√ Rangkuman Tindakan Dan Interaksi Sosial




Tindakan sosial ialah suatu perbuatan atau kegiatan insan yang dilakukan dengan berorientasi pada atau dipengaruhi oleh orang lain.

Interaksi sosial ialah hubungan-hubungan dinamis yang menyangkut kekerabatan antara individu dengan individu, antara individu dengan kelompok, atau antara kelompok dengan kelompok, baik berbentuk kerja sama, persaingan, ataupun pertikaian.

Ciri-ciri interaksi sosial ialah sebagai berikut.
– Jumlah pelaku lebih dari satu orang.
– Ada komunikasi antarpelaku dengan memakai simbol-simbol.
– Ada dimensi waktu (masa lampau, masa kini, dan masa mendatang) yang memilih sifat agresi yang sedang berlangsung.
– Ada tujuan-tujuan tertentu, terlepas dari sama atau tidaknya tujuan tersebut dengan yang diperkirakan oleh pengamat.

Syarat utama terjadinya interaksi sosial ialah adanya kontak sosial dan komunikasi

Kontak sosial merupakan suatu tanda-tanda sosial, di mana orang sanggup mengadakan kekerabatan dengan pihak lain tanpa mengadakan sentuhan fisik. Komunikasi ialah tindakan seseorang memberikan pesan terhadap orang lain dan orang lain itu memberi tafsiran atas sinyal tersebut serta mewujudkannya dalam perilaku.

Proses asosiatif ialah proses sosial yang di dalamnya ada perjuangan untuk menyatukan dan meningkatkan solidaritas di antara anggota kelompok, di mana bentuknya antara lain kerja sama, akomodasi, asimilasi, dan akulturasi.

Proses disosiatif ialah proses sosial yang cenderung membawa anggota masyarakat ke arah perpecahan dan merenggangkan solidaritas di antara anggotanya, di mana bentuknya antara lain persaingan, kontravensi, dan konflik atau pertikaian.

Status ialah posisi sosial yang merupakan daerah di mana seseorang menjalankan kewajiban-kewajiban dan banyak sekali kegiatan lain dan sekaligus merupakan daerah bagi seseorang untuk menanamkan harapan-harapan.

Peranan ialah sikap yang dibutuhkan oleh pihak lain dalam melakukan hak dan kewajiban sesuai dengan status yang dimilikinya.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Rangkuman Tindakan Dan Interaksi Sosial"

Posting Komentar