√ Apa Itu Android Aosp

Berbeda dengan iOS di iPhone ketika kau membeli sebuah ponsel Android dengan brand tertentu, meskipun menggunakan sistem operasi Android yang sama, namun tampilan UI atau user interface selalu berbeda dari setiap vendor smartphone tersebut. Pengguna Xiaomi tentu tidak aneh lagi dengan MIUI, TouchWiz sering kita temukan di ponsel Android Samsung begitu juga di Oppo kita mengenal ColorOS.


Tak mengherankan kalau kemudian kita sering banget melihat tampilan sajian dan fitur yang berbeda di setiap brand handphone meski semuanya menggunakan Android. Semua custom rom tersebut baik MIUI, TouchWiz, ColorOS dan bahkan CyanogenMod semuanya berasal dari sumber yang sama yakni Android AOSP, jadi bergotong-royong Apa Itu Android AOSP?


Berbeda dengan iOS di iPhone ketika kau membeli sebuah ponsel Android dengan brand tertent √ Apa Itu Android AOSP


Secara singkat Android AOSP yaitu Android murni (stock) yang bersifat terbuka dan bebas dikembangkan atau di kostumisasi sesuai dengan cita-cita pengguna. Setiap vendor handphone Android baik itu Xiaomi, Samsung, Oppo ataupun Lenovo kemudian melaksanakan kostumisasi terhadap Android AOSP semoga sesuai dengan kebutuhannya dan diberi nama sesuai dengan keinginan, sehingga alhasil melahirkan custom rom ibarat MIUI, ColorOS ataupun TouchWiz dengan tampilan khas vendor tersebut.


AOSP sendiri merupakan abreviasi Android Open Source Project, yang dikembangkan oleh Google. Dengan menggunakan rom AOSP maka kau hanya mendapat sebuah OS Android murni / stock tanpa embel-embel fitur atau menu. Keuntungan dari menggunakan Android AOSP yaitu kau dapat lebih cepat mendapat update Android terbaru tanpa harus menunggu lama.


Saat Google meluncurkan versi Android terbaru semisal Android Nougat atau Oreo kalau kau menggunakan rom AOSP maka dalam hitungan hari kau dapat eksklusif mendapat update Android terbaru tersebut. Namun, sekali lagi ketika kau menggunakan Android AOSP maka kau akan kehilangan aneka macam macam fitur dan sajian khas dari vendor ponsel tersebut.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Apa Itu Android Aosp"

Posting Komentar