√ Tujuan Dan Faktor Sosialisasi




Versi bahan oleh Bondet Wrahatnala


Tujuan Sosialisasi

Setiap proses sosial niscaya mempunyai tujuan. Demikian juga sosialisasi. Berikut ini akan diuraikan beberapa tujuan sosialisasi.

a. Memberi keterampilan dan pengetahuan yang diharapkan seseorang untuk melangsungkan kehidupannya kelak di tengah-tengah masyarakat di mana ia akan menjadi salah satu anggotanya.

b. Mengembangkan kemampuan seseorang untuk berkomunikasi secara efektif dan efisien, serta membuatkan kemampuannya untuk membaca, menulis, dan bercerita. Dengan melaksanakan komunikasi, aneka macam warta mengenai masyarakat akan diperoleh untuk kelangsungan hidup seseorang sebagai anggota masyarakat.

c. Mengembangkan kemampuan seseorang mengendalikan fungsi-fungsi organik melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat. Artinya, dengan sosialisasi seseorang akan sanggup memahami hal-hal yang baik dan dianjurkan dalam masyarakat untuk dilakukan. Selain itu juga sanggup mengetahui dan memahami hal-hal jelek yang sebaiknya dihindari dan tidak dilakukan.

d. Menanamkan kepada seseorang nilai-nilai dan keyakinan pokok yang ada pada masyarakat.



Faktor-Faktor yang Memengaruhi Sosialisasi

Ada dua faktor yang secara garis besar sanggup memengaruhi proses sosialisasi, adalah faktor intrinsik dan ekstrinsik.

a. Faktor Intrinsik
Sejak lahir insan sebetulnya telah mempunyai pembawaan- pembawaan yang berupa bakat, ciri-ciri fisik, dan kemampuan-kemampuan khusus warisan orang tuanya. Hal itu disebut sebagai faktor intrinsik, adalah faktor yang berasal dari dalam diri seseorang yang melaksanakan sosialisasi. Faktor ini akan menjadi bekal seseorang untuk melaksanakan bermacam-macam acara dalam sosialisasi. Hasilnya akan sangat kuat terutama dalam perolehan keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai dalam sosialisasi itu sendiri.

b. Faktor Ekstrinsik
Sejak insan dilahirkan ia telah menerima efek dari lingkungan di sekitarnya yang disebut sebagai factor ekstrinsik. Faktor ini sanggup berupa nilai-nilai, kebiasaankebiasaan, moral istiadat, norma-norma, sistem sosial, sistem budaya, dan sistem mata pencaharian hidup yang ada dalam masyarakat. Nilai-nilai dan norma-norma yang ada dalam masyarakat menjadi anutan bagi seseorang untuk melaksanakan aneka macam acara supaya sikap dan perilakunya sesuai dengan impian masyarakat. Perpaduan antara factor intrinsik dan ekstrinsik akan berakumulasi pada diri seseorang dalam melaksanakan sosialisasi.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Tujuan Dan Faktor Sosialisasi"

Posting Komentar