Pengertian Kesenian Dan Definisi Kesenian Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Kesenian

Kesenian merupakan salah satu bab dari budaya serta sarana yang sanggup dipakai sebagai cara untuk menuangkan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Kesenian selain sebagai sarana untuk mengekspresikan rasa keindahan, juga mempunyai fungsi lain. Misalnya, mitos mempunyai kegunaan dalam memilih norma untuk mengatur sikap yang teratur dan meneruskan sopan santun serta nilai-nilai kebudayaan. Pada umumnya, kesenian sanggup mempunyai kegunaan untuk mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat. Berikut pengertian kesenian berdasarkan para jago :
 Kesenian merupakan salah satu bab dari budaya serta sarana yang sanggup dipakai sebaga Pengertian Kesenian dan Definisi Kesenian Menurut Para Ahli

Pengertian Kesenian Menurut Para Ahli

  1. Kottak
  2. seni sebagai hasil ekspresi, kualitas, atau alam keindahan atau segala hal yang sanggup melebihi keasliannya dan pembagian terstruktur mengenai objek-subjek terhadap kriteria estetis.
  3. Kuntjaraningrat
  4. Kesenian yakni kompleks dari banyak sekali ide-ide, norma-norma, gagasan, nilai-nilai, serta peraturan dimana kompleks acara dan tindakan tersebut berpola dari insan itu sendiri dan pada umumnya berwujud banyak sekali benda-benda hasil ciptaan manusia.
  5. William A. Haviland
  6. Kesenian merupakan keseluruhan sistem yang sanggup melibatkan proses penggunaan dari imajinasi insan secara kreatif pada kelompok masyarakat dengan suatu kebudayaan tertentu.
  7. J.J Hogman
  8. Kesenian merupakan sesuatu yang mempunyai beberapa unsur diantaranya unsur ideas, activities, serta artifacts.
  9. Irving Stone
  10. Kesenian merupakan sebuah kebutuhan pokok. Seperti halnya roti atau mantel hangat yang dipakai pada animo dingin. Mereka mengira bahwa kesenian merupakan barang mewah, pikirannya tidak utuh. Menurut Irving Stone, Roh insan akan menjadi lapar akan kesenian ibarat pada ketika perut yang keroncongan minta makan


Berdasarkan penelitian oleh para ahli, seni sudah ada di dunia semenjak kurang lebih sekitar 60.000 tahun lalu. Buktinya terdapat pada dinding-dinding gua di negara Prancis bab Selatan. Yaitu berupa lukisan torehan-torehan pada dinding yang memakai warna yang menggambarkan kehidupan pada zaman insan purba. Artefak ini ibarat lukisan modern yang kaya akan ekspresi. Hal ini sanggup di lihat dari kebebasan dalam merubah bentuk.
 Kesenian merupakan salah satu bab dari budaya serta sarana yang sanggup dipakai sebaga Pengertian Kesenian dan Definisi Kesenian Menurut Para Ahli

Satu hal lagi yang merupakan perbedaan karya seni insan purba dengan modern yaitu terletak pada tujuan penciptaan seni tersebut. Manusia purba membentuk karya seni atau penanda kebudayaan yang sangat dipengaruhi kekuatan-kekuatan yang ada di sekitarnya. Sedangkan karya seni insan modern membentuk karya seni yang dipakai hanya untuk kepuasan langsung serta menggambarkan kondisi di lingkungannya. Dengan kata lain, insan modern merupakan sosok yang mempunyai impian untuk menemukan hal-hal gres serta mempunyai cakrawala berpikir yang lebih luas dibandingkan dengan insan purba.

Itulah pengertian kesenian dan definisi kesenian berdasarkan para ahli.
Sumber http://woocara.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Kesenian Dan Definisi Kesenian Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar