Pengertian Tanggung Jawab Dan Pembagiannya

Tanggung Jawab ialah dimana suatu keadaan yang wajib menanggung segala sesuatunya. sehingga bertanggung jawab ialah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, dan memperlihatkan jawab serta menanggung akibatnya. Misalnya seorang pelajar mempunyai kewajiban untuk belajar.


Macam-macam tanggung jawab :
1. tanggung jawab terhadap diri sendiri, pola : Andi membaca sambil berjalan, kemudian ia terjatuh, hasilnya ia aharus beristirahat dirawat di rumah dan tidak sekolah. konsekuensi tidak bersekolah dan tinggal dirumah ialah tanggung jawab terhadap diri sendiri.


2. Tanggung jawab terhadap keluarga, pola : seorang ibu hidup dengan tiga anak, alasannya suaminya meninggal beliau harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya, walapun harus menjadi pelacur sekalipun, alasannya demi memperlihatkan kehidupan dan bertanggung jawab atas ketiga anaknya.


3. Tanggung jawab terhadap masyarakat
contoh : seorang ketua RT yang menjabat ketika itu di tempat tempat tinggalnya harus bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kesejahteraan warganya. contohnya saja kalau pada ketika hari raya qurban, ketua RT setempat harus sudah mempunyai data warga miskin yang akan mendapatkan santunan qurban. ketua RT juga harus sigap membantu bilamana ada warganya yang meninggal dunia, kemudian ketua RT juga menggerakan ibu-ibu PKK ditempatnya untuk membangun pos kesejahteraan untuk kesehatan, lingkungan dan pendidikan untuk warganya.


4. Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara
contoh : pada zaman penjajahan dahulu, para perjaka Indonesia bertanggung jawab untuk membela negara, turut berperang untuk memerdekakakn negara kesatua republik Indonesia. para perjaka sangat ingin mempunyai kebebasan dalam bernegara, maka para perjaka menanamkan dalam hatinya mempunyai tekad yang berpengaruh untuk membela negara dan bertanggung jawab atas semua permasalahan yang ada di negara Indonesia.


5. Tanggung jawab terhadap Tuhan
contoh : insan telah di beri kehidupan yang sangat mencukupi dan layak. semua itu atas derma sang pencipta yaitu Allah SWT. ALlah sangat pengasih, penyayang dan pengampun. Allah pun tak meminta hal-hal yang menyusahkan insan untuk mewujudkan rasa bersyukur insan terhadap semua kebaikan-Nya.

Sumber http://paschip.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Tanggung Jawab Dan Pembagiannya"

Posting Komentar