Tutorial Android : Recyclerview Dan Cardview




Bismillaahirrahmaanirrahiim,,

Tutorial Android Menggunakan Android Studio Bahasa Indonesia - Cara Membuat Aplikasi Android - Hai guys, kali ini kita akan coba mengimplementasi RecyclerView dan CardView dalam project kita.

 

Konsep :


Sebelum kita mulai mengkoding-nya, mari kita pahami dahulu apa itu bahwasanya RecyclerView dan CardView.

 

— RecyclerView :

Terkadang dalam sebuah aplikasi kita ingin menampilkan sebuah set data yang berjumlah besar (ratusan — atau mungkin hingga jutaan). Nah disini kita tentu perlu sebuah view yang bisa menghandle itu. Adapun sebelum RecyclerView ada namanya ListView. Namun ada beberapa kekurangan yang ada pada ListView. Disini muncullah RecyclerView dengan kemampuan yang lebih baik dari ListView (lebih cepat dan lebih efisien — terutama dalam menangani data berjumlah besar). Adapun pola penggunaan RecyclerView ada pada GMail.
Untuk penejelasan lebih lengkap bisa dilihat di : https://developer.android.com/training/material/lists-cards.html

 

— CardView :

CardView merupakan view paketan dari Material Design — diperkenalkan pada Android Versi Lolipop. Bentuk view ini biasa dipakai untuk pembungkusan data (sepaket data — beberapa view) yang ditandai dengan tampilan view nya yang mempunyai drop shadow (elevation) dan corner radius. Adapun CardView ini merupakan subclass dari FrameLayout.

Baik, itulah konsep dari RecyclerView dan CardView, kini mari kita kombinasikan keduanya dengan memakai custom adapter dalam pola project praktikan berikut :

 

Praktik :


1. Tambah Dependencies

Pertama kita tambahkan dependencies dalam gradle .


 

2. Tambahkan RecyclerView pada layout

Kemudian kita tambahkan RecyclerView pada activity_main.xml kita :


 

3. Buat Model Class

Disini aku contohkan kelas mahasiswa yang berisi nama, npm, dan no hp.

 

4. Buat layout list_itemnya

Setelah itu mari kita buat layout untuk list-item nya. Ini untuk mendeskripsikan apa-apa saja element dalam baris list. Disinilah kita letakkan CardView-nya. Dalam pola ini kita ingin menampilkan nama, npm dan nohp dalam TextView :

 

5. Buat Adapter

Setelah itu, kita perlu menciptakan adapternya untuk si RecyclerView :

 

6. Set Adapter ke RecyclerView dalam MainActivity

Langkah terakhir yaitu kita mengeset adapter ke recyclerview. Disini aku masukkan 4 dummy data object Mahasiswa, yang aku masukkan kedalam ArrayList, yang lalu kita passing ke adapternya :
Jika tidak ada error , maka akan terlihat kesannya menyerupai berikut :

Sumber http://easyandroidindonesia.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tutorial Android : Recyclerview Dan Cardview"

Posting Komentar