a. Pi’liyah c. taqririyah e. hammiyah
b. Qauliyah d. ahwaliyah
9. Nabi Muhammad saw pernah berkumpul dengan para sahabat,pada ketika itu Nabi melihat Abu Bakar menggunakan cin-cin terbuat dari emas dan perak kemudian Nabi perintahkan Abu Bakar untuk membuangnya,termasuk katagori hadits
a. Pi’liyah c. taqririyah e. hammiyah
b. Qauliyah d. ahwaliyah
10. Secara garis besar objek kajian atau pokok bahasan ilmu hadis dirayah adalah….
a. Ketersambungan sanad d. sanad dan matan
b. matan e. sanad
c. redaksi hadis
11. Dibawah ini yaitu penggalan dari pembahasan sanad kecuali…….
a. ‘illat d. martabat sanad
b. syaz e. fasad al-ma’na
c. ittisal as-sanad
12. Rangkaian atau urutan rijal yang mengantar kepada matan hadis disebut…..
a. matnul hadis d. ‘illat hadis
b. sanadul hadis e. hadis sohih
c. syadz
13. Ilmu yang tidak membicarakan syadz dan ‘illat matan hadis adalah…..
a. rijalul hadis d. ilmu hadis riwayah
b. ilmu hadis dirayah e. jarh wa ta’dil
c. ilmu mushtholahul hadis
14. Qaul Nabi yang terletak dipenghujung sanad disebut……
a. rowi hadis d. sanad hadis
b. marwi hadis e. ilmu hadis
c. matan hadis
15. Mengetahui kualitas sebuah hadis, apakah ia maqbul (diterima) dan mardud (ditolak), baik dilihat dari sudut sanad maupun matannya yaitu faedah mempelajari…….
a. ilmu hadis d. ilmu hadis dirayah
b. ilmu hadis riwayah e. ilmu rijalul hadis
c. ilmu asbabul wurud
16. Ilmu mushtholahul hadits yaitu nama lain dari ……
a. ilmu rijalul hadits d. talfiq hadits
b. goribul hadits e. ilmu hadis riwayah
c. ilmu hadis dirayah
17. Untuk menghidari adanya penukilan hadis yang salah dari sumbernya yang utama yaitu Nabi SAW. yaitu fungsi mempelajari ……
a. ilmu hadis d. ilmu hadis diroyah
b. ilmu hadis riwayah e. nasikh wa mansukh
c. ilmu ushul fiqhi
18. Arti dhabit pada ilmu hadis adalah….
a. jujur d. berpengaruh ingatan
b. adil e. lemah ingatan
c. bijaksana
19. Abu Bakar as-Siddiq,menurut Aisyah pernah memperabukan catatannya yang berisi sekitar 500 hadis. Hal itu dilakukan karena….
a. dia sedih kehilangan Rasulullah
b. dia khawatir berbuat salah dalam meriwayatkan hadis
c. dia tidak menyukai hadis Nabi
d. dia sudah hafal semua hadis yang disampaikan Rasul SAW
e. dia ingat larangan Nabi SAW untuk tidak menulis hadis-hadisnya
20. Periwayatan hadis sanggup diterima apabila disertai saksi, atau periwayat berani disumpah. Ini yaitu syarat periwayatan hadis sanggup diterima menurut…..
a. Umar bin Khattab r.a d. Anas bin Malik
b. Imam Al-Bukhori e. Abu Bakar As-Siddik dan Umar bin Khattab
c. Abu Bakar as-Siddiq
21. Periode ‘asru intisyar ar-riwayah terjadi pada masa…..
a. tabiin d. Rasulullah
b. sahabat e. tabiut tabiin
c. Rasulullah dan sahabat
22. Pembukuan hadis pertama kali dilakukan pada masa……
a. Khalifah Umar bin Abdul Aziz d. Khalifah Harun Ar-Rasyid
b. Khalifah Ali bin Abi Thalib e. Khalifah Usman bin Affan
c. Khalifah Umar bin Khattab
23. Kitab hadis yang merupakan hasil kodifikasi pada tahap permulaan yaitu karya Imam Malik bin Anas, berjudul:
a. Al-Jami’usshohih d. as-Sahih
b. as-Sunan e. al- Muwatta’
