✔ Mengenal Burung Falk Atau Parkit Australia (Cockatiel)

Apa itu Burung Falk ?


Burung falak merupakan burung paruh bengkok yang berasal dari australia, menyerupai namanya burung falak atau parkit australia ini banyak di temukan hidup bebas di benua australia, burung ini sering juga di sebut burung cockatiel, sebetulnya banyak sekai naman yang sering di gunakan untuk menyebut burung ini di banyak sekali wilayah di dunia, namun menyerupai pada umumnya setiap satwa atau tumbuhan akan di beri nama ilmiah, begitu juga burung falk ini yang mempunyai nama ilmiah nyimpus hollandicus.


burung falk ini beberapa waktu belakangan menjadi burung yang sangat banyak di minati oleh masyarakat indonesia, meskipun burung ini telah terkenal di luar negri namun kepopulerannya di indonesia gres sanggup di rasakan dalam waktu belakangan ini, salahsatu penyebab menjamurnya peminat burung parkit australia ini yaitu karna warnanya yang indah dan mempunyai jambul di kepalanya menyerupai burung kakatua. hal itu tidak begitu mengherankan mengingat burung ini juga di juluki sebagai kakatua kecil meskipun burung ini masih berkrabat dengan kaka renta karna mempunyai paruh yang bengkok namun burung ini sebetulnya mempunyai garis kekrabatan yang cukup jauh dengan burung kakatua

selain sebab warna dan tampilannya burung parkit australia/falk juga banyak di pelihara sebagai binatang peliharaan keluarga karna kepintarannya, memang sudah banyak di kenal bahwa burung paruh bengkok mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi, dan sangat gampang untuk di jinakan, begitu juga dengan burung falk ini. salahsatu negara yang masyarakatnya banyak memelihara falk yaitu di korea, mereka memelihara burung ini untuk di jadikan binatang peliharaan yang di lepa bebas di dalam rumah bukan hanya sekedar di gantung di dalam sangkar.

burung cockatiel ini juga sanggup berkicau atau bersiul secara merdu bahkan kalau di asuh dengan baik burung ini sanggup menirukan banyak bunyi yang beliau dengar. masakan burung falak ini sama dengan masakan burung paruh bengkok lainnya dan hampir mempunyai karakteristik sifat menyerupai halnya burung paruh bengkok lainnnya, anda sanggup memberinya milet atau biji-bijian ain bahkan buah-buahan untuk pakan burung ini, namun jangan sekali-sekali memberi burung ini buah alpukat dan buah coklat karna dua jenis masakan ini sanggup mengganggu kesehatan burung falk atau parkit australia anda.  

Ciri ciri Burung Falk

tidak sulit untuk mengenali burung falak dimanapun anda berada bahkan sejk burung ini masih sangat kecil atau piyik. salahsatu ciri yang enonjol dari burung falk atau parkit australia ini yaitu terdapat bulu jambul di kepalanya menyerupai kakatua, mempunyai paruh bengkok dengan hidung yang terbuka lebar di atas paruhnya. paruh cockatiel sebetulnya menyuertupai paruh parkit namun terlihat lebih besar, selain itu burung falk australia ini juga mempunyai ukuran badan yang lebih besar 2x lipat dari love bird atau parkit.

ciri lain yang menonjol yaitu tedapat warna bulatan merah di pipi burung tersebut, menciptakan burung falk terlihat lebih menarik dan menggemaskan, namun pada beberapa jenis burung falak tidak mempunyai rona merah tersebut.

bulu burung Falk sendiri basanya berwarna putih kekuningan namun ini tidak sanggup menjadi patokan karna banyak jenis burung falk yang mempunyai bulu berbeda beda naun secara garis besar bulu burng falk terdiri dari adonan kuning, putih dan hitam.  untuk lebih lanjut engenal ciri dan harga burung falk secara spesifik akan saya bahas dalam artikel selanjutnya.

Jenis jenis burung Falk

ada beberapa jenis burung falk yang tersebar di banyak sekali filayah di dunia ini namun pada umumnya jenis tersebut mempunyai garis turunan dari 5 jenis utama burung falk, yaitu falk lutino, yang mempunyai warna polos putih kekuningan dengan pipi merona dan jambul di kepalanya, kemudian pied,pearl,cinamon, dan White face dengan ciri menonjol tidak mempunyai bulatan berwarna merah di pipinya. untuk lebih jelasnya silahkan amati gambar di bawah ini. atau anda sanggup membaca artikel jenis dan harga burung falk


harga burung Falk

harga burung falk secara umum di pasar burung dan bursa jual beli burung secara online berkisar di antara 500 - 800  ribu untung burung anakan, sedangkan burung remaja dan cukup umur berkisar di harga 700 ribu sampai 1 juta untuk per ekornya, dan untuk burung falk perpasang biasanya di hargai 1,5juta sampai 2.800 ribu rupiah. harga ini hanya estimasi dan sanggup saja berbeda lebih murah atau lebih mahal tergantung di kota anda. daftar harga tersebut yaitu harga burung falk yang saya rangkum dari banyak sekali situs jual beli sampai komunitas burung falk di indonesia.

budidaya Burung Falk.

cara budidaya burung falk cukup gampang dan sederhana sanggup memakai sangkar jodohan ataupun sangkar koloni. hal ini diarenakan di alam bebas burung falk hidup secara sosial beranggotakan klompok kecil ataupun koloni besar sampai 150 burung dalam satu kelompok. 

secara singkat budidaya burung falk ini sanggup di samakan dengan budidaya burung parkit. atau love bird untuk lebih terperinci mengenai budidaya burung falk sanggup di baca di artikel saya berikut ini.

membedakan burung falk jantan dan betina

memang sedikit riskan untuk memastikan jenis kelamin burung paruh bengkok salahsatunya falk ini, untuk membedakan jenis kelamin burung falk jantan dan betina sanggup di lakukan secara niscaya dengan melaksanakan uji DNA secing, namun ada beberapa cara untuk mengetahui jenis kelamin burung falk tanpa harus tes dna yaitu sebagai berikut:



Burung falk antan biasanya lebih aktif bersiul sedangkan falk betina biasanya lebih sering berdesis bukannya bersiul, selain itu burung falk jantan pada umumnya mempunyai warna yang lebih menonjol baik itu lebih gelap maupun terang daripada betina, anda juga sanggup melihat jenis kelamin burung falk dengan meletakan cermin di sangkar burung, biasanya burung falk betina akan menghindari cermin, namun burung falk jantan akan lebih narsis dan bermain dengan cermin tersebut, cara lain mengenali falak jantan atau betina yaitu dengan cara melihat tulang selangkangan burung falk dan ekor burung falk, biasanya ekor burung falk betina akan mempunyai tanda bercak di ekornya. dan terakhir biasanya burung falk jantan akan lebih aktif merayu burung falk betina dengan cara mendekat atau berkicau di akrab burug falk betina.


Sumber http://bakasuracendekia.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Mengenal Burung Falk Atau Parkit Australia (Cockatiel)"

Posting Komentar