Mengenal Kingdom Protista Lebih Dekat

Kingdom protista merupakan sekelompok organisme eukariotik. Kingdom protista sangatlah berbeda dengan kingdom lainnya sobat! Beberapa organisme protista yakni autotrof, dan beberapa lainnya yakni heterotrof.

Lalu, apa itu Autotrof?

Organisme protista masih belum terdapat diferensiasi jaringan, dan mengatakan kemiripan morfologi dan fisiologi dengan hewan, tumbuhan, bahkan fungi sekalipun. Kebanyakan protista yakni organisme yang uniseluler, tapi ada juga organisme protista yang multi seluler.

Definisi Uniseluler dan Multiseluler

Kingdom protista merupakan sekelompok organisme eukariotik Mengenal Kingdom Protista Lebih Dekat
Physarum polycephalum (Protista)
Organisme anggota protista bersifat autotrof dan heterotrof, dan ada juga yang mendapat makanannya secara bervariasi bergantung kondisi lingkungan pada ketika itu. Protista sanggup ditemukan pada air tawar, air bahari dan bersimbiosis dengan makhluk hidup lain. Protista sanggup dibagi menjadi 3 klasifikasi, yaitu protista seakan-akan jamur, protista seakan-akan flora dan protista seakan-akan hewan.

Protista Mirip Hewan

Protozoa artinya binatang pertama (protos = pertama; zoon = hewan), digambarkan sebagai organisme seakan-akan binatang alasannya sanggup bergerak dan mengambil kuliner dari organisme lain. Protozoa dibagi ke dalam 6 filum, yaitu Zoomastigophora, Rhizopoda, Apicomplexa, Ciliophora, Foraminifera,
dan Actinopoda.

Protista Mirip Jamur

Dahulu, para andal mengelompokkan protista seakan-akan jamur ini pada kingdom fungi, namun kini pada umumnya para andal telah mengelompokkannya ke dalam kingdom protista. Protista seakan-akan jamur biasanya banyak menghabiskan waktunya dalam bentuk uniseluler. Akan tetapi, protista seakan-akan jamur ini sanggup bergabung dan berkelompok sehingga membentuk organisme multiseluler. Pada masa ini, protista seakan-akan jamur akan bertransisi dari uniseluler menuju multiseluler.

Protista seakan-akan jamur juga sanggup dikatakan dengan jamur lendir merupakan sekelompok organisme yang heterogen. jamur lendir mempunyai ciri seakan-akan dengan fungi dan juga hewan. Daur hidupnya biasanya melalui fase generatif dan vegetatif secara bergantian.

Protista seakan-akan jamur juga dibagi lagi menjadi 5 filum, yaitu Myxomycota, Plasmodiophoromycota, Labyrinthulomycota, Acrasiomycota, dan Oomycota

Protista Mirip Tumbuhan

Protista seakan-akan flora mempunyai kesamaan morfologi dengan flora yaitu mempunyai klorofil sehingga bersifat autotrof. Namun, ganggang ini tidak dimasukkan kedalam kingdom plantae alasannya balum mempunyai diferensiasi sel yaitu belum mempunyai akar, batang dan daun tepat (semua bab ganggang disebut talus).

Protista seakan-akan flora mencakup alga uniseluler dan multiseluler sederhana. Protista seakan-akan flora uniseluler sering disebut juga sebagai fitoplankton sobat! Sedangkan Protista seakan-akan flora multiselular sering disebut alga. Protista fotosintetik ini tersebar secara luas di lautan dan danau-danau.

Walaupun sebagian termasuk organisme mikroskopik, organisme ini mempunyai tugas yang sangat penting. Fitoplankton di lautan menyumbangkan sekitar 70% dari semua acara fotosintesis yang ada di muka bumi ini, yaitu menyerap karbon dioksida, mengisi atmosfer dengan oksigen, dan
menyokong siklus kehidupan dalam jaring-jaring kuliner dalam kehidupan air, alias menjadi produsen dalam ekosistem air.

Protista seakan-akan tumbuhan, dibagi menjadi 7 filum, yaitu Euglenophyta, Chrysophyta, Bacillariophyta (Diatomae), Pyrrophyta (Dinoflagellata), Rhodophyta, Phaeophyta, dan Chlorophyta.

Ternyata, banyak juga macamnya ya! Jadi, jangan malas-malas untuk berguru biologi ya!

Sumber http://biologi-note.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengenal Kingdom Protista Lebih Dekat"

Posting Komentar