c. as-Sahifah
24. Abdurrahman bin Sakhr al-Azdi lebih populer dengan panggilan ….
a. Anas bin Malik d. Zaid bin Tsabit
b. Abdullah bin Umar e. Ibnu Umar
c. Abu Hurairah
25. Abu Hurairah paling banyak menghafal hadis Nabi SAW , alasannya yaitu fator-faktor dibawah ini kecuali…..
a. usianya cukup panjang d. penghuni suffah di masjid Nabawi
b. hafalan dan ingatannya kuat e. pertama kali masuk Islam
c. selalu menghadiri majlis Nabi
26. Perhatikan pernyataan berikut:
1. ia tergolong sobat terdahulu masuk Islam dan berusia panjang
2. selalu hadir di majlis-majlis Nabi SAW dan menghafal 2.630 hadis
3. tidak punya ambisi kedudukan dan menjauhkan diri dari banyak sekali konflik politik
Pernyataan tersebut diatas menggambarkan sosok periwayat hadis bernama….
a. Anas bin Malik d. Zaid bin Tsabit
b. Abdullah bin Zubair e. Ibnu Umar
c. Abu Hurairah
27. Nabi SAW memanggilnya “Ya zal-uzunani” dan mendo’akannya semoga Allah memperbanyak harta dan anaknya serta menjadi penghuni surga. Ungkapan Nabi tersebut diperuntukan bagi periwayat hadis bernama…..
a. Imam Al-Ghazali d. Anas bin Malik
b. Abu Hurairah e. Abdullah bin Abbas
c. Abdullah bin Umar
28. Al-mukassirun fil hadis yaitu sebutan bagi sobat Nabi SAW yang meriwayatkan hadis….
a. lebih dari 500 hadis d. lebih dari 2000 hadis
b. kurang dari 1000 hadis e. antara 500 hingga 1000 hadis
c. lebih dari 1000 hadis
29. Salah seorang “al-mukassirun fil hadis” yang merupakan anak dari paman Nabi saw. adalah….
a. Abdullah bin Mas’ud d. Malik bin Anas
b. Abdurrahman bin Auf e. Anas bin Malik
c. Abdullah bin Abbas
30. . اَلَّلهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلَّمَهُ التَّأْوِيْلَ yaitu do’a Nabi saw. untuk……
a. Abdullah bin Mas’ud d. Malik bin Anas
b. Abdurrahman bin Auf e. Anas bin Malik
c. Abdullah bin Abbas
31. Hadis terhimpun secara tertib penggalan perbab terjadi pada masa…..
a. tabi’in d. rasulullah dan sahabat
b. rasulullah e. tabiut tabi’in
c. sahabat
32. Kata atsar dari segi bahasa memiliki arti sebagai berikut
a. Sesuatu yang baru d. do’a
b. Sisa dari sesuatu e. debu
c. Barang bekas
33. Para ulama’ berbeda pendapatdalam memahami istilah hadits,sunnah,khabar,dan atsar,untuk menghindari perbedaan tersebut ulama’ahli fiqih menggunakan istilah atsar hanya untuk
a. Para sahabat,tabiin,dan ulama’salaf d. Nabi dan ulama’salaf
b. Nabi dan tabiin e. Nabi dan khulafaurrasyidin
c. Jumhur ulama’
34. Khabar dari segi bahasa diartikan oleh ulama’hadits adalah
a. Warta berita d. desas desus
b. Peristiwa e. isu
c. Sisa sesuatu
35. Berbagai pendapat para ulama’haditsmendifinisikan khabar sebagai berikut
a. Suatu info yang diterima dari Nabi Muhammad saw,sahabat,dan tabi’in d. Suatu info yang diterima dari sobat dan tabi’in
