√ Rangkuman Sikap Konsumen Dan Produsen
• Konsumen yakni pihak yang melaksanakan aktivitas untuk menghabiskan atau memanfaatkan barang/jasa.
• Pelaku aktivitas ekonomi terdiri atas:
1. Rumah Tangga Konsumen
2. Rumah Tangga Produksi
3. Pemerintah
4. Lembaga keuangan
5. Masyarakat luar negeri.
• Setiap barang yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan mempunyai nilai, baik nilai pakai maupun nilai tukar.
• Teori nilai objektif di antaranya:
1. Teori Nilai Pasar (Humme dan Lock)
2. Teori Nilai Produksi (Adam Smith)
3. Teori Nilai Tenaga Kerja (David Ricardo)
4. Teori Nilai Biaya Produksi (Carey)
5. Teori Nilai Kerja Rata-Rata (Karl Max).
• Teori nilai subjektif di antaranya:
1. Teori Nilai Kepuasan (Herman Henrich Gossen)
2. Teori Nilai Austria (Karl Menger)
3. Teori Nilai Batas (Von Bohm Bawerk).
• Pendekatan dalam sikap konsumen, yaitu pendekatan marginal utility dan pendekatan kurva indiferen.
• Produksi yakni setiap perjuangan insan untuk membuat atau menambah nilai guna suatu barang/jasa, dengan tujuan simpulan untuk mendapat keuntungan dari hasil penjualan produksi.
• Hukum hasil lebih yang semakin berkurang (Law of diminishing return) ibarat yang dikemukakan oleh David Ricardo berlaku sehabis terjadi marginal product maksimal.
• Produksi dibagi menjadi tiga sektor yaitu:
1. sektor produksi primer, mencakup bidang ekstraktif dan agraris.
2. sektor produksi sekunder, mencakup bidang industri dan perdagangan.
3. sektor produksi tersier, mencakup bidang jasa.
• Faktor produksi terdiri atas:
1. faktor produksi alam,
2. faktor produksi tenaga kerja,
3. faktor produksi modal,
4. faktor produksi pengusaha.
• Peningkatan produksi/produktifitas sanggup dilakukan dengan cara: Intensifikasi, ekstensitifikasi, dan rasionalisasi
• Diagram arus bulat aktivitas ekonomi (circulair flow diagram) mengatakan interaksi antara pasar input (pasar faktor produksi) dan pasar output (pasar hasil produksi), serta sangat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah, forum keuangan, dan masyarakat luar negeri.
• Peran konsumen meliputi:
1. sebagai pemakai barang,
2. penyedia produksi,
3. memperlancar perputaran barang, dan
4. peserta imbalan jasa atas penggunaan faktor produksi.
• Peran produsen meliputi:
1. sebagai penghasil barang,
2. pengguna dan pemberi balas jasa atas faktor produksi,
3. meningkatkan PDB, dan
4. inovasi-inovasi di bidang produksi.• Konsumen yakni pihak yang melaksanakan aktivitas untuk menghabiskan atau memanfaatkan barang/jasa.
• Pelaku aktivitas ekonomi terdiri atas:
1. Rumah Tangga Konsumen
2. Rumah Tangga Produksi
3. Pemerintah
4. Lembaga keuangan
5. Masyarakat luar negeri.
• Setiap barang yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan mempunyai nilai, baik nilai pakai maupun nilai tukar.
• Teori nilai objektif di antaranya:
1. Teori Nilai Pasar (Humme dan Lock)
2. Teori Nilai Produksi (Adam Smith)
3. Teori Nilai Tenaga Kerja (David Ricardo)
4. Teori Nilai Biaya Produksi (Carey)
5. Teori Nilai Kerja Rata-Rata (Karl Max).
• Teori nilai subjektif di antaranya:
1. Teori Nilai Kepuasan (Herman Henrich Gossen)
2. Teori Nilai Austria (Karl Menger)
3. Teori Nilai Batas (Von Bohm Bawerk).
• Pendekatan dalam sikap konsumen, yaitu pendekatan marginal utility dan pendekatan kurva indiferen.
• Produksi yakni setiap perjuangan insan untuk membuat atau menambah nilai guna suatu barang/jasa, dengan tujuan simpulan untuk mendapat keuntungan dari hasil penjualan produksi.
• Hukum hasil lebih yang semakin berkurang (Law of diminishing return) ibarat yang dikemukakan oleh David Ricardo berlaku sehabis terjadi marginal product maksimal.
• Produksi dibagi menjadi tiga sektor yaitu:
1. sektor produksi primer, mencakup bidang ekstraktif dan agraris.
2. sektor produksi sekunder, mencakup bidang industri dan perdagangan.
3. sektor produksi tersier, mencakup bidang jasa.
• Faktor produksi terdiri atas:
1. faktor produksi alam,
2. faktor produksi tenaga kerja,
3. faktor produksi modal,
4. faktor produksi pengusaha.
• Peningkatan produksi/produktifitas sanggup dilakukan dengan cara: Intensifikasi, ekstensitifikasi, dan rasionalisasi
• Diagram arus bulat aktivitas ekonomi (circulair flow diagram) mengatakan interaksi antara pasar input (pasar faktor produksi) dan pasar output (pasar hasil produksi), serta sangat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah, forum keuangan, dan masyarakat luar negeri.
• Peran konsumen meliputi:
1. sebagai pemakai barang,
2. penyedia produksi,
3. memperlancar perputaran barang, dan
4. peserta imbalan jasa atas penggunaan faktor produksi.
• Peran produsen meliputi:
1. sebagai penghasil barang,
2. pengguna dan pemberi balas jasa atas faktor produksi,
3. meningkatkan PDB, dan
4. inovasi-inovasi di bidang produksi.
Sumber http://www.ssbelajar.net/
0 Response to "√ Rangkuman Sikap Konsumen Dan Produsen"
Posting Komentar