√ Pengertian, Hukum, Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan




Versi bahan oleh Ismawanto


Setiap pembeli maupun penjual yang berada di pasar mempunyai anggapan bahwa barang yang diperjual belikan mempunyai nilai dan guna. Begitu pula bila kau menginginkan buku, sepatu, atau kalkulator tentu saja kau beranggapan barang-barang tersebut berkhasiat buatmu. Nah, dari barang-barang yang kau perlukan untuk memenuhi kebutuhanmu itu tanpa kau sadari telah menjadikan undangan akan barang-barang tersebut.


1. Pengertian

Permintaan masyarakat terhadap barang pada umumnya berbedabeda. Permintaan ini timbul alasannya yakni adanya kebutuhan seseorang terhadap barang tertentu. Dalam arti ekonomi, undangan (demand) yakni jumlah keseluruhan barang dan jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada banyak sekali macam tingkat harga.


2. Hukum Permintaan

Hukum undangan menyampaikan bahwa jumlah barang yang diminta akan selalu berbanding terbalik dengan harganya, undangan artinya kalau harga barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan berkurang sebaliknya kalau harga barang turun, maka jumlah barang yang diminta akan bertambah.

Hukum undangan tersebut akan berlaku bila keadaan yang lain ceteris paribus (tetap). Keadaan lain yang dimaksud yakni pendapatannya tetap, seleranya tetap, harga barang yang lain tetap, dan tidak ada barang substitusi.

Permintaan sanggup digolongkan menjadi tiga.

a. Permintaan efektif (effective demand) yakni undangan terhadap suatu barang yang disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut.
b. Permintaan otoriter (absolute demand) yakni undangan terhadap suatu barang yang tidak disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut.
c. Permintaan potensial (potential demand) yakni undangan yang mempunyai kemampuan membeli tetapi belum melakukan pembelian.


3 Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan

Permintaan suatu barang dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain sebagai berikut.
a. Pendapatan atau penghasilan masyarakat.
b. Distribusi pendapatan masyarakat.
c. Selera konsumen terhadap barang.
d. Jumlah penduduk.
e. Harga barang lain yang berafiliasi dengan barang tersebut.
f. Prediksi masyarakat perihal kondisi di masa yang akan datang.
g. Adanya barang substitusi.
h. Kegunaan akan suatu barang.

Faktor-faktor tersebut akan memengaruhi pergeseran kurva permintaan, akan tetapi ada tiga macam barang di mana kurva undangan yang menurun tidak berlaku, yaitu:

a. barang giffen,
yakni barang inferior (barang bermutu rendah) yang imbas pendapatannya lebih besar daripada imbas substitusinya,
b. barang spekulasi,
yakni bila konsumen berharap bahwa harga barang di masa mendatang akan mengalami kenaikan, maka kenaikan harga kini justru diikuti dengan kenaikan permintaan,
c. barang prestise,
yakni kesediaan konsumen untuk membayar barang dengan harga yang lebih tinggi, alasannya yakni unsur prestise, misal pakaian bekas milik orang kenamaan, lukisan karya pelukis terkenal, dan sebagainya.


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian, Hukum, Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan"

Posting Komentar