b. Suatu info yang mengandung hukum e. Suatu info yang khusus dari sobat Nabi
c. Suatu info yang berasal dari ulama’ hadits
36. Puncak kejayaan pembukuan hadis terjadi pada abad…
a. 4 H d. 1 H
b. 3 H e. 5 H
c. 2 H
37. Sufyan Ats-Tsauri yaitu ulama’ yang membukukan hadis di….
a. Mekah d. Bashrah
b. Madinah e. Siriya
c. Kufah
38. Abu Abdillah Muhammad bin Ismail yaitu nama lain dari…….
a. Imam at-Turmuzi d. Imam Muslim
b. Imam Abu Daud e. Imam al-Bukhori
c. Imam An-Nasa’i
39. Dibawah ini yaitu para andal hadis yang menjadi guru Imam Bukhori kecuali…….
a. Anas bin Malik d. Yahya bin Ma’in
b. Ali bin al-Madani e. Muhammad bin Rahawaih
c. Imam Ahmad bin Hambal
40. Para ulama memperlihatkan gelar kepada Imam al-Bukhari dengan sebutan….
a. asy-syaikhani d. Muhsin Nisabur
b. Amirul mu’minin fil hadis e. Muttafaqun ‘Alaih
c. al-hafiz
41. Imam Muslim dilahirkan di….
a. Bukhora d. Uzbekistan
b. Nisabur e. Bagdad
c. Samarkan
42. Asy-syaikhani yaitu panggilan kehormatan bagi………
a. Imam al-Bukhari d. Imam Muslim
b. Imam at-Turmuzi e. guru besar
c. Imam Muslim dan Imam al-Bukhari
43. Pentakhrij hadis yang mencar ilmu kepada Imam Ahmad bin Hambal dan ia penganut fiqih mazhab Hambali adalah…
a. Imam an-Nasa’I d. Imam at-Turmuzi
b. Imam al-Bukhari e. Imam Ibnu Majah
c. Imam Abu Daud
44. Pentakhrij hadis yang menulis kitab hadis dengan cara mengklasifikasikan kualitas hadis menjadis sahih, hasan dan da’if, adalah……..
a. Imam an-Nasa’I d. Imam at-Turmuzi
b. Imam al-Bukhari e. Imam Ibnu Majah
c. Imam Abu Daud
45. Muttafaq ‘Alaih yaitu istilah dalam hadis yang periwayatannya disepakati oleh…..
a. Imam an-Nasa’I dan Imam Abu Daud d. Imam at-Turmuzi dan Imam Ibnu Majah
b. Imam al-Bukhari dan Imam at-Turmuzi e. Imam Bukhori dan Imam Muslim
c. Imam Abu Daud dan Imam Muslim
46. Imam hadis yang lahir bertepatan dengan tahun meninggalnya sobat Anas bin Malik ra adalah……..
a. Imam Abu Daud d. Imam at-Turmuzi
b. Imam Malik bin Anas e. Imam ad-Darimi
c. Imam an-Nasa’i
47. Sulaiman bin al-Asy ‘asy bin Ishaq, yaitu nama lengkap dari……
a. Imam Abu Daud d. Imam at-Turmuzi
b. Imam Ahmad bin Hambal e. Imam ad-Darimi
c. Imam an-Nasa’i
48. Imam Ahmad bin Hambal dilahirkan dikota…..
a. Bagdad d. Madinah
b. Bashrah e. Uzbekistan
c. Makkah
49. Apabila semua umat islam mengakui dan membenarkan kerasulan Muhammad saw konsekwensi logisnya adalah
a. Menerima apa yang dibawanya d. Cukup diimani
b. Karena Rasul juga insan maka dia juga sanggup salah e. Sebagai materi pertimbangan untuk menetapkan hukum
c. Menerima apa yang sanggup ditambah
50. Salah satu fungsi hadits yaitu sebagai bayan at-tafsir maksudnya
a. Memberikan rincian dan klarifikasi terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang masih global
b. Menetapkan aturan tersendiri yang belum dijumpai dalam Al-Qur’an
c. Menjelaskan adanya perbedaan antara Al-Qu’an dan dan hadits
d. Menguatkan aturan yang telah ada dalam Al-Qur’an
e. Menjelaskan ayat Al-Qur’an yang bersifat mutlak
0 Response to "Soal Ulangan Ilmu Hadis Kelas X Agama Semester Ganjil"
Posting Komentar